Search here

19 Des 2017

Prinsip Pelaksanaan KTSP

Dalam pelaksanaan kurikulum di SD Negeri Kota Depok menggunakan prinsip-prinsip sebagai berikut.
1. Pelaksanaan kurikulum didasarkan pada potensi, perkembangan dan kondisi peserta didik untuk menguasai kompetensi yang berguna bagi dirinya. Peserta didik harus mendapatkan pelayanan pendidikan yang bermutu, serta memperoleh kesempatan untuk mengekspresikan dirinya  secara bebas, dinamis dan menyenangkan.
2.  Kurikulum dilaksanakan dengan menegakkan kelima pilar belajar, yaitu: (1) belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, (2) belajar untuk memahami dan menghayati, (3) belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif, (4) belajar untuk hidup bersama dan berguna bagi orang lain, dan (5) belajar untuk membangun dan menemukan jati diri, melalui proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM).


3.   Pelaksanaan kurikulum memungkinkan peserta didik mendapat pelayanan yang bersifat perbaikan, pengayaan, dan/atau percepatan sesuai dengan potensi, tahap perkembangan, dan kondisi peserta didik dengan tetap memperhatikan keterpaduan pengembangan pribadi peserta didik yang berdimensi ke-Tuhanan, keindividuan, kesosialan, dan moral.
4.     Kurikulum dilaksanakan dalam suasana hubungan peserta didik dan pendidik yang saling menerima dan menghargai, akrab, terbuka, dan hangat, dengan prinsip tut wuri handayani, ing madia mangun karsa, ing ngarsa sung tulada (di belakang memberikan daya dan kekuatan, di tengah membangun semangat dan prakarsa, di depan memberikan contoh dan teladan).
5.    Kurikulum dilaksanakan menggunakan pendekatan multi strategi dan multimedia, sumber belajar dan teknologi yang memadai, dan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar, dengan prinsip alam takambang jadi guru (semua yang terjadi, tergelar dan berkembang di masyarakat dan lingkungan sekitar serta lingkungan alam semesta dijadikan sumber belajar, contoh dan teladan).
6.    Kurikulum dilaksanakan dengan mendayagunakan kondisi alam, sosial dan budaya serta kekayaan daerah untuk keberhasilan pendidikan dengan muatan seluruh bahan kajian secara optimal.
7.    Kurikulum yang mencakup seluruh komponen kompetensi mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri diselenggarakan dalam keseimbangan, keterkaitan, kesinambungan, cocok dan memadai antar kelas dan jenis serta jenjang pendidikan.
Tabel 1  : Kelompok mata pelajaran dan cakupan Alokasi Waktu


Komponen Alokasi Waktu / Minggu
Kelas
A Mata Pelajaran 1 2 3 4 5 6
Pendidikan Agama dan akhlak mulia TEMATIK TEMATIK TEMATIK TEMATIK 3 3
Pendidikan Kewarganegaraan dan Budi Pekerti 2 2
Bahasa Indonesia 5 5
Matematika 5 5
Ilmu Pengetahuan Alam 4 4
Ilmu Pengetahuan Sosial 3 3
Seni Budaya dan Keterampilan 4 4
Penjas, Orkes 4 4
B Mulok
a. Seni dan Sastra Sunda 2 2
Bahasa Inggris 2 2
JUMLAH 26 27 28 34 34 34
C Pengembangan Diri 2*) 2*) 2*) 2*) 2*) 2*)
D Pembiasaan 2*) 2*) 2*) 2*) 2*) 2*)

Baca juga:  Layanan Bimbingan Psiko-Edukatif di Sekolah

Selanjutnya silahkan Klik Kembali <Back> untuk menuju Label Curriculum (Kurikulum) dan “Klik Sitemap” pada bilah atas yang sudah disediakan semoga menemukan apa yang anda cari dari situs Abah Opar and terima kasih sudah berkunjung "good luck"

Pageviews Artcle

Rekomendasi Unuk Anda Baca

9 Prinsip Aqidah Ahlus Sunnah Wal-Jama'ah

Education and Knowledge Update   Apa Saja Yang Termasuk 9 Prinsip Aqidah Ahlus Sunnah Wal-Jama'ah itu ? Sahabatku beriku...

Comments
Comments