Search here

8 Jun 2019

Khasiat Kurma Untuk Kesehatan

Education and Knowledge Update

Khasiat dan Keutamaan Kurma Yang Berkualitas
Keutamaan Makan Kurma yang Berkualitas

Berikut ini penjelasan mengenai khasiat atau keutamaan makan kurma yang berkualitas, aneka ragam kandungan nutrisi kurma, jenis-jenis kurma dan gambar macam-macam kurma yang penting kita tahu.
Kurma berkualitas

Kurma memiliki nilai dan kedudukan khusus dalam Islam, dan semua perhatian manusia tentang keutamaan kurma terfokus pada dua hal ini, dan ketika semakin mendalam pembahasan dan penelitian terhadap kurma, maka anda akan menemukan bahwa kurma memang layak untuk mendapatkan kedudukan dan keistimewaan ini. Dan ini adalah nikmat yang agung yang Allah limpahkan untuk kita selain nikmat-nikmat yang lainnya dan tiada terhitung. Allah berfirman:
وءاتاكم من كل ما سألتموه وإن تعدوا نعمة الله لا تحصوها إن الإنسان لظلوم كفار (إبراهيم: 34)
Dan kami memberikan kepada kalian semua apa yang kalian minta; dan andai kalian menghitung-hitung nikmat Allah pastilah kalian tidak bisa mendatanya, sesungguhnya manusia benar-benar dhalim dan sangat ingkar (Q.S. Ibrahim: 34)
Allah juga berfirman:
ينبت لكم به الرزع والزيتون والنخيل والأعنب ومن كل الثمرت، إن في ذلك لأية لقوم يتفكرون (النحل: 11)
Dan ditumbuhkan untuk kalian di bumi ini tanaman, zaitun, kurma, anggur, dan semua buah-buahan. Sesungguhnya yang demikian benar-benar menjadi tanda-tanda kebesaran Kami bagi kaum yang mau berfikir (Q.S. An-Nahl: 11).

Berdasarkan penelitian yang sudah banyak dilakukan terhadap kurma, ditegaskan bahwa kurma mengandung sejumlah unsur penting bagi tubuh, akan tetapi sebagian orang tidak mengetahui hal itu, kecuali sedikit saja. Berdasarkan konfigurasi  bersumber dari ilmu pengetahuan, wawasan yang bisa dicapai saat ini, sesuai dengan hadits Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam tentang rahasia yang terkandung dalam kurma, dimana Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam bersabda:
إذا أفطر أحدكم فليفطر على تمر فإنه بركة فإن لم يجد تمراً فالماء فإنه طهور (رواه الترمذي)

Jika salah seorang diantara kita hendak berbuka puasa, maka berbukalah dengan kurma sebab ia berkah, jika tidak ada kurma maka dengan air sebab ia bersih dan suci. (HR. Tirmidzi) 
Keutamaan Makan Kurma yang Berkualitas

Sejumlah penelitian ilmiah telah menetapkan akan kebenaran hal di atas. Ketika akhir dari tahapan penyerapan sari makanan -dipenghujung puasa- akan bergetar keadaan glukosa dan insulin dalam darah yang datang ke katup hati. Dan ini dengan prosesnya akan meminimalisir pemakaian glukosa dan mengambilnya melalui organ hati dan sel-sel ujung seperti otot-otot, sel syaraf, dan menjadi sesuatu yang bisa menghilangkan setiap zat yang terkandung dari gelokogen hati. Pada saat seperti itu organ-organ bergantung untuk mendapatkan energi dari Co2 (karbon dioksida) kimiawi, dan oksida glukosa yang terbentuk dalam hati dari asam amino dan gelesrol. Oleh karena itu memulurnya (melentur memanjang) organ penyerap makanan dengan glukosa pada saat ini memiliki manfaat yang sangat banyak. Jadi, meningkatnya kandungan glukosa secara cepat di dalam katup pembuluh darah vena di hati secara langsung akan diserap, dan kemudian masuk ke dalam ke organ hati pertama kali, kemudian ke sel otak, darah, organ pencernaan, otot-otot, dan seluruh jaringan tubuh yang lainnya yang Allah gerakkan organ-organ tubuh untuk beraktivitas kembali dengan melalui makanan itu. Itu untuk menjadikan zat gula terbaik sebagai makanan terbaiknya, paling mudah diserap tubuh, dan menghentikan oksidasi karbon kimiawi, memangkas zat-zat berbahaya dalam tubuh, menghilangkan keadaan lemah secara umum dan kegemetaran yang kecil dalam organ pencernaan. Sesungguhnya adanya oksidasi kimiawi dalam jumlah besar lemak, sebagaimana terhentinya masuknya glukosa melalui aktivitas pembuatan glukosa dalam hati, maka akan menghentikan pemusnahan asam amino dan seterusnya terjagalah protein dalam tubuh.

Kurma merupakan makanan paling kaya akan glukosa. Oleh karena itu, kurma merupakan makanan yang paling baik, sebab ia mengandung zat gula yang tinggi antara 75 - 87% dan dalam bentuk glukosa sebanyak 55%, fructose (fraktosa) 45% lebih tinggi dari jumlah protein, minyak dan beberapa vitamin dimana yang terpentingnya adalah vitamin A, B-2, B-12, dan sejumlah zat penting seperti kalsium, phosphor, potassium, sulfur, sodium, magnesium, cobalt, seng (zinc), florin, nuhas (tembaga), Salyolosa, dan zat lain yang bermanfaat untuk tubuh. Fruktosa akan diubah menjadi glukosa dengan cepat dan langsung diserap oleh organ pencernaan dan dikirim ke seluruh tubuh terutama organ-ogran pusat, seperti otak, syaraf, sel darah merah, dan sel pembersih tulang.

Fraktosa bersama zat Salyolosa akan berpengaruh untuk membangkitkan gerakan melilit pada organ perut. Phosphor sangat penting untuk makanan penting bagi ruang-ruang dalam otak dan masuk dalam susunan phosphate dan yang mampu mengubah energi dan mengarahkan penggunaannya dalam seluruh sel tubuh.
Seluruh vitamin yang dikandung oleh kurma juga memiliki pengaruh yang efektif dalam nutrisi makanan (vitamin A, B-1, B-2), Biotin, repuflatin, dan yang lainnya. Ia juga mempunyai pengaruh yang positif untuk syaraf pusat. Kandungan lainnya dari kurma juga memiliki pengaruh yang begitu penting bagi pembentukan sebagian enzim yang vital dalam kerja organ pernafasan, berperan vital dalam meregang dan mengkerutnya otot (fleksibel dan lentur), menyeimbangkan zat asam. Zat magnesium dalam kurma juga bisa menghambat penuaan dini.  Sebaliknya, seandainya seseorang memulai berbuka puasa dengan makanan yang berprotein tinggi atau berminyak, maka ia sukar untuk dicerna kecuali setelah memalui waktu yang panjang dari mulai dilumat hingga diserap tubuh. Dan hal ini tidak bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan energi siap pakai secara cepat, apalagi untuk bisa meningkatkan kandungan asam amino dalam tubuh sebagai hasil dari makanan yang tidak mengandung zat gula sehingga akhirnya kekurangan zat gula dalam darah.

Masalah vitamin dan zat lainnya, kita melihat bahwa kurma mengandung serat, dan ini merupakan zat yang sangat bagus dalam meningkatkan gerakan organ perut, sekaligus bisa menjaga dari kejang perut yang akhirnya bisa menyulitkan organ pencernaan dan berbagai komplikasi organ sekitar perut. 

Keutamaan Makan Kurma yang Berkualitas

Kurma yang mentah atau ruthab (kurma mengkel, setengah matang di pohon) memiliki kandungan hormon bitosin . Ini adalah hormon yang khusus untuk kerja gerak peristaltik dalam jaringan darah dan rahim. Dengan hal ini, ia bisa membantu menghindari terjadinya pendarahan dalam rahim. Oleh karena itu, kita mendapati tentang hal itu dalam surat Maryam. Allah berfirman:
وهزي إليك بجذع النخلة تساقط عليك رطبا جنيا، فكلي واشربي عينا (مريم: 25 - 26)
Dan goyanglah pohon kurma itu, maka akan jatuh kepadamu ruthab; makan dan minumlah dan bersenang hatilah kamu (Q.S. Maryam: 25 - 26)
(Keterangan: rog [goyang] adalah aktivitas seseorang yang ingin mengambil sesuatu dari atas pohon dengan cara memegang pohon dengan kedua tangan, kemudian mendorong dan menarik pohon sehingga bergoyang dan jatuhlah sesuatu yang ada di atas pohon).
Keutamaan Makan Kurma yang Berkualitas

Keutamaan memakan Kurma ketika mulai berbuka dari puasa Ramadhan

Dengan sebab ini, kita bisa mengerti bahwa kurma bisa menjadi makanan sekaligus obat. Akan tetapi yang terbaik adalah dengan cara memakan kurma dengan niat sunnah Nabi Shalallaahu alaihi wasalam, maka engkau akan mendapatkan makanan, obat, dan pahala dari Allah Subhannahu wa Ta'ala.

Kurma adalah buah yang berkah, Rasulullah SAW mewasiatkan kepada kita untuk memakannya ketika mulai berbuka dari puasa Ramadhan.
عن عامر رضي الله تعالى عنه، أن رسول الله; قال: (( إذا أفطر أحدكم فليفطر بالتمر فإنه بركة، فإن لم يجد تمرا فالماء فإنه طهور )) رواه أبو داود والترمذي
Dari Salman ibn 'Aamir, Sesungguhnya Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam bersabda, "Jika salah seorang diantara kalian akan berbuka puasa, maka berbukalah dengan kurma sebab kurma itu berkah, kalau tidak ada maka dengan air karena air itu bersih dan suci. (HT. Abu Daud dan Tirmidzi)
عن أنس رضي الله عنه (( أن النبي; كان يفطر قبل أن يصلي على رطبات، فإن لم تكن رطبات فتميرات، فإن لم تكن تميرات حسا حسوات من الماء )) رواه أبو داود والترمذي

Dari Anas, sesungguhnya Nabi; berbuka puasa dengan beberapa ruthab (kurma mengkel segar yang baru dipetik dari pohonnya-pent) sebelum shalat, kalau tidak ada ruthab, maka dengan beberapa kurma matang, kalau tidak ada, maka dengan meneguk beberapa tegukan air putih. (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)

Tidak diragukan lagi bahwa dibalik sunnah nabi ini ada petunjuk medis dan manfaat yang banyak bagi kesehatan, dan hukum yang bagus. Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam; telah memilih makanan ini dan tidak memilih yang lainnya karena adanya manfaat yang sangat besar, tidak hanya karena buah itu banyak dijumpai di lingkungannya semata. Maka, ketika seorang yang berpuasa mulai berbuka maka organ-organ tubuhnya akan bersiap; dan organ pencernaan mulai berakivitas kembali, khususnya lambung yang butuh untuk diberikan sesuatu yang lembut, dan memulai mengakifkan kerjanya kembali dengan halus. Dan orang yang sedang berpuasa, pada keadaan ini, sangat butuh akan makanan yang mengandung gula yang mudah dicerna, yang bisa menghilangkan rasa lapar, persis seperti ia butuh akan air.  Andai anda mencari makanan yang bisa menyamai dua kandungan yang dituju ini secara bersama (menghilangkan lapar dan dahaga secara bersamaan dengan satu makanan), maka anda tidak akan pernah menemukan makanan itu lebih baik daripada apa yang disuguhkan oleh sunnah nabawiyah, dimana sunnah memotivasi orang yang berpuasa untuk membuka puasanya dengan zat gula manis sekaligus kaya akan air (ruthab) atau pun tamar (kurma matang).
Keutamaan Makan Kurma yang Berkualitas

Kandungan Nutrisi Kurma
Berdasarkan penelitian bio-kimia, ditemukan bahwa satu bagian kurma yang kita makan sama dengan 86 - 87 % beratnya; mengandung 20 - 24 % air; 70 - 75 % gula; 2 - 3 % protein; 8,5% serat; sangat kecil sekali kandungan lemah jenuh (lecithine).

Berdasarkan penelitian tersebut, juga ditemukan bahwa ruthab (kurma mengkel) mengandung 65 - 70 % air berdasarkan berat bersihnya; 24 - 58 % zat gula; 1,2 - 2 % protein; 2,5 % serat, dan sedikit sekali mengandung lemak jenuh (lecithine).

Berdasarkan penelitian kimiawi dan fisiologi yang dilakukan Dr. Ahmad Abdul Ra'ouf Hisyam dan Dr. Ali Ahmad Syahhat, diperoleh data sebagai berikut:
Mengkonsumsi ruthab (kurma mengkel, masih segar, matang dipohon) atau tamar (kurma matang kering seperti yang tersebar di Indonesia -pent) setiap kali mengawali buka akan menambah terhadap badan persentase yang besar akan kandungan zat gula, maka dengan ini akan hilang penyakit anemia (kurang darah), sehingga tubuh lebih menjadi bergairah;
Saat lambung kosong dari makanan, maka ia akan mudah mencerna dan menyerap makanan kecil yang mengandung gula ini secara cepat dan maksimal;
Sesungguhnya kandungan ruthab dan tamar akan zat gula dalam bentuk kimia sederhana menjadikan proses mencerna dan menyerap di lambung sangat mudah, sebab 2/3 (dua per tiga) zat gula ada dalam tamar dan dalam bentuk zat kimia sederhana. Hal ini pun bisa meningkatkan kadar gula dalam darah dalam waktu yang singkat;
Sesungguhnya adanya tamar yang mengandung air, dan ruthab yang mengandung air tinggi (65 - 70 %) akan menambahkan terhadap tubuh persentase yang tidak membahayakan, maka dengan itu seorang yang berpuasa tidak harus meminum air dalam jumlah banyak ketika berbuka. (Ab
Rasulullah saw bersabda:
(( من تصبح كل يوم بسبع تمرات عجوة لم يضره في ذلك اليوم سمٌ ولا سحر ))
Barangsiapa makan kurma 'ajwah sebanyak 7 butir di pagi hari, maka tidak akan membahayakannya bias atau sihir pada hari itu.

Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam bersabda:
(( يا عائشة، بيت لا تمر فيه جياع أهله، يا عائشة بيت لا تمر فيه جياع أهله، أو جاع أهله، قالها مرتين أو ثلاثا ))
Wahai A'isyah, rumah yang di dalamnya tidak ada kurma maka penghuninya itu lapar, wahai A'isyah, rumah yang di dalamnya tidak ada kurma maka penghuninya lapar. Nabi mengucapkan hal ini dua atau tiga kali.

A'isyah radhiyallahu 'anha pernah berkata kepada anak dari saudarinya (keponakan -pent), yaitu 'Urwah, "Wallahi, wahai keponakanku, sungguh kami pernah melihat hilal kemudian hilal, tiga hilal dalam dua bulan dan tidak menyala api di rumah-rumah Rasulullah saw sama sekali (tidak memasak -pent). Kemudian A'isyah berkata, "Wahai keponakanku, apa yang kalian makan?" Aisyah berkata, "Dua hal yang hitam, yaitu tamar (kurma masak dan sudah berwarna coklat tua atau hitam -pent) dan air, akan tetapi Rasulullah saw memiliki tetangga dari kalangan anshar yang memiliki "ternak" dan mempersilakan beliau saw untuk mengambil susunya, maka kami pun meminumnya."

Kalau memang keadaan Rasulullah saw dan para isterinya melalui hari-hari kehidupannya selama dua atau tiga bulan hanya dengan makan kurma masak dan air saja, dan muslimin pun telah berhasil membuka seper empat penduduk dunia dengan Islam selama tiga abad, dan perbekalan makanan mereka kadang-kadang juga kehabisan, kecuali satu gantang kurma dan sedikit air; dan Allah memuliakan Maryam dengan makanan yang hanya satu, yaitu ketika masa-masa akhir dari kehamilannya. Allah berfirman:
وهزي إليك بجذع النخلة تساقط عليك رطبا جنيا، فكلي واشربي عينا (مريم: 25 - 26)
Dan rog-lah pohon kurma itu, maka akan jatuh kepadamu ruthab; makan dan minumlah dan bersenang hatilah kamu (Q.S. Maryam: 25 - 26), 

kurma-palm-fruit

Dan yang lebih menakjubkan lagi, sejumlah perusahaan AS mengemas kurma dalam kemasan-kemasan kecil seperti obat, dan menyebutnya sebagai obat bagi kelumpuhan. Dan kurma kaya akan serat. Setiap 100 gr kurma (selevel dengan 10 - 20 butir kurma), mengandung 8,5 g serat. Badan kesehatan dunia (WHO) sekarang pun sudah mengkampanyekan untuk banyak memakan makanan berserat, bukan hanya untuk menghindari diri dari kelumpuhan semata bahkan karena serat memiliki manfaat lain.!!!

Kurma adalah makanan yang sangat sesuai untuk orang yang menderita hipertensi, sebab ia kekurangan zat sodium dan kelebihan zat potassium. Penelitian modern menegaskan bahwa orang yang menderita hipertensi untuk memasak makanan yang sedikit mengandung garam (Sodium Klorida) dan kaya akan potassium. Dan kurma kaya akan kandungan zat-zat penting, yaitu magnesium. Maka, kekurangan magnesium adalah masalah yang akan menyebabkan sejumlah masalah dari orang-orang yang mengkonsumsi pil dekoksin, atau seputar air kencing, atau pun gagal jantung.

Dan kurma juga kaya akan zat besi. Maka, memakan 100 gram kurma akan bisa memberikan seper enam kebutuhan tubuh akan zat besi. Dan mayoritas manusia yang membutuhkan zat besi adalah kalangan perempuan pada saat usia menstruasi, hamil, masa puber, dan orang yang menderita anemia (kekurangan darah) karena kekurangan zat besi karena sebab-sebab lainnya.

Maka, jadikanlah kurma sebagai makanan yang mudah diperoleh di rumahmu; di pagi hari usahakanlah makan beberapa butir kurma, apalagi jika engkau tidak sempat makan pagi dan buru-buru ke tempat kerja, maka engkau akan memiliki cukup energi dengan hal itu. Dan khusus penderita diabets, maka jangan terlalu banyak memakan kurma. Dan jadikanlah kurma sebagai pengganti makanan manismu. Maka memakan satu atau dua butir kurma sebagai ganti dari coklat (chocolate) atau satu potong snack manis.

Sungguh benar Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam yang bersabda:
(( بيت لا تمر فيه جياع أهله ))
Rumah yang di dalamnya tidak ada kurma, maka akan laparlah penghuninya.
Di bawah ini adalah kandungan kurma per 100 gramnya

Kandungan Nutrisi Buah Kurma

Abah Opar


Various Nutritional Content of Dates

Rincian kandungan gizi kurma (per 100 g)
Unsur Nilai gizi Persen kecukupan gizi
Energi 277 Kkal 14%
Karbohidrat 74,97 g 58%
Protein 1,81g 3%
Total Lemak 0,15 g <1%
Kolesterol 0 mg 0%
Serat makanan 6,7 g 18%
Asam Folat 15 mcg 4%
Niacin 1,610 mg 10%
Asam pantotenat 0,805 mg 16%
Piridoksin 0,249 mg 19%
Riboflavin 0,060 mg 4.50%
Thiamin 0,050 mg 4%
Vitamin A 149 IU 5%
Vitamin C 0 mg 0%
Vitamin K 2,7 mcg 2%
Sodium 1 mg 0%
Potasium 696 mg 16%
Kalsium 64 mg 6.50%
Tembaga 0,362 mg 40%
Besi 0,90 mg 11%
Magnesium 54 mg 13%
Mangan 0,296 mg 13%
Fosfor 62 mg 9%
Seng 0,44 mg 4%
Beta karoten 89 mcg
Lutein-zeaxanthin 23 mcg
(Sumber: USDA National Nutrient Database)

Bukan hanya karena rasanya yang manis, namun ada faktor lain yang menyebabkan kurma lebih digemari, yakni karena ada banyak kandungan nutrisi yang terdapat pada buah kurma, kandungan nutrisi tersebut yakni sebagai berikut:
Zat gizi yang terdiri dari air, energi, protein, karbohidrat, serat, gula, lemak, lemak jenuh, MUFA, PUFA, dan kolesterol. Mineral yang terdiri dari kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, sodium, dan seng. Vitamin yang terdiri dari vitamin A, vitamin B1 atau tiamin, vitamin B2 atau riboflavin, vitamin B3 atau niasin, vitamin B5 atau asam pantotenat, vitamin B6 atau piridoxin, vitamin B9 atau folat, vitamin B12, vitamin c, vitamin E, dan vitamin K. Filonutrisi yang terdiri dari beta karoten. Beta kriptoxantin, lutein dan zeaxantin, serta likopen.

Manfaat Mengkonsumsi Buah Kurma Untuk Kesehatan

Keutamaan Makan Kurma yang Berkualitas


Dari berbagai macam-macam buah kurma dengan kandungan yang terkandung di dalamnya, maka ada banyak sekali khasiat serta manfaat dari mengkonsumsi buah kurma bagi kesehatan, yakni antara lain sebagai berikut:
Manfaat buah kurma yang lebih utama ialah seperti yang dijelaskan dalam sebuah hadits Rasulullah Saw:
“Barangsiapa mengkonsumsi tujuh butir kurma ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun ataupun sihir” (HR. Bukhari dan Muslim)
§   Dapat menjaga kesehatan tulang
§   Dapat melancarkan buang air kecil
§   Dapat mengatasi gangguan usus
§   Dapat mengatasi anemia
§   Dapat mengatasi alergi
§   Dapat menaikkan berat badan
§   Dapat menjaga kesehatan sistem syaraf
§   Dapat menambah stamina
§   Dapat menjaga kesehatan jantung
§   Dapat baik untuk kesehatan mata
§   Dapat mengobati radang (radang tenggorokan dan lainnya)
§   Dapat mengatasi mabuk dan mengatasi pusing yang dikarenakan mabuk
§   Dapat mengobati diare
§   Dapat mencegah kanker
§   Dapat menaikan trombosit darah dan mencegah penggumpalan darah
§   Dapat membantu proses pemulihan penyakit demam berdarah
§   Dapat menghindari rematik
§   Dapat menjadi sumber energy
§   Dapat meningkatkan daya ingat serta kerja otak
§   Dapat mencegah terjadinya dehidrasi
§   Dapat mengatasi kelemahan seksual.
§   Dapat mencegah terjadinya insomnia.
§   Memperkuat system pertahanan dan kekebalan tubuh
§   Manfaat Kurma Bagi Ibu Hamil
§   Adapun khasiat buah kurma yang perlu dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil, yakni sebagai berikut.
§   Dapat melancarkan ASI
§   Dapat menambah kekuatan saat proses persalinan berlangsung
§   Dapat memperlancar proses persalinan
§   Dapat memulihkan tenaga setelah melahirkan
§   Dapat membantu penbentukan tulang dan gigi pada perkembangan janin.
§   Dapat mendukung tumbuh kembang ibu dan janin
§   Jika dimakan secara teratur, menunjukkan tingkat kejadian yang sangat rendah dari kanker dan penyakit jantung.
§   Buah kurma kaya serat yang mencegah penyerapan kolesterol LDL dalam usus. Kandungan serat kurma juga membantu melindungi selaput lendir usus dengan mengurangi paparan dan mengikat bahan kimia yang menyebabkan kanker usus besar.
§   Sebagai makanan laksatif (laxative food), kurma bermanfaat melancarkan buang air besar dan mencegah konstipasi.
§   Kurma mengandung antioksidan yang dikenal sebagai tanin. Tanin diketahui bersifat anti-infeksi, anti-inflamasi dan anti-hemoragik.
§   Kurma adalah sumber vitamin A, yang dikenal memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk kesehatan mata. Vitamin A juga diperlukan menjaga kulit tetap sehat. Konsumsi buah-buahan alami yang kaya akan vitamin A diketahui membantu melindungi dari kanker paru-paru dan rongga mulut.
§   Kurma merupakan sumber zat besi yang sangat baik. Besi adalah komponen dari hemoglobin di dalam sel darah merah yang menentukan daya dukung oksigen darah.
§   Kalium dalam kurma adalah komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah, sehingga memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung koroner dan stroke.
§   Kalsium merupakan mineral penting dalam pembentukan tulang dan gigi, dan dibutuhkan oleh tubuh untuk kontraksi otot, penggumpalan darah dan konduksi impuls saraf.
§   Mangan digunakan oleh tubuh sebagai unsur pendukung untuk enzim antioksidan superoksida dismutase.
§   Tembaga diperlukan dalam produksi sel darah merah.
§   Magnesium sangat penting bagi pertumbuhan tulang.
§   Kurma kaya akan vitamin K dan vitamin B-kompleks, yaitu piridoksin (vitamin B-6), niacin, asam pantotenat dan riboflavin. Vitamin ini membantu tubuh dalam metabolisme karbohidrat, protein dan lemak. Vitamin K sangat penting dalam pembekuan darah dan metabolisme tulang.

Macam ragam jenis kurma
Ada ratusan jenis Kurma di dunia, di Arab Saudi saja ada lebih 400 jenis buah Kurma, ini belum termasuk wilayah Mesir, Irak, dan beberapa tempat lainnya. 

Macam ragam jenis kurma

Macam ragam jenis kurma


Lantas, jenis Kurma apa saja yang paling populer di dunia? berikut ulasannya.
1.  Jenis Kurma Ajwa
Banyak orang menyebut jenis buah Kurma yang berwarna gelap dengan tekstur lembut ini dengan sebutan ” Kurma Nabi “, karena Kurma Ajwa ini adalah jenis buah Kurma favorit nabi besar umat Islam yaitu Nabi Muhammad SAW.
Jenis buah Kurma ini hanya bisa tumbuh di kota Madinah, Arab Saudi. Sedangkan citarasanya tidak terlalu manis mirip seperti kismis.

Keutamaan Makan Kurma yang Berkualitas

2.  Jenis Buah Kurma Barhi
Bentuk jenis Kurma ini hampir silinder dengan warna kuning terang, sedangkan citarasanya kurang lebih sama dengan jenis buah Kurma lainnya yaitu manis. Kelebihan jenis buah Kurma yang satu ini yaitu bisa dibekukan dan disimpan selama berbulan-bulan.

Keutamaan Makan Kurma yang Berkualitas
3.  Jenis Buah Kurma Kholas
Bentuk buah Kurma ini mirip dengan buah Kurma Barhi dengan warna cokelat terang dan agak lengket. Sedangkan citarasanya mirip dengan Karamel ketika sudah matang. Buah Kurma ini cukup terkenal di Arab Saudi sana, karena mempunyai tekstur yang empuk dengan rasa yang tidak terlalu manis.


4.  Jenis Kurma Khidri
Jenis buah Kurma ini memiliki warna cokelat terang dengan tekstur agak kering dan kulitnya agak keriput dengan rasa yang manis. Jenis buah Kurma ini adalah salah satu jenis buah Kurma yang paling banyak diekspor ke luar negeri.

Keutamaan Makan Kurma yang Berkualitas

5.  Jenis Buah Kurma Maktoom
Kalau jenis buah Kurma yang satu ini berbentuk agak besar dengan warna merah agak kecokelatan. Kulitnya juga tebal dengan rasa yang cukup manis dan teksturnya juga agak lembut.

Keutamaan Makan Kurma yang Berkualitas
6.  Jenis Buah Kurma Majol
Kalau jenis Kurma ini mengandung banyak air dengan bentuk agak besar, sedangkan citararanya cukup manis. Jenis buah Kurma ini berasal dari negara Maroko, tapi bisa juga tumbuh di negara Arab Saudi, Amerika Serikat, Palestina, Israel, dan Jordan.

Keutamaan Makan Kurma yang Berkualitas

7.  Jenis Kurma Mozafati
Sebagian besar jenis buah Kurma ini tumbuh di Kerman, Iran. Buah Kurma yang juga sering disebut ” Kurma Bam “ ini memiliki warna gelap dengan tekstur lembut, berukuran sedang, dan memiliki rasa yang manis.
Biasanya, Kurma yang satu ini dikomsumsi saat masih segar, tapi bisa juga disimpan hingga 2 tahun di tempat penyimpanan yang memiliki suhu -5 derajat celcius.

Keutamaan Makan Kurma yang Berkualitas

8.  Jenis Buah Kurma Sekki
Jenis buah Kurma ini memiliki warna dan tekstur yang cukup unik yaitu dibagian atasnya berwarna agak kekuning-kuningan, sedangkan bagian bawahnya berwarna agak kecokelat-cokelatan.
Pada bagian yang berwarna kuning tersebut bertekstur agak keras. Sedangkan dibagian yang berwarna cokelat, teksturnya lebih lembut dan kenyal. Sedangkan rasa manisnya termasuk kategori sedang.

Keutamaan Makan Kurma yang Berkualitas

9.  Jenis Buah Kurma Thoory
Jenis Kurma yang satu ini sangat populer di negara Aljazair. Jenis buah Kurma yang juga sering disebut ” Kurma Thuri “ ini memiliki warna cokelat agak kemerah-merahan. Tapi, saat sudah diawetkan warnanya berubah menjadi agak kebiru-biruan dengan kulit yang keriput.

Keutamaan Makan Kurma yang Berkualitas

10.Jenis Kurma Sokari
Jenis buah Kurma ini memiliki tekstur lembut dan kenyal dengan warna cokelat gelap. Kurma ini berasal dari negara Arab Saudi dan termasuk salah satu jenis buah Kurma termahal di dunia. Hal karena, kurma ini dipercaya memiliki banyak mamfaat bagi kesehatan.

Keutamaan Makan Kurma yang Berkualitas

11.Jenis Buah Kurma Anbara
Jenis buah Kurma ini berukuran cukup besar dengan daging tebal dan biji kecil. Kurma ini termasuk salah satu jenis buah Kurma yang cukup mahal, karena selain rasanya yang manis, Kurma berwarna cokelat ini juga kaya akan protein.

Keutamaan Makan Kurma yang Berkualitas

12.Jenis Buah Kurma Safawi
Jenis Kurma ini berwarna hitam, dan memiliki daging yang tebal, serta memiliki banyak vitamin. Makanya, jenis buah Kurma yang satu dipercaya memiliki banyak mamfaat bagi kesehatan, salah satunya bisa membunuh cacing di dalam perut.
Selain itu, Kurma ini juga dikenal memiliki banyak kandungan mineral dan juga memiliki sifat penyembuhan. Jenis buah Kurma ini banyak dibudidayakan di kota Madinah.

13.Jenis Kurma Saghai
Jenis buah Kurma yang satu ini biasanya banyak dibudidayakan di Riyadh. Warnanya cokelat dan agak kuning dibagian ujungnya, kulitnya agak keriput tapi tidak sampai mengelupas.


14.Jenis Buah Kurma Amer Hajj
Buah Kurma ini berasal dari Irak dan sering disebut oleh penduduk setempat dengan sebutan ” the visitor’s date “, karena sering disajikan untuk menyambut tamu yang datang ke rumah mereka. Teksturnya lembut dengan kulit tipis dan daging tebal.
Keutamaan Makan Kurma yang Berkualitas

15.Jenis Buah Kurma Zaghloul
Bentuk jenis Kurma ini panjang mirip seperti buah melinjo dengan warna merah tua. Jenis buah Kurma yang banyak ditemukan di negara Mesir ini dikenal banyak mengandung gula dan harganya pun cukup mahal.

Keutamaan Makan Kurma yang Berkualitas
16.  Jenis Kurma Deglet Noor
Jenis buah Kurma yang satu ini populer di negara Libya, Algeria, Tunisia, dan Amerika Serikat. Nama Kurma ini berarti ” cahaya “ sesuai dengan ciri warnanya yang mirip sinar matahari yaitu kuning keemasan. Sedangnya rasa manisnya termasuk kategori sedang.

17.Jenis Buah Kurma Khalasah
Jenis buah Kurma yang satu ini populer di negara Arab Saudi, karena tingkat kemanisan termasuk kategori sedang, sehingga cukup disukai oleh masyarakat di Arab Saudi sana. Jenis buah Kurma ini banyak tumbuh di bagian timur Arab Saudi.


Keutamaan Makan Kurma yang Berkualitas




Pageviews Artcle

Rekomendasi Unuk Anda Baca

9 Prinsip Aqidah Ahlus Sunnah Wal-Jama'ah

Education and Knowledge Update   Apa Saja Yang Termasuk 9 Prinsip Aqidah Ahlus Sunnah Wal-Jama'ah itu ? Sahabatku beriku...

Comments
Comments