Strategi
dalam Pengelolaan Kesiswaan adalah merupakan tujuan yang sangat penting dalam
pencapaian prestasi akademik dan kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
Masyarakat sekitar akan turut serta dalam menilai terhadap keberhasilan
pendidikan dan menjadikan identiras suatu sekolah dapat terlihat dari
keberhasilan output siswanya. Berdasarkan hal tersebut perlu kiranya untuk
merancang strategi dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah agar dapat menghasilkan
mutu pendidikan sesuai dengan harapan standar nasional pendidikan dan mampu
memberikan manfa’at terhadap peserta didik dan lingkungan sekitar.
Berdasarkan
tinjauan di atas maka selayaknya sekolah menentukan beberapa strategi serta
program untuk memenuhi tuntutan dan harapan. Dengan adanya strategik dan program
yang dirancang serta dijalankan akan menciptakan hasil baik yaitu output peserta
didik mampu bersaing dalam memenuhi kehidupan dirinya dan dapat bermanfaat bagi
bangsa dan negara. Untuk mewujudkannya perlu perencanaan yang matang dan
sinergi dengan kebutuhan peserta didik.
Rencana
pendidikan ideal SD Negeri Cikumpa yang diharapkan :
1. Mengembangkan
moral insan yang beraklak mulia dengan senantiasa mengamalkan nilai-nilai mulia
dan berkarakter Pancasila.
2. Memberi
motivasi terhadap peserta didik supaya mencintai dan menyayangi sekolahnya dan
mampu berprestasi sesuai bakat dan minat.
3. Menumbuh-kembangkan
nilai tanggung jawab, kebersamaan, dikalangan murid supaya mereka dapat bekerjasama
dalam belajar dan mampu menjaga, menata, memelihara, barang dan pasilitas
sekolah yang akhirnya sekolah menjadi aman, indah, dan nyaman.
4. Memupuk
nilai menyayangi diri sendiri khusus dari segi kesehatan, jajanan yang
membahayakan kesehatan, ancaman narkoba, dan pergaulan yang salah serta patuh
terhadap Guru dan menjalankan tata tertib sekolah.
5. Berperan
aktif dalam kegiatan sekolah antara lain kegiatan rutin pembelajaran,
ekstrakurikuler, pembiasaan dan budaya sekolah.
6. Menjadikan
sekolah SD Negeri Cikumpa sebagai rumah kedua bagi peserta didiknya.
Tabel. 04
Rencana pendidikan ideal SD Negeri 2017-2019 | |||
---|---|---|---|
NO | KONDISI IDEAL | TANTANGAN | STRATEGI & TINDAKAN |
1 | Mengembangkan moral insan yang beraklak mulia dengan senantiasa mengamalkan nilai-nilai mulia dan berkarakter Pancasila. | Adanya pengaruh Globalisasi dan mudahnya informasi negative, melalui internet, media online, dan media televisi | 1. Upacara bendera setiap hari senin |
2. Menyanyikan lagu wajib setiap awal dan akhir pembelajaran | |||
3. Melaksanakan system pembelajaran tematik untuk kelas 1, 2, 3, dan 4 | |||
4. Pentas kreativitas siswa di setiap hari besar Nasional (kartini, Hardiknas, HUT-RI, Sumpah pemuda, Maulid Nabi, dan Satu Muharaam | |||
2 | Memberi motivasi terhadap peserta didik supaya mencintai dan menyayangi sekolahnya dan mampu berprestasi sesuai bakat dan minat. | Degradasi moral yang terjadi di mudahkan dengan berbagai pasilitas timbul kemalasan belajar | 1. Bimbingan konseling |
2. Adanya buku penghubung dengan orang tua siswa | |||
3. Motivasi siswa 5 menit di awal pembelajaran | |||
4. Bimbingan bakat dan minat team prestasi. | |||
5. Pembiasaan sikap Senyum, Tegur Sapa, dan Salam, serta berjabat tangan antar sesame dan cium tangan dengan Guru | |||
6. Pesantren Kilat di setiap bulan Ramadhan tahun Hijriah | |||
7. Santunan Anak yatim setiap satu Muharram | |||
8. Membaca do’a sebelum dan sesudah belajar | |||
3 | Menumbuh-kembangkan nilai tanggung jawab, disiplin, kebersamaan, dikalangan murid supaya mereka dapat bekerja sama dalam belajar dan mampu menjaga, menata, memelihara, barang dan pasilitas sekolah yang akhirnya sekolah menjadi aman, indah, dan nyaman. | Siswa malas untuk peduli lingkungan, egois dengan kehidupan pribadinya dan proteksi orang tua siswa yang sangat tinggi dengan memanjakannya serta perbedaan straktat ekonomi dan budaya. | 1. Jadwal Piket Rutin dan penataan kelas. |
2. Dibentuk organisasi kelas | |||
3. Menghapal, Menghayati, dan melaksanakan janji pelajar | |||
4. Melaksanakan Tata tertib sekolah | |||
5. Memakai seragam ciri khas almamater sekolah | |||
6. Pembiasaan buang sampah pada tempatnya sesuai jenis, organic, anorganik, dan residu | |||
7. Pentas kreativitas siswa di setiap hari besar Nasional | |||
4 | Memupuk nilai menyayangi diri sendiri khusus dari segi kesehatan, jajanan yang membahayakan kesehatan, ancaman narkoba, dan pergaulan yang salah serta patuh terhadap Guru dan menjalankan tata tertib sekolah. | Pengaruh buruk dari lingkungan, yang multi dimensi, adanya peredaran narkoba, LJBT, dan penyimpangan prilaku di masyarakat | 1. Kultum setiap hari Jum’at secara Umum |
2. Melaksanakan sholat duha berjama’ah untuk kelas 4,5 dan 6 | |||
3. Shalat dzuhur, dan Shalat ashar berjama’ah untuk kelas 4,5, dan 6 | |||
4. Penyuluhan dari dokter puskesmas rutin sebulan sekali | |||
5 | Berperan aktif dalam kegiatan sekolah antara lain kegiatan rutin pembelajaran, ekstrakurikuler, pembiasaan dan budaya sekolah. | Adanya pengaruh gadget yang cenderung menghabiskan waktu belajar anak | 1. UKS. Dokter Kecil |
2. Pramuka setiap Sabtu Wajib | |||
3. Ekstrakurikuler bakat dan minat | |||
4. Pemanfa’atan waktu luang untuk belajar dengan program pemantapan materi | |||
5. Cuci tangan sebelum dan sesudah makan | |||
6. Membawa bekal makanan dari rumah | |||
7. Mengadakan kantin sehat | |||
8. Membuka kantin Jujur | |||
6 | Menjadikan sekolah SD Negeri Cikumpa sebagai rumah kedua bagi peserta didiknya. | Keterbatasan waktu, lahan dan fasilitas penunjang pendidikan | 1. Ekstrakurikuler bakat dan minat |
2. Penambahan, pebangunan ruang dan pasilitas sekolah | |||
3. Pengembangan Managemen berbasis Sekolah (MBS) |
Tabel. 02 1.1 ANALISIS SWOT | |
---|---|
1. KEKUATAN (STRENGTH-S) | |
S1 – | Peserta didik berjumlah 587 siswa |
S2 – | Suasana sekolah yang kondusif. |
S3 – | 75% peserta didik bertempat tinggal dekat dengan lingkungan sekolah. |
S4 – | 65% orang tua siswa dapat mengawasi aktifitas di lingkungan sekolah. |
S5 – | Adanya kerjasama dengan pengurus lingkungan sekitr sekolah |
S6 – | Mempunyai kerjasama dengan puskesmas Sukmajaya dalam bidang dokter kecil (UKS). |
S7 – | Mempunyai sarana olah raga, dan mushola |
S8- | Jumlah Guru dan tenaga kependidikan cukup memenuhi kebutuhan (25 Orang) |
2. PELUANG (OPPORTUNITIES-O) | |
O1 – | Terjalinnya hubungan baik antara Kepala Sekolah, Guru, Tenaga kependidikan, dan orang tua siswa |
O2 – | Adanya hubungan dan interaksi antara komite sekolah dengan pihak sekolah |
O3 – | Adanya hubungan yang baik antara sekolah dengan UPT Sukmajaya, dan Dinas Pendidikan Kota Depok. |
O4 – | Memiliki Guru (pendidik) golongan IV a sebagai katagori Pembina 60% dari populasi guru PNS, dan pendidikan Guru sudah S1 dan S2 |
O6 – | Mempunyai Kemudahan ICT yang baik. |
3. KELEMAHAN ( WEAKNESS – W ) | |
W1- | Ketersediaan local kelas masih kurang hanya ada 8 lokal |
W2- | Sekolah dekat dengan jalan raya ramai lalu lintas dan bising |
W3- | Kondisi kelas yang sudah rusak dan satu kelas sudah di tunjang dengan tiang Balok. |
W4- | Sistem drainase yang belum bai |
W5- | Guru Honorer 50 % (12 Orang Honorer) dari populasi pendidik dengan gaji di bawah UMR |
4. ANCAMAN ( TREAT – T ) | |
T1 – | Akses masuk gerbang sekolah sangat berbahaya karena banyaknya lalulintas kendaraan |
T2 – | Depan sekolah terdapat saluran listrik tegangan tinggi |
T3 – | Sekolah yang berdampingan dengan sekolah SD Negeri Sukmajaya 4 tentunya berbeda kebijakan. |
T4 – | Jarak perjalanan sebagian murid dari rumah ke sekolah jauh mereka di antar jemput dengan kendaraan pribadi yang mengakibatkan sarana bermain anak penuh dengan parker kendaraan. |
T5 – | Keadaan perabot kelas dalam keadaan kurang memuaskan |
T6 – | Tidak semua Pendidik dan tenaga kependidikan dapat duduk bersama karena sekolah dua shift. |
T7 – | Banyak siswa mempunyai Prestasi akademik rendah dan kurangnya perhatian orang tua siswa |
T8- | Kondisi sekolah yang sempit, local terbatas namun peminat yang bersekolah ke SD Negeri Cikumpa tinggi |
No | TINDAKAN STRATEGI /ACTIONS |
Pengembangan Karakter | |
1. | 1. Jadwal Piket Rutin dan penataan kelas. |
2. Dibentuk organisasi kelas Ketua, sekretaris, bendahara dst | |
3. Menghapal, Menghayati, dan melaksanakan janji pelajar | |
4. Melaksanakan Tata tertib sekolah | |
5. Memakai seragam ciri khas almamater sekolah | |
6. Pembiasaan buang sampah pada tempatnya sesuai jenis, organic, anorganik, dan residu | |
7. Pentas kreativitas siswa di setiap hari besar Nasional (kartini, Hardiknas, HUT-RI, Sumpah pemuda, Maulid Nabi, dan Satu Muharaam | |
Motivasi Diri | |
2. | 1. Kultum setiap hari Jum’at secara Umum |
2. Melaksanakan sholat duha berjama’ah untuk kelas 4,5 dan 6 | |
3. Shalat dzuhur, dan Shalat ashar berjama’ah untuk kelas 4,5, dan 6 | |
4. Penyuluhan dari dokter puskesmas rutin sebulan sekali | |
5. Pembiasaan sikap Senyum, Tegur Sapa, dan Salam, serta berjabat tangan antar sesame dan cium tangan dengan Guru | |
6. Pesantren Kilat di setiap bulan Ramadhan tahun Hijriah | |
7. Santunan Anak yatim setiap satu Muharram | |
8. Membaca do’a sebelum dan sesudah belajar | |
Kepedulian dan Leadersheep | |
3. | 1. UKS. Dokter Kecil |
2. Pramuka setiap Sabtu Wajib | |
3. Ekstrakurikuler bakat dan minat | |
4. Pemanfa’atan waktu luang untuk belajar dengan program pemantapan materi | |
5. Cuci tangan sebelum dan sesudah makan | |
6. Membawa bekal makanan dari rumah | |
7. Mengadakan kantin sehat | |
8. Membuka kantin Jujur | |
9. Pembiasaan Menabung dan hidup hemat | |
Kepribadian cinta diri sendiri | |
4. | 1. Ekstrakurikuler bakat dan minat |
2. Penambahan, pebangunan ruang dan pasilitas sekolah | |
3. Kultum setiap hari Jum’at secara Umum | |
4. Melaksanakan sholat duha berjama’ah untuk kelas 4,5 dan 6 | |
5. Shalat dzuhur, dan Shalat ashar berjama’ah untuk kelas 4,5, dan 6 | |
6. Penyuluhan dari dokter puskesmas rutin sebulan sekali | |
Budaya Sekolah | |
5. | 1. UKS. Dokter Kecil |
2. Pramuka setiap Sabtu Wajib | |
3. Ekstrakurikuler bakat dan minat | |
4. Pemanfa’atan waktu luang untuk belajar dengan program pemantapan materi | |
5. Cuci tangan sebelum dan sesudah makan | |
6. Membawa bekal makanan dari rumah | |
7. Mengadakan kantin sehat | |
8. Membuka kantin Jujur | |
9. Ekstrakurikuler bakat dan minat | |
10. Penambahan, pebangunan ruang dan fasilitas sekolah | |
11. Pengembangan Managemen berbasis Sekolah (MBS) |
Baca juga: Layanan Bimbingan Psiko-Edukatif di Sekolah
Selanjutnya silahkan Klik Kembali <Back> untuk menuju Label Curriculum (Kurikulum) dan “Klik Sitemap” pada bilah atas yang sudah disediakan semoga menemukan apa yang anda cari dari situs Abah Opar and terima kasih sudah berkunjung "good luck"
Post by: Opar Suparma, M.Si.Selanjutnya silahkan Klik Kembali <Back> untuk menuju Label Curriculum (Kurikulum) dan “Klik Sitemap” pada bilah atas yang sudah disediakan semoga menemukan apa yang anda cari dari situs Abah Opar and terima kasih sudah berkunjung "good luck"