B.1.8. Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani,
Olahraga dan Kesehatan
a. Tujuan
Penjas,
olah raga, dan kesehatan bertujuan agar peserta didik memiliki
kemampuan sebagai berikut.
1) Mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangkan dan
pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai
aktivitas jasmani dan olah raga yang terpilih
2) Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik
3) Meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar
4) Meletakan landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi
nilai-nilai yang terkandung di dalam pendidikan jasmani,olah raga dan kesehatan
5) Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggung jawab, bekerja
sama, percaya diri, dan demokratis
6) Mengembangkan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang
lain, dan lingkungan
7) Memahami konsep aktivitas jasmani dan olah raga di lingkungan bersih
sebagai informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup
sehat dan kebugaran, terampil, serta memiliki sikap yang positif
b.
Ruang Lingkup
Mata
pelajaran Pendidikan jasmani, olah raga dan kesehatan meliputi
aspek-aspek sebagai berikut.
1) Permainan dan olah raga meliputi olah raga tradisional, permainan
eksplorasi gerak, keterampilan lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif,
atletik, kasti, roundes, kipperes, sepak bola, bola
basket, bola voli, tenis meja, tenis lapangan, bulu tangkis, dan bela diri
serta aktivitas lainnya
2) Aktivitas pengembangan meliputi mekanika sikap tubuh komponen kebugaran
jasmani dan bentuk postur tubuh serta aktivitas lainnya
3) Aktivitas senam meliputi ketangkasan sederhana, ketangkasan tanpa alat,
ketangkasan dengan alat, senam lantai, serta aktivitas lainnya
4) Aktivitas ritmik meliputi gerak bebas, senam pagi, SKJ, dan senam aerobik,
serta aktivitas lainnya
5) Aktivitas air meliputi : permainan di air, keselamatan air, keterampilan
bergerak di air, renang, dan aktivitas lainnya
6) Pendidikan luar kelas meliputi karya wisata, pengenalan lingkungan,
berkemah, menjelajah, dan mendaki gunung
7) Kesehatan meliputi penanaman budaya hidup sehat dalam kehidupan
sehari-hari, khususnya yang terkait dengan perawatan tubuh agar tetap sehat,
merawat lingkungan yang sehat, memilih makanan dan minuman yang sehat, mencegah
dan merawat cedera, mengatur waktu istirahat yang tepat dan berperan
aktif dalam kegiatan P 3 K dan UKS. Aspek kesehatan merupakan aspek tersendiri
dan secara inplisit masuk ke dalam semua aspek
c.
Standar Isi
Standar Isi SD Negeri
Cikumpa melalui lima tahap yang dilalui oleh peserta didik untuk menguasai
suatu pengetahuan, yaitu tahah pre-struktural, uni-struktural,
multi-struktural, relasional dan abstrak yang diperluas dimana Tahap surface
knowledge diperoleh pada Tingkat Pendidikan Dasar untuk Sekolah Dasar
Cikumpa. Kemudian kompetensi yang bersifat generik terdiri atas 4
(empat) dimensi yang merepresentasikan sikap spiritual, sikap sosial,
pengetahuan, dan keterampilan, yang selanjutnya disebut Kompetensi Inti (KI) di
rancang sesuai dengan kurikulum Nasional berdasarkan Kompelasi terhadap kompetensi
yang sebagai acuan.
Tingkat Kompetensi dan
ruang lingkup materi diterapkan untuk setiap muatan sebagaimana diatur dalam
Pasal 77I ayat (1), Pasal 77C ayat (1), dan Pasal 77K ayat (2), ayat (4) dan
ayat (5) Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013. Kelengkapan
Standar isi dapat dilihat dalam Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 yang
telah dikodifikasikan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Sekolah Dasar Negeri Cikumpa yang merupakan satu kesatuan ide masing-masing mata pelajaran dimuat dalam tabel-tabel berikut :
Pendidikan Jasmani
Olahraga dan Kesehatan
Kelas I (Satu)
KOMPETENSI INTI | KOMPETENSI DASAR |
---|---|
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya | 1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai |
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru | 2.1 Menunjukkan perilaku percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan |
2.2 Menunjukkan perilaku santun kepada teman dan guru selama pembelajaran penjas | |
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah | 3.1 Mengetahui bagian-bagian tubuh manusia dan kegunaannya |
3.2 Mengetahui dampak jangka pendek melakukan aktivitas fisik | |
3.3 Memahami pengertian pola gerak dasar seperti gerak lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif | |
3.4 Mengetahui cara menjaga kebersihan diri yang meliputi kebersihan badan, kuku, kulit, gigi, rambut, hidung, telinga, tangan dan kaki serta pakaian | |
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia | 4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak (seperti konsep: tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional |
4.2 Mempraktikkan pola gerak dasar non- lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional | |
4.3 Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional | |
4.4 Mempraktikkan aktivitas jasmani untuk keseimbangan dan kelincahan tubuh melalui permainan sederhana | |
4.5 Mempraktikkan berbagai pola gerak dominan dalam senam (seperti menolak, mendarat, lokomotor, berputar, dan mengayun) dan berbagai pola gerak dominan posisi statis (misalnya; tumpu lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, berdiri dengan salah satu kaki) | |
4.6 Mempraktikkan pola gerak dasar senam sederhana menggunakan pola lokomotor dan non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik | |
4.6 Mempraktikkan berbagai bentuk permainan pengenalan air | |
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan | |
Kelas II (Dua) | |
KOMPETENSI INTI | KOMPETENSI DASAR |
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya | 1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai |
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru | 2.1 Menunjukkan kerjasama, percaya diri dan berani dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan |
2.2 Menunjukkan perilaku santun kepada teman dan guru selama pembelajaran penjas | |
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah | 3.1 Memahami manfaat pemanasan dan pendinginan sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik |
3.2 Memahami dan mempratikkan posisi tubuh (duduk, berdiri, membaca, berjalan) yang benar | |
3.3 Memahami dan mempraktikkan cara menjaga kebersihan kelas (seperti; piket membersihkan lingkungan kelas, papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah) | |
3.4 Mengetahui apa yang dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik | |
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia | 4.1 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional |
4.2 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar non- lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional | |
4.3 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional | |
4.4 Mempraktikkan aktivitas jasmani untuk pengembangan kecepatan, kelenturan melalui permainan sederhana | |
4.5 Mempraktikkan aktivitas jasmani untuk pengembangan kecepatan, kelenturan dan kekuatan melalui permainan | |
4.6 Mempraktikkan variasi pola gerak dominan dalam senam (seperti menolak, mendarat, lokomotor, berputar, dan mengayun) dan pola gerak dominan posisi statis (misalnya; tumpu lengan depan/belakang/ samping, bergantung pada palang, sikap kapal terbang, berdiri dengan salah satu kaki) | |
4.7 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar menggunakan pola lokomotor dan non- lokomotor yang dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik | |
4.8 Mempraktikkan berbagai gerak dasar pengenalan aktivitas air dan keselamatan di air, terutama yang berhubungan dengan gerakan kaki, tangan dan tubuh pada saat di air* | |
4.9 Mempraktikkan pengembangan berbagai aktivitas gerak lokomotor di dalam air dan permainan dengan menggunakan alat di air* | |
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan | |
Kelas III (Tiga) | |
KOMPETENSI INTI | KOMPETENSI DASAR |
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya | 1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai |
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tatangganya | 2.1 Menunjukkan kerjasama, percaya diri, dan berani dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan |
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah | 3.1 Mengetahui kebutuhan tidur dan istirahat untuk menjaga kesehatan |
3.2 Mengetahui penggunaan waktu luang untuk kegiatan yang bermanfaat bagi kesehatan | |
3.3 Mengetahui pemanfaatan pakaian dan atribut yang sesuai untuk jenis aktivitas fisik yang diikuti | |
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia | 4.1 Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional |
4.2 Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional | |
4.3 Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional | |
4.4 Mempraktikkan aktivitas jasmani untuk pengembangan koordinasi, ketepatan dan daya tahan statis tubuh melalui permainan sederhana | |
4.5 Mempraktikkan aktivitas jasmani untuk pengembangan kekuatan dan daya tahan statis tubuh melalui permainan yang lebih kompleks baik secara individu maupun berpasangan | |
4.6 Mempraktikkan kombinasi pola gerak dominan dalam senam (seperti lompat kangkang, lompat jongkok, roll depan) dan kombinasi pola gerak dominan posisi statis dengan pola gerak lainnya(seperti: sikap kapal terbang - roll atau sebaliknya) | |
4.7 Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar aktivitas ritmik lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif dengan alat sederhana yang dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik | |
4.8 Mempraktikkan gerak dasar keselamatan, seperti; gerakan kaki, gerak lengan dan tangan, gerakan kaki dan tungkai di dalam air, seluruh badan berada di bawah permukaan air, menahan napas di air | |
4.9 Mempraktikkan gerak dasar water trappen (berdiri mengambang di air) | |
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan | |
Kelas IV (Empat) | |
KOMPETENSI INTI | KOMPETENSI DASAR |
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya | 1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai |
1.2 Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta | |
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya | 2.1 Menunjukkan disiplin, kerjasama, toleransi, belajar menerima kekalahan dan kemenangan, sportif dan tanggungjawab, menghargai perbedaan |
2.2 Menunjukkan perilaku santun kepada teman, guru dan lingkungan sekolah selama pembelajaran penjas | |
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain | 3.1 Memahami tinggi dan berat badan ideal dan pengaruhnya terhadap pertubuhan dan perkembangan |
3.2 Memahami pengaruh aktivitas fisik dan istirahat terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh | |
3.3 Memahami gizi dan menu seimbang dalam menjaga kesehatan tubuh | |
3.4 Memahami jenis cidera dan mampu melakukan penanggulangan sederhana selama melakukan aktivitas fisik | |
4. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain | 4.1 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar untuk membentuk gerakan dasar atletik jalan dan lari yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan atau tradisional |
4.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola kecil yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil | |
4.3 Mempraktikkan berbagai aktivitas kebugaran jasmani untuk mencapai tinggi dan berat badan ideal | |
4.4 Mempraktikkan kombinasi pola gerak dominan untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam (seperti: hand stand, kayang, dsb) dan kombinasi pola gerak dominan posisi statis dan dinamis, tumpuan dan gantungan (misalnya: gerak hand stand berpasangan) secara berpasangan | |
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan | |
Kelas V (Lima) | |
Semester 1 | |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
1. Mempraktikkan berbagai variasi gerak dasar ke dalam permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya | 1.1 Mempraktikkan variasi gerak dasar ke dalam modifikasi permainan bola kecil, serta nilai kerjasama, sportivitas, dan kejujuran**) |
1.2 Mempraktikkan variasi gerak dasar ke dalam modifikasi permainan bola besar, serta nilai kerjasama, sportivitas, dan kejujuran**) | |
1.3 Mempraktikkan variasi gerak dasar ke dalam modifikasi atletik, serta nilai semangat, sportivitas, percaya diri dan kejujuran**) | |
2. Mempraktikkan latihan dasar kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya | 2.1 Mempraktikkan aktivitas untuk kekuatan otot-otot anggota badan bagian atas, serta nilai kerja keras, disiplin, kerjasama, dan kejujuran |
2.2 Mempraktikkan aktivitas untuk kecepatan dan kualitas gerak yang meningkat, serta nilai kerja keras, disiplin, kerjasama, dan kejujuran | |
3. Mempraktikkan berbagai bentuk senam ketangkasan dengan kontrol yang baik, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya | 3.1 Mempraktikkan latihan peregangan dan pelemasan yang benar sebelum memulai aktivitas senam,serta nilai percaya diri, dan disiplin |
3.2 Mempraktikkan bentuk-bentuk senam ketangkasan dalam meningkatkan koordinasi dan nilai nilai percaya diri dan disiplin | |
4. Mempraktikkan berbagai gerak dasar dalam gerak ritmik, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya | 4.1 Mempraktikkan pola jalan, lari dan lompat dalam gerak ritmik, serta nilai kerjasama, percaya diri, dan disiplin |
4.2 Mempraktikkan kombinasi pola gerak jalan, lari dan lompat dalam gerak ritmik, serta nilai kerjasama, percaya diri, dan disiplin | |
5. Menerapkan budaya hidup sehat | 5.1 Mengenal cara menjaga kebersihan alat reproduksi |
5.2 Mengenal berbagai bentuk pelecehan seksual | |
5.3 Mengenal cara menjaga diri dari pelecehan seksual | |
Semester 2 | |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
6. Mempraktikkan berbagai variasi gerak dasar ke dalam permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya | 6.1 Mempraktikkan variasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga bola besar, serta nilai kerja sama, sportivitas, dan kejujuran**) |
6.2 Mempraktikkan variasi teknik dasar ke dalam modifikasi permainan bola kecil, serta nilai kerja sama, sportivitas, dan kejujuran**) | |
6.3 Mempraktikkan variasi teknik dasar atletik yang dimodifikasi, serta nilai semangat, sportivitas, kerjasama, percaya diri dan kejujuran**) | |
7. Mempraktikkan latihan dasar kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya | 7.1 Mempraktikkan aktivitas untuk kekuatan otot-otot anggota badan bagian bawah, serta nilai kerja keras, disiplin, kerjasama, dan kejujuran |
7.2 Mempraktikkan aktivitas untuk kelincahan dengan kualitas gerak yang meningkat , serta nilai kerja keras, disiplin, kerjasama, dan kejujuran | |
8. Mempraktikkan berbagai bentuk senam ketangkasan dengan koordinasi yang baik, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya | 8.1 Mempraktikkan sebuah rangkaian gerak senam ketangkasan dengan konsisten, tepat, dan koordinasil yang baik, serta nilai keselamatan, disiplin, dan keberanian |
8.2 Mempraktikkan bentuk-bentuk rangkaian gerak senam ketangkasan dengan koordinasi dan kontrol yang baik, serta nilai keselamatan, disiplin, dan keberanian | |
9. Mempraktikkan kombinasi berbagai gerak dasar dalam gerak berirama dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya | 9.1 Mempraktikkan kombinasi pola gerak mengayun, menarik, menekuk, meliuk, memutar dalam gerak berirama , serta nilai kerja sama, percaya diri, dan disiplin |
9.2 Mempraktikkan satu pola gerak berirama terstruktur dengan konsisten dan lancar serta nilai kerjasama, percaya diri, dan disiplin | |
10. Mempraktikkan gerak dasar renang gaya punggung, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya*) | 10.1 Mempraktikkan gerak dasar renang gaya punggung: meluncur, menggerakkan tungkai, menggerakkan lengan, serta nilai kebersihan, keberanian dan percaya diri |
10.2 Mempraktikkan kombinasi gerakan lengan dan tungkai renang gaya punggung, serta nilai keberanian dan percaya diri | |
11. Mempraktikkan penjelajahan di linkungan sekitar sekolah, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya***) | 11.1 Mempraktikkan pembuatan rencana kegiatan penjelajahan |
11.2 Mempraktikkan berbagai keterampilan gerak dalam kegiatan penjelajahan di lingkungan sekolah yang sehat, serta nilai kerjasama, disiplin, keselamatan, kebersihan, dan etika | |
12. Menerapkan budaya hidup sehat | 12.1 Mengenal bahaya merokok bagi kesehatan |
12.2 Mengenal bahaya miruman keras | |
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan | |
Kelas VI (Enam) | |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
a. Mempraktikkan berbagai gerak dasar permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya | 1.1 Mempraktikkan gerak dasar salah satu permainan bola kecil dengan koordinasi dan kontrol yang baik dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama, sportivitas, dan kejujuran**) |
1.2 Mempraktikkan gerak dasar salah satu permaian bola besar dengan koordinasi dan kontrol yang baik dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama, sportivitas, dan kejujuran**) | |
1.3 Mempraktikkan koordinasi gerak dasar dalam teknik lari, lempar dan lompat dengan peraturan yangdimodifikasi, serta nilai semangat, sportivitas, percaya diri dan kejujuran | |
2. Mempraktikkan latihan peningkatan kualitas jasmani (komponen kebugaran jasmani), dan | 2.1 Mengidentifikasi anggota tubuh yang perlu dilatih untuk memperbaiki postur |
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya | 2.2 Mempraktikkan berbagai latihan untuk memperbaiki cacat jasmani bukan bawaan, serta nilai keselamatan, disiplin, dan kerja keras |
2.3 Mempraktikkan jenis latihan yang sesuai untuk mempertahankan dan memperbaiki postur tubuh, serta nilai keselamatan, disiplin, kerjakeras | |
3. Mempraktikkan kombinasi senam lantai dan senam ketangkasan dalam bentuk sederhana, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya | 3.1 Mempraktikkan pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah melaksanakan aktivitas senam |
3.2 Mempraktikkan rangkaian senam lantai dan senam ketangkasan dengan gerakan yang lebih halus, jelas dan lancar, serta nilai percaya diri, disiplin dan estetika | |
4. Mempraktikkan rangkaian gerak ritmik sederhana berpasangan, dan beregu, serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya | 4.1 Mempraktikkan rangkaian gerak ritmik sederhana menggunakan gerak jalan dan lompat secara berpasangan, serta nilai kerja sama, disiplin dan estetika |
4.2 Mempraktikkan rangkaian gerak ritmik sederhana beregu dengan kompak, serta nilai kerjasama, disiplin dan estetika | |
5. Menerapkan budaya hidup sehat | 5.1 Mengenal bahaya narkoba |
5.2 Mengenal cara menghindari bahaya narkoba | |
Semester 2 | |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
6. Mempraktikkan berbagai gerak dasar ke dalam permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya | 6.1 Mempraktikkan penerapan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga bola besar dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerja sama, sportivitas dan kejujuran**) |
6.2 Mempraktikkan penerapan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga bola kecil dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerja sama, sportivitas dan kejujuran**) | |
6.3 Mempraktikkan pengembangan koordinasi beberapa nomor teknik dasar atletik dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai sportivitas, percaya diri dan kejujuran**) | |
7.Mempraktikkan latihan peningkatan kualitas kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya | 7.1 Mempraktikkan sikap hidup sehat untuk memelihara kondisi kesehatan |
7.2 Mempraktikkan peregangan otot dan pelemasan persendian dengan baik sebelum latihan, serta nilai disiplin. | |
7.3 Mempraktikkan aktivitas kondisi fisik secara terencana dan sungguh sungguh | |
7.4 Mempraktikkan aktivitas secara berkelanjuatan dalam rangka meningkatkan kebugaran , serta nilai keselamatan, disiplin dan kerja keras | |
8. Mempraktikkan kombinasi senam lantai dan senam ketangkasan dalam bentuk sederhana, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya | 8.1 Mempraktikkan kombinasi gerak senam lantai dan senam ketangkasan dengan konsisten, dan kontrol yang baik, serta nilai keselamatan,disiplin, dan kerjasama |
8.2 Mempraktikkan kombinasi bentuk-bentuk senam lantai dan senam ketangkasan dengan koordinasi, dan kontrol yang baik, serta nilai keselamatan, disiplin, dan kerjasama | |
9. Mempraktikkan rangkaian gerak ritmik sederhana secara berpasangan maupun beregu, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya | 9.1 Mempraktikkan gerak ritmik sederhana di tempat dengan gerakan membungkuk, menekuk maupun meliuk secara berpasangan dan beregu, serta nilai kerja sama, disiplin, dan estetika |
9.2 Mempraktikkan kombinasi gerak ritmik sederhana dengan jalan dan lompat secara berpasangan dan beregu, serta nilai kerja sama, disiplin, dan estetika | |
10. Mempraktikkan gerak dasar salah satu gaya renang dengan koordinasi gerak yang baik, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya) | 10.1 Mempraktikkan gerak dasar meluncur, menggerakkan tungkai maupun lengan renang gaya dada dengan koordinasi gerak yang lebih baik serta nilai keberanian, disiplin, dan kebersihan |
10.2 Mempraktikkan cara bernapas salah satu gaya renang, serta nilai keberanian, disiplin, dan kebersihan | |
10.3 Mempraktikkan kombinasi gerakan lengan dan tungkai dalam renang gaya dada, serta nilai keberanian dan disiplin | |
10.4 Mempraktikkan dasar-dasar keselamatan di air | |
11. Mempraktikkan penjelajahan dan perkemahan di alam bebas, serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya) | 11.1 Mempraktikkan aktivitas penjelajahan di alam bebas secara sederhana, serta nilai kerja sama, tanggung jawab, disiplin, dan keselamatan |
11.2 Mempraktikkan pemasangan kemah bersama, serta nilai kerja sama, tanggung jawab, disiplin, dan keselamatan | |
12. Menerapkan budaya hidup sehat | 12.1 Mengenal cara menolak ajakan menggunakan narkoba |
12.2 Mengenal cara menolak perlakuan pelecehan seksual | |
B.1.9 Seni dan Sastra Sunda | |
1.2. Bahasa dan Sastra Sunda | |
Kelas IV Semester 1 | |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
1. Menyimak (Ngaregepkeun) | 4.1.1 Menyimak carita pondok. |
Standar Kompetensi: Mampu menyimak, memahami, dan menanggapi berbagai jenis wacana lisan berupa carita pondok, guguritan, dan pengumuman (bewara). | 4.1.2 Menyimak pembacaan puisi guguritan. |
4.1.3 Menyimak pengumuman | |
(wawaran) | |
2. Berbicara (Nyarita) | 4.2.1 Bercerita tentang kegemaran. |
4.2 Standar Kompetensi: | 4.2.2 Menceritakan benda di lingkungan |
Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara lisan dalam bercerita (ngadongeng), menceritakan benda di lingkungan, menyampaikan permintaan, menegur (nyaram), memberi tanggapan, mengkritik atau memuji dengan alasan, menyebutkan dan menjelaskan, dan melakukanpaguneman. | |
4.2.3 Menyam-paikan permintaan | |
4.2.4 Menegur (nyaram) | |
4.2.5 Mengkritik atau memberikan pujian. | |
4.2.6 Melakukan percakapan (guneman) melalui telepon | |
3. Membaca (Maca) | 4.3.1 Membaca apresiasi |
4.3 Standar Kompetensi: | |
Mampu membaca, memahami, dan menanggapi berbagai bentuk dan jenis wacana tulis (teks) dengan membaca dalam hati, membaca apresiasi, membaca percakapan, melantunkan puisi, dan membaca cepat. | 4.3.2 Membaca teks percakapan. |
4.3.3 Melantun -kan pupuh. | |
4.3.4 Membaca | |
cepat. | |
4. Menulis (Nulis) | 4.4.1 Menulis Narasi |
4.4 Standar Kompetensi: | |
Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara tertulis dalam menulis narasi, menulis deskripsi, melaporkan, dan menulis kejadian faktual, dan menulis bewara(pengumuman). | 4.4.2 Menulis Deskripsi |
4.4.3 Menulis | |
laporan. | |
4.4.4 Menulis | |
faktual. | |
4.4.5 Menulis Pengumuman (wawaran) | |
Bahasa dan Sastra Sunda | |
Kelas : VSemester: 1/2 | |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
1. Menyimak (Ngaregepkeun) | 5.1.1. Menyimak penjelasan dari narasumber |
Standar Kompetensi: 5.1. Mampu menyimak, memahami danmenanggapi berbagai jenis wacana lisan yang berupapenjelasa dari narasumber, pesan melalui telepon dan pembacaan cerita pendek | 5.1.2 Menyimak pesan lewat tatap muka atau telepon dari mencatat isi pesan. |
5.1.3. Menyimak pembacaan cerita pendek) | |
2. Berbicara (Nyarita) | 5.2.1 Berwawancara dengan |
5.2 Standar Kompetensi: | narasumber. |
Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara lisan dalam menanggapi suatu persoalan, berwawancara, mendeskripsikan benda atau alat, menyampaikan pendapat, menyimpulkan isi dialog, memerankan drama pendek . | 5.2.2. Menyimpulkan isi dialog atau percakapan. |
Kompetensi Dasar 1 | |
5.2.3. Mendeskrip-sikan benda atau alat. | |
5.2.4 Menyampaikan pendapat tentang persoalan faktual | |
5.2.5 Memerankan | |
drama pendek | |
3. Membaca (Maca) | 4.3.1 Membaca apresiasi. |
4.3 Standar Kompetensi: | 4.3.4 Membaca teks percakapan. |
Mampu membaca, memahami, dan menanggapi berbagai bentuk dan jenis wacana tulis (teks) dengan membaca dalam hati, membaca apresiasi, membaca percakapan, melantunkan puisi, dan membaca cepat. | 4.3.5 Melantun -kan pupuh. |
4.3.4 Membaca cepat. | |
4. Menulis (Nulis) | 4.4.1 Menulis narasi. |
4.4 Standar Kompetensi: | 4.4.2 Menulis deskripsi. |
Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara tertulis dalam menulis narasi, menulis deskripsi, melaporkan, dan menulis kejadian faktual, dan menulis bewara(pengumuman). | 4.4.3 Menulis |
laporan. | |
4.4.4 Menulis | |
faktual. | |
4.4.5 Menulis Pengumuman (wawaran). | |
B.1.10 Bahasa Inggris | |
2.1 Bahasa Inggris SD/M | |
Kelas I Semester 1 | |
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
Mendengarkan | 1.1 Merespons dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima dalam konteks kelas |
1. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas | 1.2 Merespons instruksi sangat sederhana secara verbal dalam konteks kelas |
1.3 Mendengarkan kisah Islami dalam konteks kelas | |
1.4 Mendengarkan bunyi bahasa Inggris dalam kata dan ungkapan sederhana | |
Berbicara | 2.1 Barcakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur : mengenalkan diri, memberi salam perpisahan, dan member aba-aba |
Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas | 2.2 Bercakap-cakap untuk meminta/member jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur : meminta bantuan, meminta barang, dan memberi barang-barang |
2.3 Bercakap-cakap untuk meminta/member informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur : berterima kasih. Meminta maaf, memberi maaf, melarang, memuji, dan mengajak | |
2.4 Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan : thanks you, sorry, please, dan excuse me | |
2.5 Menunjukkan sikap setuju atau tidak setuju dengan menggunakan kalimat deklaratif secara sederhana dan berima | |
2.6 Mengenalkan diri sendiri kepada orang lain dengan menggunakan kata-kata perkenalan yang telah diajarkan | |
2.7 Mendeskripsikan benda-benda yang ada disekitar dan penampilan tubuh seseorang dengan bahasa yang sederhana | |
Membaca | 3.1 Membaca nyaring dengan melafalkan alphabet dan ungkapan yang tepat yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana |
3. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas | 3.2 Memahami kalimat dan pesan tertulis sangat sederhana |
3.2 Membangun kosa kata dasat untuk mempraktekkan kemampuan membaca yang baik | |
Menulis | 4.1 Mengeja kata-kata sederhana dengan ejaan yang sempurna |
4. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas | 4.2 Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima |
Kelas I, Semester 2 | |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan | 5.1 Merespons dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima dalam konteks kelas |
5. Memahami instruksi dan pernyataan sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas | 5.2 Merespons instruksi sangat sederhana secara verbal dalam konteks kelas |
5.3 Mendengarkan dan memasangkan kata dengan objek yang tepat | |
5.4 Memahami dan memberikan instruksi dalam bentuk kalimat pernyataan positif dan negative | |
Berbicara | 6.1 Mendeskripsikan dan membandingkan objek dan benda-benda pribadi dalam bahasa Inggrs |
6. Mempraktekkan percakapan bahasa Inggris dengan cara Tanya jawab tentang topic yang sedang dibahas | 6.2 Bertanya jawab dalam kalimat sederhana tentang benda, orang, jumlah, dan tempat |
6.3 Mengidentifikasi benda, orang, jumlah, dan tempat dalam kalimat sederhana | |
6.4 Membuat drama singkat dalam bahasa Inggris berdasarkan kisah yang disampaikan | |
Membaca | 7.1 Membaca nyaring dengan melafalkan alphabet dan ucapan yang tepat yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana |
7. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas | 7.2 Membaca kisah pendek Islami bacaan, ekspresi, dan bahasa tubuh yang sesuai. |
Menulis | 8.1 Mengeja kata-kata sederhana dengan ejaan yang sempurna |
8. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas | 8.2 Menceritakan kembali kisah pendek Islami dalam bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima |
Kelas II, Semester 1 | |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan | 1.1 Merespons dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima dalam konteks kelas |
1. Memahami dan melaksanakan instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas | 1.2 Merespons instruksi sangat sederhana secara verbal dalam konteks kelas |
Berbicara | 2.1 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur : kalimat pertanyaan |
2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas | 2.2 Bercakap-cakap dengan menggunakan kalimat dalam simple present |
Membaca | 3.1 Membaca nyaring dengan melafalkan alfabet dan ucapan yang tepat yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana dengan pelafalan, tekanan, dan intonasi yang sesuai |
3. Memahami tulisan deskriptif bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas dan bersamaan dengan gambar | 3.2 Memahami kalimat dan kalimat deskriptif sangat sederhana |
Menulis | 4.1 Mengeja kata-kata sederhana dengan ejaan yang sempurna |
4. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas | 4.2 Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima |
Kelas II, Semester 2 | |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan | 5.1 Memahami dan merespons kalimat permintaan sederhana dengan mnggunakan phrase Can I/you … please? |
5. Memahami dan merespons instruksi, pernyataan sangat sederhana, dan deskripsi dengan tindakan dalam konteks kelas | 5.2 Mengidentifikasi hobi dan olahraga yang disukai oleh orang lain setelah mendengarkan kalimat deskripsi singkat |
5.3 Memberikan jawaban singkat dalam kata ganti orang ketiga jamak | |
5.4 Menangkap maksud percakapan yang berhubungan dengan informasi pribadi yang disampaikan | |
Berbicara | 6.1 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima untuk meminta seseorang melakukan sesuatu dengan kalimat pernyataan yang sopan |
6. Membuat percakapn singkat dalam konteks kelas | 6.2 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima untuk menanyakan rasa suka dan tidak suka terhadap makanan, hewan, hobi dan jenis olahraga |
6.3 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima untuk menanyakan pertanyaan berhubungan dengan rasa suka dan tidak suka seseorang | |
Membaca | 7.1 Membaca nyaring dengan melafalkan alfabet dan ucapan yang tepat yang melibatkan kata permintaan dan memahami maksud permintaan dan memahami maksud permintaan yang diajukan dalam kalimat sangat sederhana |
7. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas | 7.2 Menangkap kalimat utama dalam teks dalam bentuk kalimat positif dan negative dalam konteks kata ganti orang ketiga tunggal |
7.3 Membaca dan memahami teks yang lebih panjang | |
7.4 Memahami isi teks dengan sempurna yang berisikan informasi seseorang | |
Menulis | 8.1 Membentuk dan menulis kalimat permintaan sederhana dengan menggunakan modal “can” |
8. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam bentuk simple presentdalam konteks kelas | 8.2 Menuliskan data pribadi sederhana tentang rasa suka dan tidak suka |
8.3 Membuat kalimat affirmatif, interogatif, dan negative dalam bentuk present tense | |
8.4 Mengulang dan menceritakan kembali kisah bergambar dengan bahasa yang sederhana | |
Kelas III, Semester 1 | |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan | 1.1 Memahami percakapan dalam bentuk kata ganti orang pertama tunggal untuk memahami instruksi dan petunjuk sederhana yang diberikan |
1. Memahami percakapan sangat sederhana berisi instruksi singkat dengan tindakan dalam konteks kelas | 1.2 Mendengarkan dan memahami instruksi sederhana dalam bahasa Inggris untuk melebelkan gambar dengan angka ordinal yang tepat dan untuk mendeskripsikan seseorang |
Berbicara | 2.1 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur : mengenalkan diri kepada orang lain, menceritakan tugas dan aktivitas rutin, serta memberikan petunjuk sederhana tentang sesuatu hal |
2. Mengungkapkan informasi sangat sederhana kepada orang lain dalam konteks kelas | 2.2 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan dengan menggunakan kalimat dalam bentuk interrogative pronouns (what, how,why, where, and how many) |
Membaca | 3.1 Membaca dan memahami secara detail isi teks cerita serta memahami percakapan sederhana yang berisi petunjuk singkat |
3. Membaca dan memahami teks bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas | 3.2 Membaca dan memahami deskripsi singkat yang berkaitan dengan penggunaan adverb of frequency dalam kalimat sederhana |
Menulis | 4.1 Menyempurnakan kalimat dan menulis kembali isi cerita berdasarkan gambar yang diberikan. |
4. Menulis instruksi sederhana dibantu dengan gambar-gambar dan kata bantuan sangat sederhana dalam konteks kelas | |
Kelas III, Semester 2 | |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan | 5.1 Mendengarkan dan mengidentifikasi benda yang dideskripsikan |
5. Memahami dan merespons informasi rinci sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas | 5.2 Merespons informasi yang disampaikan dengan memberikan deskripsi rinci tentang sesuatu |
5.3 Melengkapi teks cerita setelah mendengarkan deskripsi sederhana yang disampaikan | |
Berbicara | 6.1 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima untuk menanyakan aktivitas yang disukai dan yang tidak disukai |
6. Membuat percakapan singkat dengan menggunakan kalimat pernyataan untuk memesan sesuatu dalam konteks kelas | 6.2 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima untuk memesan sesuatu dengan menggunakan kalimat sopan. |
Membaca | 7.1 Mengenali, memahami, dan menggunakan kosa kata bahasa Inggris untuk melengkapi cerita singkat |
7. Membaca dan melengkapi teks singkat bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas | 7.2 Membaca cerita singkat dengan pelafalan dan intonasi yang tepat |
Menulis | 8.1 Menulis kalimat sederhana tentang penampilan fisik seseorang |
8. Menulis kalimat dalam bentuk phrase berdasarkan gambar berseri | 8.2 Menuliskan kalimat sederhana tentang benda dan orang berdasarkan gambar berseri |
Kelas IV, Semester 1 | |
Standar Kompetensi | Kompetesi Dasar |
Mendengarkan | 1.1 Merespons dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima dalam konteks kelas |
1. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas] | 1.2 Merespons instruksi sangat sederhana secara verbal dalam konteks kelas |
1.3 Menjelaskan lokasi keberadaan seseorang atau barang setelah mendengarkan deskripsi singkat | |
1.4 Mendengarkan dan menghubungkan aktivitas yang dilakukan dan ungkapan yang sesuai dengan gambar | |
Berbicara | 2.1 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur : mengenalkan diri, memberi salam/sapaan, memberi salam perpisahan, dan memberi aba-aba |
2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas | 2.2 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur : meminta bantuan, meminta barang, dan memberi barang |
2.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur : berterima kasih, meminta maaf, memberi maaf, melarang, memuji, dan mengajak | |
2.4 Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: thank you, sorry, please, dan excuse me | |
2.5 Berbicara dengan jelas agar dapat dimengerti ketika menanyakan tentang lokasi seseorang, aktivitas dimasa lampau, memesan sesuatu dengan sopan, dan ketika memberikan instruksi | |
Membaca | 3.1 Membaca nyaring dengan melafalkan alfabet dan ucapan yang tepat yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana |
3. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas | 3.2 Memahami kalimat dan pesan tertulis sangat sederhana |
3.3 Membaca dan memahami cerita panjang (150-200 words) dan dapat menceritakan kembali dengan menggunakan pilihan kata sendiri | |
3.4 Menemukan pokok pikiran dari bacaan | |
Menulis | 4.1 Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan tnada baca yang benar yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana |
4. Mengeja dan menyalin tulisan basa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas | 4.2 Menyalin tulisan bahasa Ingggris sangat sederhana secara tepat dan berterima se[erti : ucapan selamat dan pesan tertulis |
4.3 Melengkapi teks bacaan dengan kata yang sesuai sehingga menjadi teks yang utuh | |
4.4 Menulis kalimat untuk mendeskripsikan lokasi keberadaan tempat umum | |
4.5 Menulis kalimat sederhana dengan menggunakan kata bantu | |
Kelas IV, Semester 2 | |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan | 5.1 Merespons dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima dalam konteks kelas dan dalam berbagai permainan |
5. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas | 5.2 Merespons instruksi sangat sederhana secara verbal |
5.3 Mendengarkan, menunjukkan, dan memberikan lebel pada kata yang sesuai | |
5.4 Mengulangi kata setelah mendengarkan pelafalan yang benar | |
Berbicara | 6.1 Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat sederhana secara berterima |
6. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas | 6.2 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur : memberi contoh melakukan sesuatu dan memberi aba-aba |
6.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur : meminta bantuan, meminta barang, memberi barang | |
6.4 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur : meminta ijin, memberi ijin, menyetujui, tindak menyetujui, menyangkal, dan meminta kejelasan | |
6.5 Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan : thank you, sorry, please, dan excuse me | |
6.6 Mengidentifikasi, mendefinisikan, dan mendeskripsikan orang dan benda dalam bentuk kalimat lampau | |
Membaca | 8.1 Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan tanda baca yang benar yang melibatkan : kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana |
7. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas | 8.2 Menyalin tulisan Bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima seperti ucapan selamat dan pesan tertulis |
8.3 Menulis cerita dalam bentuk lampau | |
8.4 Menulis alas an dan perasaan dalam melakukan sesuatu | |
Kelas V, Semester 1 | |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan | 1.1 Merespons instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam kegiatan di dalam dan diluar kelas |
1. Memahami instruksi dan informasi sangat sederhana baik secara tindakan maupun bahasa dalam konteks sekitar peserta didik | 1.2 Merespons instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam berbagai permainan |
1.3 Memahami cerita lisan secara berterima dengan bantuan gambar | |
1.4 Mendengarkan dan merespons bahasa lisan, termasuk kalimat narasi, pernyataan, pertanyaan, dan instruksi bertahap | |
1.5 Mendengarkan secara detail dengan menangkap kata kunci untuk mendapatkan makna yang spesifik | |
1.6 Mendengarkan dan mengidentifikasikan pokok gagasan dan penjelasan singkat | |
Berbicara | 2.1 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur : memberi contoh melakukan sesuatu, memberi aba-aba, meberi petunjuk |
2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekolah | 2.2 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur : meminta bantuan, memberi bantuan, meminta barang, dan memberi barang |
2.3 Bercaka-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur : mengenalkan diri, mengajak, meminta ijin, memberi ijin, menyetujui, tidak menyetujui, dan melarang | |
2.4 Mengungkapkan kesantuan secara berterima yang melibatkan ungkapan : Do you mind … dan shall we … | |
2.5 Melakukan komunikasi tentang informasi umum, perasaan, dan opini tentang suatu kejadian | |
2.6 Mengekspresikan pernyataan dan deskripsi tentang fakta secara jelas | |
2.7 Mendeskripsikan liburan dan aktivitas yang biasanya dilakukan ketika liburan | |
Membaca | 3.1 Membaca nyaring dengan ucapan, tekanan, dan intonasi secara tepat dan berterima yang melibatkan : kata, frasa dan kalimat sangat sederhana |
3. Memahami tulisan bahasa Inggris dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekolah | 3.2 Memahami kalimat, pesan tertulis, dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima |
3.3 Membaca dan memahami cerita panjang (150-200 words) dan dapat menceritakannya kembali dengan menggunakan pilihan kata sendiri | |
3.4 Menemukan pokok pikiran dari bacaan | |
Menulis | 4.1 Mengeja kalimat sangat sederhana secara tepat dan berterima |
4. Mengeja dan menyalin kalimat sangat sederhana dalam konteks sekolah | 4.2 Menyalin dan menulis kalimat sangat sederhana secara tepat dan berterima seperti : ucapan selamat, ucapan terima kasih, dan undangan |
4.3 Menulis kalimat dengan menggunakan kosa kata target pembelajaran | |
4.4 Menulis dialog singkat untuk menginformasikan sesuatu kepada orang lain | |
Kelasa V, Semester 2 | |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan | 5.1 Merespons instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam konteks sekolah |
5. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks sekolah | 5.2 Merespons instruksi sangat sederhana secara verbal |
5.3 Merespons cerita secara verbal | |
5.4 Mengidentifikasi tokoh cerita setelah mendapatkan penjelasan singkat tentang tokoh tersebut | |
Berbicara | 6.1 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur : memberi contoh melakukan sesuatu, memberi aba-aba dan memberi petunjuk |
6. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekolah | 6.2 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur : meminta bantuan, meminta barang, dan memberi barang |
6.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur : memberi informasi, memberi pendapat, dan meminta kejelasan | |
6.4 Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan : do you mind … dan shall we … | |
6.5 Memberikan komentar pada masalah factual dan menyampaikan alas an yang tepat dengan bahasa yang santun | |
Membaca | 7.1 Membaca nyaring dengan ucapan, tekanan, dan intonasi secara tepat dan berterima yang melibatkan : kata, frasa, kalimat sangat sederhana, dan teks sangat sederhana |
7 Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks sekolah | 7.2 Memahami kalimat, pesan tertulis dan teks deksriptif bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima |
7.3 Menemukan pokok pikiran dari setiap paragraph yang dibaca | |
7.4 Membuat kesimpulan cerita setelah membaca cerita secara intensif | |
Menulis | 8.1 Mengeja kalimat sangat sederhana secara tepat dan berterima |
8. Mengeja dan menyalin kalimat sangat sederhana dalam konteks sekolah | 8.2 Menyalin dan menulis kalimat sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan tanda baca yang tepat seperti : ucapan selamat, ucapan terima kasih, dan ucapan simpati |
8.3 Menulis ringkasan cerita dengan menggunakan kalimat dalam bentuk simple present | |
8.4 Menulis laporan kejadian | |
Kelas VI, Semeter 1 | |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan | 1.1 Merespons instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam kegiatan di dalam dan luar kelas |
1. Memahami instruksi dan informasi sangat sederhana baik secara tindakan maupun bahasa bahasa dalam konteks sekitar peserta didik | 1.2 Merespons instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam berbagai permainan |
1.3 Memahami cerita lisan secara berterima dengan bantuan gambar | |
Berbicara | 2.1 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur : memberi contoh melakukan sesuatu, memberi aba-aba dan memberi petunjuk |
2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik | 2.2 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur : meminta bantuan, memberi bantuan, meminta barang, dan memberi barang |
2.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur : mengingatkan, menyatakan suka/tidak suka, menanyakan jumlah, menanyakan keadaan, memberi komentar, memberi pendapat dan mengusulkan | |
2.4 Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan : would you please .. dan May I … | |
2.5 Membicarakan tentang orang, tempat, dan benda secara tidak spesifik | |
Membaca | 3.1 Membaca nyaring teks fungsional pendek sangat sederhana dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima |
3. Memahami teks fungsional pendek dan deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik | 3.2 Memahami teks deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik |
3.3 Menyimpulkan isi cerita setelah membaca intensif | |
Menulis | 4.1 Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana secara berterima |
4. Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik | 4.2 Menulis kartu-kartu ucapan sangat sederhana secara berterima |
4.3 Menulis prediksi tentang masa depan | |
4.4 Membuat kesimpulan singkat tentang cerita | |
4.5 Merancang percakapan untuk membandingkan rasa, suara, dan rupa | |
Kelas VI, Semester 2 | |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan | 5.1 Merespons instruksi dan informasi sangat sederhana baik dengan tindakan maupun bahasa secara berterima di dalam dan luar kelas |
5. Memahami instruksi dan informasi sangat sederhana baik dengan tindakan maupun bahasa dalam konteks sekitar peserta didik | 5.2 Merespons instruksi dan informasi sangat sederhana baik dengan tindakan maupun bahasa secara berterima dalam berbagai permainan |
5.3 Memahami cerita lisan sangat sederhana dengan bantuan gambar | |
5.4 Mendengarkan secara detail dengan menangkap kata kunci untuk mendapatkan makna yang spesifik | |
5.5 Mendengarkan dan mengidentifikasik pokok gagasan dari penjelasan singkat | |
Berbicara | 6.1 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur : memberi contoh melakukan sesuatu, memberi aba-aba, dan memberi petunjuk |
6. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik | 6.2 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur : meminta bantuan, memberi bantuan, meminta barang dan memberi barang |
6.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur : mengungkapkan perasaan, merespons ungkapan, mengungkapkan keraguan, menanyakan dan meminta kejelasan | |
6.4 Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan : Would you please … dan May I … | |
Membaca | 7.1 Membaca nyaring teks fungsional pendek sangat sederhana dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima |
7. Memahami teks fungsional pendek dan deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik | 7.2 Memahami teks deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik |
7.3 Memahami teks naratif bergambar sangat sederhana | |
7.4 Menemukan pokok pikiran dan memahami makna cerita | |
Menulis | 8.1 Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana secara berterima dalam konteks sekitar peserta didik |
8. Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik | 8.2 Menulis kartu-kartu ucapan sederhana secara berterima |
8.3 Menulis atau menceritakan kembali cerita singkat tentang harapan dan impian | |
8.4 Menulis laporan tertulis setelah melakukan observasi terhadap suatu masalah |
Post by: Opar Suparma, M.Si.
Selanjutnya silahkan Klik Kembali <Back> untuk menuju Label Curriculum (Kurikulum) dan “Klik Sitemap” pada bilah atas yang sudah disediakan semoga
menemukan apa yang anda cari dari situs Abah Opar and terima
kasih sudah berkunjung "good
luck"