Search here

20 Des 2017

Perhitungan Waktu Subur Wanita Usia Produktif

Menstruasi Sebagai Awal Perhitungan Waktu Subur Wanita Usia Produktif

Bagaimana Cara Mengetahui Waktu Subur? 
Waktu subur merupakan siklus pada wanita usia produktif ketika ovumnya (sel telur) matang dan siap dibuahi. Sebelum pembahasan perhitungan waktu subur pada wanita seyogyanya kenali dan pahami dulu tentang menstruasi kita. Menstruasi memiliki banyak nama lain, mulai dari haid, “lagi dapet”, “tamu bulanan”, hingga datang bulan, atau sejumlah eufisme aneh lainnya yang hanya berfungsi untuk membingungkan dan menyembunyikan proses alami dilalui oleh setiap perempuan setiap bulannya. 

Memahami menstruasi dan kesehatan perempuan penting untuk kesejahteraan menyeluruh, namun banyak fakta-fakta dasar yang masih belum diketahui. Di bawah ini, kita akan menguak beberapa fakta paling mengejutkan dan menarik seputar menstruasi.

Abah Opar : Perhitungan Waktu Subur Wanita Usia Produktif


Darah menstruasi bukan darah kotor
Darah menstruasi bukanlah darah kotor, seperti yang selama ini banyak dipercaya. Darah haid sebenarnya tidak berbeda dengan dari luka berdarah di lutut atau darah mimisan. Hanya saja, darah haid mengandung sisa jaringan dari dinding rahim yang luruh setelah proses ovulasi.

Anda terlahir dengan persediaan sel telur yang cukup untuk seumur hidup
Wanita dilahirkan dengan kurang lebih satu hingga dua juta sel telur yang belum matang (atau folikel) di indung telur mereka. Sebagian besar folikel ini akan mati seiring perempuan bertumbuh, dan hanya sekitar 400 yang akan mencapai tahap matang.

Rata-rata darah yang hilang kurang dari satu gelas
Umumnya, perempuan hanya kehilangan antara beberapa sendok makan hingga 1 gelas darah setiap kali siklus — setiap perempuan bisa berbeda.

Jumlah rata-rata darah yang hilang setiap siklus mencapai 30-40 ml, 9 dari 10 perempuan bisa kehilangan kurang dari 80 ml darah setiap kalinya. Menstruasi berat bisa kehilangan 60-80 ml darah atau lebih setiap kali siklusnya.

Anda masih bisa hamil saat menstruasi
Walaupun kemungkinannya sangat kecil, jangan jadikan ini alasan untuk tidak menggunakan perlindungan saat berhubungan seks.

Abah Opar: Perhitungan Waktu Subur Wanita Usia Produktif

IUD hormon bisa membuat menstruasi absen selama setahun penuh
Kontrasepsi IUD hormon bisa membuat Anda tidak mengalami haid sama sekali selama setahun pertama pemakaian. Tetapi, siklus menstruasi normal dan kesuburan akan kembali normal di akhir tahun setelah satu tahun melepas IUD.

Kebalikan dari mitos yang beredar, IUD tidak menyebabkan kemandulan. Beberapa merek IUD menyebabkan menstruasi yang lebih ringan (untuk beberapa wanita, bahkan tidak mengalami haid sama sekali) karena hormon dalam perangkat tersebut, dan hormon bisa bertahan hingga 3-10 tahun, tergantung dari perangkat apa yang Anda pilih. Walaupun begitu, setelah IUD dilepas, tubuh anda akan mulai mengatur diri kembali dan kesuburan normal akan kembali dalam tahun pertama.

Darah menstruasi dianggap sebagai penyembuh
Sepanjang sejarah dunia, darah menstruasi dianggap sebagai obat penawar manjur untuk berbagai penyakit seperti epilepsi, wasir, gondok, kutil, atau sakit kepala biasa.
Laporan juga mengklaim bahwa di abad pertengahan, darah haid digunakan dalam ritual pengusiran setan. Orang-orang percaya bahwa sapu tangan pertama yang digunakan oleh seorang gadis perawan pada saat menstruasi pertama bisa menyembuhkan wabah penyakit.

Gairah seks Anda akan lebih tinggi saat sedang haid
Kadar libido Anda bisa melesat sangat tinggi selama Anda haid akibat hormon estrogen dan progesteron yang menurun. Tertarik berhubungan seks saat menstruasi?

Vicarious menstruation, menstruasi dari seluruh lubang di tubuh
Wanita yang mengidap vicarious menstruation mengalami perdarahan bulanan tidak hanya dari rahim, tetapi juga keluar dari bagian tubuh lainnya. Banyak perempuan melaporkan mengeluarkan darah dari hidung, lengan, paru, payudara, saluran pencernaan, mulut, kandung kemih, mata dan mulut setiap bulannya mengikuti siklus haid mereka, dan akan mereda setelah beberapa hari.

Bangsa yunani kuno memiliki ritual pertumpahan darah terinspirasi oleh menstruasi
Mereka mempercayai haid adalah cara tubuh menghilangkan darah berpenyakit. Ritual pertumpahan darah pada proses yang sangat mirip dengan menstruasi pada perempuan kemudian diresepkan oleh para tabib Yunani kuno untuk menyembuhkan segala penyakit, namun menyebabkan kerusakan hebat. George Washington dicurigai meninggal akibat kehilangan banyak darah, setara dengan tujuh kaleng soda, yang dikuras dari tubuhnya dari ritual ini.

Di abad lalu, anak perempuan dilarang masuk perguruan tinggi karena menstruasi
Orang-orang menganggap darah menstruasi akan mengalir ke otak yang bisa merusak sistem reproduksi perempuan tersebut secara permanen, sehingga pada akhirnya menyebabkan ia untuk mengandung anak cacat dan sakit-sakitan.

Ada filmnya
Tahun 1946, Disney merilis The Story of Menstruation sebagai bahan topik kelas pendidikan seks. Banyak yang mengklaim bahwa film ini adalah film pertama yang menggunakan kata “vagina” selanjutnya;

Anda tidak akan diserang hiu jika berenang di laut saat menstruasi
Ini hanyalah mitos belaka. Tidak pernah ada laporan tercatat yang terkait dengan serangan hiu disebabkan oleh wanita menstruasi. Dilansir dari Outside Online, jumlah darah yang dihasilkan saat menstruasi sangat kecil (lihat poin 1) dan akan tertutupi oleh ribuan komponen lain di dalam air.

Hiu tertarik dengan asam amino dalam darah Anda. Asam amino, unsur pembangun protein, juga hadir dalam keringat dan urin. Bahkan jika Anda memproduksi tiga kali lipat asam amino dengan berkeringat, buang air kecil, dan dari haid saat berenang di lautan, jumlah asam amino yang Anda lepaskan relatif tidak memiliki pengaruh apapun begitu asam ini larut dalam air, tegas Chris Lowe, kepala California State University, Long Beach’s Shark Lab.

Hiu akan mengandalkan indera lain termasuk penglihatan, suara, dan electroreception, untuk melacak Anda. Satu lagi yang harus dipahami, peluang hiu menyerang manusia lebih didasari oleh perasaan takut dan terancam, bukan karena mereka mencium bau darah Anda atau menganggap Anda adalah mangsa yang mudah.
Setelah kita memahami prihal menstruasi selanjutnya perlu diperhatikan oleh kaum wanita produktif yang mendambakan kehamilan, waktu hidup ovum hanya berlangsung selama 12-24 jam dalam sebulannya. Pada waktu subur, kesempatan seorang perempuan untuk hamil lebih tinggi. Jadi pastikan cara menghitung waktu kesuburan yang kita lakukan dengan baik dan akurat.

Upaya untuk Mengetahui waktu subur sebenarnya bisa kita ketahui dengan metode hitung kalender secara alami, namun jarang diantara kita mengetahuinya. Sebenarnya ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengetahui periode waktu subur pada wanita. Periode tersebut bias menggunakan alat penguji kesuburan. Namun, selain menggunakan alat ada cara lain yang lebih praktis untuk menghitung waktu subur yaitu metode hitung kalender hal ini tentunya sudah secara turun temurun diterapkan kaum wanita, cara menghitungnya sebagai berikut.
 Perhitungan Waktu Subur
Metode Kalender Ogino-Knaus
Metode ini digunakan bagi perempuan yang siklus haidnya tidak menentu. Langkah-langkahnya adalah:
Catat data haid selama 6-12 bulan terakhir.
Kurangi 18 hari dari siklus haid tersingkat untuk menentukan awal waktu suburnya.

Kurangi 18 hari dari siklus haid terpanjang untuk menentukan akhir waktu subur.

Contoh : Setelah kita catat selama 6-12 bulan terakhir, ternyata siklus terpanjang adalah 31 hari dan siklus terpendek 26 hari.

Maka, 31 – 11 = 20. 26 – 18 = 8. Jadi, perkiraan waktu  subur berlangsung dari hari ke 8 sampai hari ke 20.

Jika siklusnya teratur, waktu  subur berlangsung 14+/- 1 hari haid berikutnya artinya waktu  subur berlangsung pada hari ke 13 sampai hari ke 15 sebelum tanggal haid yang akan datang.

Metode Kalender dengan Menghitung Waktu  Subur dan Prasubur
Waktu  subur = hari terakhir haid +13 hari
Waktu  pra subur = waktu  subur – 3 dan waktu  subur + 3

Contoh : jika hari terakhir haid tanggal 10 maka tanggal waktu  subur adalah 23. Waktu  prasubur awal tanggal 20 dan waktu  prasubur akhir tanggal 26.

 Metode Kalender Tabel

Siklus menstruasi Ovulasi Waktu subur Contoh :
22 Hari ke-8 Hari ke-7 sampai 9 Awal menstruasi bulan lalu: 1 Januari
23 Hari ke-9 Hari ke-8 sampai 10 Awal menstruasi bulan ini: 3 Februari
24 Hari ke-10 hari ke-9 sampai 11 Siklus menstruasi: 33 hari
25 Hari ke-11 Hari ke-10 sampai 12 Ovulasi: 22 Februari (19 hari sejak awal menstruasi bulan ini)
26 Hari ke-12 Hari ke-11 sampai 13 Waktu subur: 21-23 Februari (sehari sebelum hingga sehari setelah ovulasi)
27 Hari ke-13 Hari ke-12 sampai 14
28 Hari ke-14 Hari ke-13 sampai 15 Dengan mengetahui siklus yang terjadi pada tubuh diharapkan kaum wanita produktif lebih menyadari kapan waktu yang tepat untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari sebuah proses pembuahan.
29 Hari ke-15 Hari ke-14 sampai 16
30 Hari ke-16 Hari ke-15 sampai 17
31 Hari ke-17 Hari ke-16 sampai 18
32 Hari ke-18 Hari ke-17 sampai 19
33 Hari ke-19 Hari ke-18 sampai 20
34 Hari ke-20 Hari ke-19 sampai 21
35 Hari ke-21 Hari ke-20 sampai 22
36 Hari ke-22 Hari ke-21 sampai 23



Untuk mengetahui waktu  subur maka harus diketahui siklus menstruasi kita yang sebelumnya apakah teratur atau tidak teratur. Bila siklus menstruasi kita teratur sebelumnya maka perhitungan bisa jadi lebih mudah. Akan tetapi bila siklus menstruasi kita sebelumnya tidak teratur, kita harus mengingat tanggal menstruasi kita 6-8 bulan terakhir, berapakah siklus terpendek dan terpanjang siklus menstruasi kita untuk penentuan waktu  subur.

Misalnya sebagai contoh siklus kita teratur, dengan siklus 35 hari (jarak antara 6 maret dan 10 april), maka waktu  subur kita selanjutnya adalah hari ke-20 hingga 22 dari tanggal 10 april tersebut yaitu tanggal 30 april hingga 2 mei, dengan perkiraan ovulasi hati ke-21 yaitu tanggal 1 mei.

Namun jika siklus menstruasi kita tidak teratur, maka harus diketahui tanggal menstruasi 6-8 bulan sebelumnya. Langkah menentukan waktu subur pada siklus haid tidak teratur yaitu:

-Menentukan awal waktu  subur yaitu dengan cara siklus haid tersingkat dikurangi 18

-Menentukan akhir waktu  subur yaitu dengan cara siklus haid terpanjang dikurangi 11

Selain itu and juga dapat mengamati tkita-tkita yang dialami saat waktu  subur yaitu:

- Perubahan tekstur dan warna lendir
Setiap bulan wanita akan mengeluarkan lendir yang menyerupai keputihan. Selama waktu  subur, lendir ini jumlahnya akan semakin banyak, teksturnya juga berubah. Hal ini disebabkan karena tubuh bereaksi dengan meningkatnya hormon estrogen di dalam tubuh. Lendir waktu  subur ini biasanya jernih, bening, licin, serta mulur saat wanita sedang subur. Konsistensinya mirip dengan putih telur, dan bila diregangkan dengan dua jari lendir ini tidak mudah putus.

- Peningkatan suhu tubuh
Wanita cenderung mengalami peningkatan suhu tubuh ketika masuk pada waktu  subur. Suhu ini biasa disebut dengan suhu basal. Setiap wanita punya suhu basal yang berbeda-beda. Cara mengetahuinya adalah mengukur temperatur Kita di saat hari biasa, dan di saat waktu sebelum menstruasi. Saat suhu badan tertinggi di beberapa hari dalam satu bulan, maka di situlah Kita sedang mengalami waktu  subur.

Untuk mengetahui kita sudah sempat hamil atau tidak, maka kita bisa mengujinya dengan test pack, bila sempat hamil kemudian abortus spontan biasanya akan masih terdeteksi dengan test pack yang masih tetap positif selama beberapa minggu.

Dari bulan januari hingga maret kita memiliki siklus menstruasi yang teratur dengan siklus menstruasi 30 hari. Akan tetapi bulan april bisa saja memang sempat terlambat haidnya sehingga baru haid tanggal 10 april.

Untuk memperkirakan seperti ibu, bisa digunakan cara penentuan perkiraan waktu  subur pada haid tidak teratur yaitu:
-Menentukan awal waktu  subur yaitu dengan cara siklus haid tersingkat dikurangi 18
-Menentukan akhir waktu  subur yaitu dengan cara siklus haid terpanjang dikurangi 11



Jadi awal waktu  subur kita adalah 30-18= hari ke-12 setelah tanggal 10 april atau tanggal 22 april. Akhir waktu  subur kita adalah 35-11= hari ke-24 setelah tanggal 10 april atau tanggal 4 mei. Rentang tanggal tersebut adalah waktu  subur kita jika menstruasi kita tidak teratur.


Baca juga: 

Pageviews Artcle

Rekomendasi Unuk Anda Baca

9 Prinsip Aqidah Ahlus Sunnah Wal-Jama'ah

Education and Knowledge Update   Apa Saja Yang Termasuk 9 Prinsip Aqidah Ahlus Sunnah Wal-Jama'ah itu ? Sahabatku beriku...

Comments
Comments