Search here

21 Des 2017

Penggunaan to, cc, dan bcc pada email


Update 2018

Bagaimana cara Penggunaan to, cc, dan bcc pada email ... ?

Benarkah kolom ‘to’ diisi dengan alamat penerima utama email kita, kemudian‘cc’ dapat diisi dengan alamat email pihak ketiga, lantas ‘bcc’ memberikan email bersifat privasi hanya penerima yang tahu?

Pemanfaatan email pada jaman-Now sudah menjadi kebutuhan primer dalam menyampaikan informasi dan data. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas secara tuntas pada postingan kali ini sebagai knowlwdge kita dan selamat anda sudah beruntung masuk ke situs Abah Opar karena memberikan jawaban terhadap apa yang anda cari selama ini.

Abah Opar: Penggunaan to, cc, dan bcc pada email



Arti: TO, CC dan BCC pada email.
Hampir setiap pengguna di Internet mengirimkan atau menerima ratusan email per hari. Namun hanya sedikit dari mereka mengetahui apa itu BCC dan apa keuntungan dari menggunakan BCC saat mengirim email.

Abah percaya semua dari kita pernah menggunakan email. Namun tidak semua tahu penggunaan cc dan bcc pada email. Baik gmail, yahoo mail, hotmail maupun fasilitas email yang lain, pastilah sudah memiliki fasilitas cc dan bcc ini tidak semua tahu penggunaan fasilitas ini.  Ketika menggunakan email, kita seringnya hanya menggunakan pasilitas ” To ” dan ” subjek”, kadang subjekpun lupa untuk di isi. Padahal, selain itu juga ada kolom CC dan BCC.  Lalu untuk apa kegunaan kolom CC dan BCC? Dan apa perbedaan keduanya?  Ada tiga 3 kolom yang disediakan pada email, yaitu ‘to’, ‘cc’, ‘bcc’. Kita akan bahas satu persatu:

to Kolom ‘to’ diisi dengan alamat penerima utama email kita. Bisa diisi dengan hanya 1 alamat email atau lebih. Anda dapat mengisi lebih dari satu alamat email dengan menggunakan tanda koma sebagai pemisah antar alamat email.

Contoh:
Perhatikan bahwa masing-masing penerima email akan mengetahui kepada siapa saja email tersebut ditujukan.

cc (carbon copy)
Jika anda sering menulis nota anda pasti tahu fungsi cc. Fungsinya sama seperti kopi karbon pada nota.
Fungsinya adalah membuat kopi dari email yang dibuat. cc dapat diisi dengan alamat email pihak ketiga sebagai bukti bahwa kamu telah mengirimkan email tersebut, misalnya alamat email kantor. Semua alamat email baik yang ada pada ‘cc’ maupun ‘to’ dapat saling melihat alamat email masing-masing, dikirimkan kemana saja email tersebut, termasuk copynya.

bcc (blind carbon copy) 
Tujuan bcc adalah menutupi semua alamat email yang ada sehingga penerima email tidak dapat mengetahui email tersebut ditujukan kemana aja. Email tersebut seakan-akan ditujukan hanya kepada penerima email. Hal ini difungsikan untuk menghindari email spam, biasanya dipakai pada mailing list yang mengirimkan email pada banyak orang sekaligus. Penggunaannya yaitu dengan mengisikan alamat email anda sendiri pada kolom ‘to’, kemudian semua alamat email penerima pada ‘bcc’.

Untuk lebih jelasnya apa itu BCC Sebagai berikut:

BCC singkatan dari Blind Carbon Copy.
Hal ini mengacu pada praktik pengiriman email ke beberapa penerima tanpa mengungkapkan alamat email individu.  Saat mengirim email yang sama / pesan ke beberapa penerima, itu adalah praktik umum bagi sebagian besar pengguna untuk memisahkan alamat email dengan menggunakan koma atau semi-kolon dan masukkan semua alamat di kolom Ke: diajukan. Ketika email akan dikirim dengan cara ini, setiap penerima dapat melihat daftar lengkap alamat email penerima yang pesan yang sama jika dikirim ke. Berbeda dengan To:, BCC: pilihan memungkinkan Anda untuk menyembunyikan penerima dalam pesan email. Dengan kata lain, ketika email dikirim menggunakan BCC:, penerima tidak akan dapat melihat daftar alamat email penerima. Sehingga penggunaan BCC adalah cara cerdas untuk melindungi privasi penerima. 

Mengapa harus Anda gunakan BCC? 

Berikut adalah alasan untuk menggunakan BCC:

Privasi - BCC memberikan pilihan yang mudah dan sederhana untuk melindungi privasi penerima Anda. Dalam keadaan banyak itu perlu bagi kita mengirim email tanpa membiarkan penerima tahu siapa lagi yang menerima pesan yang sama. Juga sangat disarankan agar Anda menggunakan BCC: sementara forwarding lelucon atau email lucu ke daftar teman-teman Anda. Jika Anda mengirim email atas nama bisnis atau organisasi, mungkin akan sangat penting untuk menjaga daftar klien, anggota, atau asosiasi rahasia. Jadi jangan lupa untuk menggunakan BCC: dalam kasus di mana pun hal-hal privasi.

Menghormati Anda penerima-Sementara pesan email forwarding, orang sering tidak repot-repot untuk menghapus daftar penerima sebelumnya. Akibatnya, pesan yang berulang kali dikirim ke banyak penerima mungkin berisi daftar panjang alamat email. 

Hal ini membuat mudah bagi spammer untuk mengumpulkan dan target yang email untuk spamming.  Untuk menghindari risiko spammer, perlu bahwa Anda mendorong orang / teman-teman untuk menggunakan BCC: sementara penerusan pesan apapun kepada Anda. Hal ini mencegah alamat email Anda muncul di inbox orang lain sehingga menjaga diri kurang terkena spammer. Anda juga dapat merujuk Bagaimana Melindungi Account Email dari SPAM untuk informasi lebih lanjut tentang spamming.

Bagaimana BCC pesan email?

Kebanyakan email klien memberikan BCC ini: opsi di bawah beberapa baris di bawah kolom Ke:. Yang perlu anda lakukan hanyalah masukkan daftar penerima dalam BCC: bidang bukan masuk dalam kolom Ke:. Anda dapat memasukkan hanya alamat email Anda sendiri di kolom Ke:. Setelah Anda melakukan ini hanya menekan tombol Kirim.
Moral adalah bahwa Anda harus menggunakan BCC: saat mengirim pesan massal sehingga dapat melindungi privasi penerima Anda.

catatan: Jika anda mengisi alamat email pada kolom cc, hal ini tetap dapat terlihat oleh penerima email bcc. apabila kita menggunakan kolom CC, si penerima akan tahu siapa-siapa saja yang menerima email yang sama dengan dirinya.  Sedangkan BCC, adalah singkatan dari Blind Copy Carbon. Maksud dan tujuannya hampir sama, cuma ada sedikit perbedaan, dimana para penerima email tidak akan mengetahui siapa-siapa saja yang menerima email seperti dirinya.  

Jadi, sekarang apabila kita hendak mengirim email undangan misal, tidak perlu repot untuk mengirim satu persatu. Isikan saja beberapa alamat email baik di kolom CC atau Bcc ( sesuai kegunaan ) secara bersamaan, dan jangan lupa, antara alamat email di pisahkan dengan koma.

Nah ini Daftar 10 layanan email unik mungkin penting juga buat pengetahuan kita ya… .

1. MailExpire.com – Daftarkan alamat email sementara yang akan expire dalam tempo 12 jam hingga tiga bulan. 

2.  Spamex.com – Situs layanan ini menciptakan alamat email yang tidak akan bisa dilihat oleh si penerima surat. Email dari orang tertentu bisa ditolak secara permanen sehingga tidak akan pernah masuk ke kotak inbox. Versi gratisnya berlaku selama 30 hari sebagai uji coba, dan setelah kedaluarsa kau bisa berlangganan dengan tarif sekitar Rp100 ribu untuk satu tahun.

3.     Dodgeit.com – Untuk membuat alamat email palsu yang hanya bisa menerima, dipakai terutama untuk menolak spam.

4.  BigString.com – Layanan berbayar, dengan kapasitas sebesar 2 GB hingga 20 GB, tergantung jenis akun yang dipilih. Bisa menghapus atau menarik kembali email yang terlanjur dikirim. Bisa melacak jam berapa suratmu dibaca si penerima dan berapa kali dia membacanya. Email yang terkirim bisa terhapus secara otomatis ketika si penerima sedang membacanya.

5.   HoaxMail.co.uk – Gratis, untuk mengirim email dan pesan SMS secara anonim. Bisa dipakai dari negara manapun.

6. Mail.com – Ini layanan email gratis. Uniknya, kita bisa memilih domain kesukaan — akhiran email — dari sekitar 250 domain yang tersedia. Misalnya bila kau seorang wartawan buatlah alamat suratmu “namaku@journalist.com” atau untuk guru dengan alamat email “namaku@teacher.com”. Tetapi layanan ini memuat iklan-iklan banner dalam ukuran besar sehingga cukup mengganggu saat kita mengakses email.

7. FutureMe.org – Fitur mengirim email yang sangat unik. Seperti namanya, kau bisa mengirim email detik ini untuk diterima oleh alamat tujuan pada waktu akan datang, sesuai jadwal yang kau setting.

8. Fuser.com  Dengan memakai Fuser, kau bisa sekaligus melihat semua emailmu yang terdaftar di layanan lain, seperti di yahoo mail, gmail, hotmail, dll.

9.  Pranketh.com – Tulis sebuah surat seakan-akan dikirim oleh orang lain. 

10. Postful.com – Layanan email berbayar. Tulis sebuah surat, lalu ketikkan alamat rumah/tempat tinggal si penerima, dan kirim ke layanan ini. Mereka akan mencetak suratmu dan menyampaikannya lewat jalur pos atau kurir.

Related Post:
       Penting juga  bagi kita yang senang dengan membaca berbagai artikel secara online diberbagai website atau blog cara ini cukup membantu keamanan perangkat kita dari virus berbahaya yang suka browsing agar terhindar dari bahayanya virus silahkan baca di sini tentang  Cara Mengecek Virus di Blog Atau Website Yang Akan Kita Kunjungi


Hi...Privileged Scientific Facts On Cats.

      Sudah tahukah anda ada suatu bahaya yang mengancam terhadap penggemar binatang peliharaan khususnya Kucing. Benarkah kucing dapat menularkan penyakit yang berbahaya? Untuk lebih jelas dan mendapatkan jawabannya silahkan baca di sini : Kesunahan Memelihara Kucing Namun Seberapa Besar ResikoPenularan Penyakit Toxoplasma Terhadap Manusia

Post by:  Opar Suparma, M.Si



Related Post : Fatwa MUI No. 24 Tahun 2017 Tentang Hukum dan Pedoman Muamalah Melalui Medsos

Pageviews Artcle

Rekomendasi Unuk Anda Baca

9 Prinsip Aqidah Ahlus Sunnah Wal-Jama'ah

Education and Knowledge Update   Apa Saja Yang Termasuk 9 Prinsip Aqidah Ahlus Sunnah Wal-Jama'ah itu ? Sahabatku beriku...

Comments
Comments