Mata
Pelajaran Matematika
a. Tujuan
Tujuan mata pelajaran
matematika adalah agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
Memahami konsep
matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan konsep atau
logaritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat dalam pemecahan masalah
Menggunakan penalaran
pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat
generalisasi, menyusun bukti atau menjelaskan gagasan, dan pernyataan
matematika
Memecahkan masalah yang
meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan
model, dan menafsirkan solusi yang diperoleh
Mengomunikasikan gagasan
dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau
masalah
Memiliki sikap menghargai
kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian,
dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam
pemecahan masalah
b. Ruang
Lingkup
Mata pelajaran matematika
meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1)
bilangan
2)
geometri dan pengukuran
3)
pengolahan data
c. Standar
Isi
Standar Isi SD Negeri Depok
melalui lima tahap yang dilalui oleh
peserta didik untuk menguasai suatu pengetahuan, yaitu tahah pre-struktural,
uni-struktural, multi-struktural, relasional dan abstrak yang
diperluas dimana Tahap surface knowledge diperoleh
pada Tingkat Pendidikan Dasar untuk Sekolah Dasar Depok. Kemudian kompetensi
yang bersifat generik terdiri atas 4 (empat) dimensi yang merepresentasikan
sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan, yang selanjutnya
disebut Kompetensi Inti (KI) di rancang sesuai dengan kurikulum Nasional
berdasarkan Kompelasi terhadap kompetensi yang sebagai acuan.
Tingkat Kompetensi dan
ruang lingkup materi diterapkan untuk setiap muatan sebagaimana diatur dalam
Pasal 77I ayat (1), Pasal 77C ayat (1), dan Pasal 77K ayat (2), ayat (4) dan
ayat (5) Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013. Kelengkapan Standar isi
dapat dilihat dalam Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 yang telah
dikodifikasikan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Sekolah Dasar Negeri
Depok yang merupakan satu kesatuan ide masing-masing mata pelajaran
dimuat dalam tabel-tabel berikut :
Mata Pelajaran Matematika | |
---|---|
Kelas I (Satu)
|
|
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya | |
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru | 2.1 Menunjukkan perilaku patuh pada aturan dalam melakukan penjumlahan dan pengurangan sesuai prosedur/aturan dengan memperhatikan nilai tempat puluhan dan satuan |
2.2 Menunjukkan perilaku teliti dan perduli dengan menata benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan dimensi (bangun datar, bangun ruang), beratnya, atau urutan kelompok terkecil sampai terbesar | |
2.3 Menunjukkan perilaku tertib dan rapi saat berbaris berdasarkan urutan tinggi badan | |
2.4 Menunjukkan perilaku disiplin tepat waktu dalam melakukan aktivitas di sekolah dengan memperhatikan tanda-tanda saat jam belajar dan jam istirahat | |
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah | 3.1 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain |
3.2 Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain. | |
3.3 Membandingkan dengan memperkirakan lama suatu aktivitas berlangsung menggunakan istilah sehari-hari (lebih lama, lebih singkat) | |
3.4 Membandingkan dengan memperkirakan berat suatu benda menggunakan istilah sehari-hari (lebih berat, lebih ringan | |
3.5 Membandingkan dengan memperkirakan panjang suatu benda menggunakan istilah sehari-hari (lebih panjang, lebih pendek) | |
3.6 Mengenal dan memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan gambar-gambar/benda konkrit | |
3.7 Menemukan bangun yang membentuk pola pengubinan sederhana | |
3.9 Menentukan pola dari sebarisan bangun datar sederhana menggunakan benda-benda yang ada di alam sekitar Mengenal panjang, luas, massa, kapasitas, waktu, dan suhu | |
3.10 Menunjukkan pemahaman tentang besaran dengan menghitung maju sampai 100 dan mundur dari 20 | |
3.11 Menentukan urutan berdasarkan panjang pendeknya benda, tinggi rendahnya tinggi badan, dan urutan kelompok berdasarkan jumlah anggotanya | |
3.12 Mengenal lambang bilangan dan mendeskripsikan kemunculan bilangan dengan bahasa yang sederhana | |
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia | 4.1 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya |
4.2 Membentuk berbagai bangun datar dengan menggunakan papan berpaku atau media lainnya | |
4.3 Menyatakan suatu bilangan asli sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban | |
4.4 Melakukan pengubinan dari bangun datar sederhana tertentu | |
4.5 Membentuk dan menggambar bangun baru dari bangun-bangun datar atau pola bangun datar yang sudah ada | |
4.6 Membaca dan mendeskripsikan data pokok yang ditampilkan pada grafik konkrit dan piktograf | |
4.7 Mengumpulkan dan mengelola data pokok kategorikal dan menampilkan data menggunakan grafik konkrit dan piktograf tanpa menggunakan urutan label pada sumbu horizontal | |
4.8 Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban | |
4.9 Mengelompokkan teman sekelas berdasarkan tinggi badannya | |
4.10 Mendeskripsikan, mengembangkan, dan membuat pola yang berulang | |
4.11 Menggunakan benda konkrit untuk menelusuri pecahan dan jumlah uang | |
Mata Pelajaran Matematika
|
|
Kelas II (Dua)
|
|
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya | |
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru | 2.1 Menunjukkan perilaku patuh, tertib dan mengikuti aturan dalam melakukan penjumlahan dan pengurangan sesuai secara efektif dengan memperhatikan nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan |
2.2 Menunjukkan perilaku peduli pada orang lain dengan cara mengelola penggunaan uang saku untuk kepentingan konsumsi, menabung dan beramal | |
2.3 Menunjukkan perilaku adil dalam membagikan sejumlah benda kepada beberapa orang dalam menerapkan konsep pembagian | |
2.4 Menunjukkan perilaku disiplin tepat waktu dalam melakukan suatu aktivitas di sekolah dengan memperhatikan alat ukur waktu | |
2.5 Menunjukkan perilaku rapi dan teratur dalam menggambar dan menata benda-benda sesuai dengan pola-pola perulangan geometri yang ditemui di dalam kelas, sekolah, atau lingkungan. | |
2.6 Menunjukkan perilaku cermat dan jujur dalam mendata hasil pengukuran panjang atau berat suatu benda | |
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah | 3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan), pengelompokan dan benda-benda di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain |
3.2 Mengenal operasi perkalian dan pembagian pada bilangan asli yang hasilnya kurang dari 100 melalui kegiatan eksplorasi menggunakan benda konkrit | |
3.3 Mengenal nilai tukar antar pecahan uang | |
3.4 Mengetahui ukuran lama waktu di kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan tempat bermain dengan menggunakan satuan waktu | |
3.5 Mengetahui ukuran p anjang dan b erat benda, jarak suatu tempat di kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan tempat bermain mengunakan satuan tidak baku dan satuan baku | |
3.7 Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana Menunjukkan pemahaman tentang konsep tentang kesamaan antara sepasang ekspresi, menggunakan benda konkrit, simbol, dan penambahan dan pengurangan hingga 18 | |
3.8 Mengidentifikasi unsur-unsur yang membentuk segi tiga, segi empat dan segi enam beraturan | |
3.9 Mengenal bangun datar dan bangun ruang, serta memilahkan dan mengelompokkan berdasarkan sifat geometrisnya | |
3.10 Mengenal ruas garis dan garis lurus | |
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia | 4.1 Memecahkan masalah secara efektif dari masalah yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda dan uang terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain dan memeriksa kebenarannya |
4.2 Mengurai unsur-unsur bangun ruang sederhana dari benda-benda di sekitar | |
4.3 Menggunakan strategi menaksir dalam melakukan perhitungan dan memecahkan masalah yang menggunakan satuan, puluhan, dan ratusan | |
4.4 Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 500 sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian atau pembagian dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban | |
4.5 Mendemostrasikan berbagai penukaran uang di depan kelas dengan berbagai kemungkinan jawaban | |
4.6 Menceritakan lokasi objek yang berkaitan dan representasi objek pada sebuah peta | |
4.7 Merepresentasikan, mengembangkan, dan membuat pola yang berulang, serta menemukan pola dasar | |
4.8 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100 | |
4.9 Mengumpulkan dan memilah data kategorikal atau diskrit dan menampilkan data menggunakan grafik konkrit dan piktograf | |
4.10 Membaca dan mendeskripsikan data yang ditampilkan pada grafik konkrit dan piktograf | |
4.11 Membuat tabel sederhana hasil pengukuran panjang atau berat | |
Mata Pelajaran Matematika
|
|
Kelas III (Tiga)
|
|
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya | |
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tatangganya | 2.1 Menunjukkan perilaku patuh, tertib dan mengikuti aturan dalam melakukan penjumlahan dan pengurangan, perkalian dan pembagian bilangan asli, bilangan bulat dan pecahan dengan memperhatikan nilai tempat ribuan, ratusan, puluhan dan satuan |
2.2 Menunjukkan perilaku teliti dan rapi dengan menata benda-benda di sekitar dengan cara melipat rapi dengan memperhatikan simetri lipatnya | |
2.3 Menunjukkan perilaku adil dalam membagikan satu potong atau beberapa potong kue, buah dan sejenisnya kepada sejumlah orang dalam menerapkan konsep pecahan | |
2.4 Menunjukkan perilaku disiplin dan tepat waktu datang ke sekolah dengan memperhatikan alat ukur waktu | |
2.5 Menunjukkan perilaku cermat dan teliti dalam mentabulasi hasil pengukuran tinggi badan teman sekelas | |
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah | 3.1 Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan asli melalui pengamatan pola penjumlahan dan perkalian |
3.2 Memahami letak bilangan pada garis bilangan | |
3.3 Memahami konsep pecahan sederhana menggunakan benda-benda yang konkrit/gambar, serta menentukan nilai terkecil dan terbesar | |
3.4 Menemukan sifat simetri bangun datar (melalui kegiatan menggunting dan melipat atau cara lainnya), simetri putar dan pencerminan menggunakan benda-benda konkrit | |
3.5 Menemukan unsur dan sifat bangun datar sederhana berdasarkan pengamatan | |
3.6 Mengetahui perbandingan data menggunakan tabel, grafik batang, dan grafik kue serabi | |
3.7 Mengenal hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang, dan antar satuan berat yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari | |
3.8 Menentukan strategi pemecahan masalah dengan mengurangi, menambah, dan menukarkan sejumlah uang | |
3.9 Memahami keliling segitiga dan persegi panjang menggunakan benda konkrit (benang, tali, batang korek api, lidi dan berbagi benda yang dapat digunakan sebagai satu satuan luas) | |
3.10 Mengenal dan membandingkan besar sudut bangun datar tanpa satuan baku | |
3.11 Menunjukkan pemahaman tentang konsep persamaan antara pasangan ekspresi, menggunakan penambahan dan pengurangan bilangan sampai dua angka | |
3.12 Mendeksripsikan hubungan antara dua bangun datar dan antara bangun ruang dan bangun datar | |
3.13 Mengenal pecahan dan bilangan desimal, serta dapat melakukan penambahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama | |
3.14 Memahami penghitungan waktu berdasarkan data sehari-hari | |
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia | 4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda dan uang terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain dan memeriksa kebenarannya serta menyatakan kalimat matematikanya dan mengemukakan dengan kalimat sendiri |
4.2 Menunjukkan hasil rotasi dan pencerminan suatu bangun datar dengan menggunakan gambar | |
4.3 Menggambar berbagai bangun datar dengan keliling atau luas yang sama | |
4.4 Menaksir panjang, luas, dan berat suatu benda dan memilih satuan baku yang sesuai | |
4.5 Membentuk dan menggambar berbagai bangun datar yang diperoleh melalui kegiatan melipat dan menggunting atau cara lainnya | |
4.6 Mengumpulkan, mencatat, menata, dan menampilkan data menggunakan tabel dan grafik batang | |
4.7 Membuat tabel frekuensi sederhana berdasarkan tabulasi hasil pengukuran tinggi badan teman sekelas | |
4.8 Menyajikan pemecahan masalah yang terkait dengan penukaran nilai uang | |
4.10 Memperkirakan dan mengukur panjang, keliling, luas, kapasitas, massa, waktu, dan suhu menggunakan satuan baku dan tidak baku Mendeskripsikan, mengembangkan, dan membuat pola dari berbagai pola numerik dan pola geometris | |
4.11 Membaca, mendeskripsikan, dan menginterpretasikan data pokok yang ditampilkan pada bagan dan grafik, termasuk grafik batang vertikal dan horizontal | |
4.12 Mengumpulkan dan menata data kategorikal atau diskrit dan menampilkan data menggunakan bagan dan grafik, termasuk grafik batang vertikal dan horisontal dengan label terurut sesuai dengan grafik batang horizontal | |
4.13 Mengurai sebuah bilangan bulat sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan bulat lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban | |
4.14 Membuat dan mengambar berbagai bangun datar dengan kelililing atau luas yang telah ditentukan | |
4.15 Menghasilkan berbagai bangun datar yang diperoleh melalui kegiatan melipat dan menggunting atau cara lainnya | |
Mata Pelajaran Matematika
|
|
Kelas IV (Empat)
|
|
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya | |
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya | 2.1 Menunjukkan perilaku patuh, tertib dan mengikuti prosedur dalam melakukan operasi hitung campuran |
2.2 Menunjukkan perilaku cermat dan teliti dalam melakukan tabulasi pengukuran panjang daun- daun atau benda-benda lain menggunakan pembulatan (dinyatakan dalam cm terdekat | |
2.3 Menunjukkan perilaku adil dalam membagi suatu benda kepada teman sekelompok dengan rata-rata jumlah yang sama | |
2.4 Menunjukkan perilaku disiplin dan teratur dalam membuat dan mengikuti suatu jadwal kegiatan yang berulang dan efektif menggunakan prinsip KPK dalam kalender | |
2.5 Menjalankan tugas dengan penuh tanggungjawab menjaga kerapian dan kebersihan kelas berdasarkan jadwal berulang yang tepat menggunakan prinsip KPK dalam kalender (misal jadwal piket, Pramuka dll) | |
2.6 Menunjukkan perilaku peduli dengan cara memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekitar rumah sekolah atau tempat bermain untuk membuat benda-benda berbentuk kubus dan balok bangun berdasarkan jaring-jaring bangun ruang yang ditemukan | |
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain | 3.1 Mengenal konsep pecahan senilai dan melakukan operasi hitung pecahan menggunakan benda kongkrit/gambar |
3.2 Menerapkan penaksiran dalam melakukan penjumlahan, perkalian, pengurangan dan pembagian untuk memperkirakan hasil perhitungan | |
3.3 Memahami aturan pembulatan dalam membaca hasil pengukuran dengan alat ukur | |
3.4 Memahami faktor dan kelipatan bilangan serta bilangan prima | |
3.5 Menemukan bangun segibanyak beraturan maupun tak beraturan yang membentuk pola pengubinan melalui pengamatan | |
3.6 Mengenal sudut siku-siku melalui pengamatan dan membandingkannya dengan sudut yang berbeda | |
3.7 Menentukan kelipatan persekutuan dua buah bilangan dan menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) | |
3.8 Menentukan faktor persekutuan dua buah bilangan dan faktor persekutuan terbesar (FPB) | |
3.9 Memahami luas segitiga, persegi panjang, dan persegi | |
3.10Menentukan hubungan antara satuan dan atribut pengukuran termasuk luas dan keliling persegi panjang | |
3.11Menunjukkan pemahaman persamaan antara sepasang ekspresi menggunakan penambahan, pengurangan, dan perkalian | |
3.12Mengenal sifat dari garis parallel | |
3.13Memahami pecahan senilai dan operasi hitung pecahan menggunakan benda kongkrit/gambar | |
3.14Memahami penambahan dan pengurangan bilangan decimal | |
3.15Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat berdasarkan pembulatan yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana | |
3.16Memahami pola penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan hal-hal yang konkrit dan garis bilangan | |
3.17Memahami konsep bilangan negatif menggunakan hal-hal yang konkrit dan garis bilangan | |
4. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain | 4.1 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri , menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, desimal dan persen terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya |
4.2 Melakukan pengubinan menggunakan segibanyak beraturan tertentu | |
4.3 Menyatakan pecahan ke bentuk desimal dan persen | |
4.4 Mengurai dan menyusun kembali jaring-jaring bangun ruang sederhana | |
4.5 Membentuk jaring-jaring bangun ruang yang berbeda dengan jaring bangun ruang yang sudah ada | |
4.6 Membuat benda-benda berdasarkan jaring- jaring bangun ruang yang ditemukan dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekitar rumah sekolah atau tempat bermain | |
4.7 Menyatakan kesimpulan berdasarkan data tabel atau grafik | |
4.8 Membuat peta posisi suatu tempat/benda tanpa menggunakan skala dengan memperhatikan arah mata angin | |
4.9 Mengumpulkan dan menata data diskrit dan menampilkan data menggunakan bagan dan grafik termasuk grafik batang ganda, diagram garis, dan diagram lingkaran | |
4.10Mengembangkan, dan membuat berbagai pola numerik dan geometris | |
4.11Membuat prediksi yang berhubungan dengan pola dan menelusuri pola yang berulang dengan menggunakan pencerminan dan rotasi | |
4.12Mengurai dan menyusun kembali jaring-jaring bangun ruang sederhana | |
4.13Mengurai sebuah pecahan menjadi sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah pecahan lainnya dengan berbagi kemungkinan jawaban | |
4.14Menyajikan hasil pengukuran panjang atau berat berdasarkan pembulatan yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana | |
4.15Mengidentifikasi dan mendeskripsikan lokasi objek menggunakan peta grid dan melalui percerminan | |
4.16Merepresentasikan sudut lancip dan sudut tumpul dalam bangun datar | |
4.17Menggabung sudut bagian dalam segitiga dan segi empat untuk menarik kesimpulan | |
Mata Pelajaran Matematika
|
|
Kelas V (Lima)
|
|
Semester 1
|
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Bilangan | 1.1 Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan, dan penaksiran |
1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah | 1.2 Menggunakan faktor prima untuk menentukan KPK dan FPB |
1.3 Melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat | |
1.4 Menghitung perpangkatan dan akar sederhana | |
1.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung, KPK dan FPB | |
Geometri dan Pengukuran | 2.1 Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam |
2. Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak, dan kecepatan dalam pemecahan masalah | 2.2 Melakukan operasi hitung satuan waktu |
2.3 Melakukan pengukuran sudut | |
2.4 Mengenal satuan jarak dan kecepatan | |
2.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan | |
3. Menghitung luas bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah | 3.1 Menghitung luas trapesium dan layang-layang |
3.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar | |
4. Menghitung volume kubus dan balok dan menggunakannya dalam pemecahan masalah | 4.1 Menghitung volume kubus dan balok |
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume kubus dan balok | |
Semester 2
|
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Bilangan | 5.1 Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta sebaliknya |
5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah | 5.2 Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan |
5.3 Mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan | |
5.4 Menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala | |
Geometri dan Pengukuran | 6.1 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar |
6. Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun | 6.2 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang |
6.3 Menentukan jaring-jaring berbagai bangun ruang sederhana | |
6.4 Menyelidiki sifat-sifat kesebangunan dan simetri | |
6.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana | |
KELAS VI
|
|
Mata Pelajaran Matematika
|
|
Semester 1
|
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Bilangan | 1.1 Menggunakan sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi campuran, FPB dan KPK |
1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah | 1.2 Menentukan akar pangkat tiga suatu bilangan kubik |
1.3 Menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi hitung termasuk penggunaan akar dan pangkat | |
Geometri dan Pengukuran | 2.1 Mengenal satuan debit |
2. Menggunakan pengukuran volume per waktu dalam pemecahan masalah | 2.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan debit |
3. Menghitung luas segi banyak sederhana, luas lingkaran, dan volume prisma segitiga | 3.1 Menghitung luas segi banyak yang merupakan gabungan dari dua bangun datar sederhana |
3.2 Menghitung luas lingkaran | |
3.3 Menghitung volume prisma segitiga dan tabung lingkaran | |
Pengolahan Data | 4.1 Mengumpulkan dan membaca data |
4. Mengumpulkan dan mengolah data | 4.2 Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk tabel |
4.3 Menafsirkan sajian data | |
Semester 2 | |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Bilangan | 5.1 Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan |
5. Melakukan operasi hitung pecahan dalam pemecahan masalah | 5.2 Mengubah bentuk pecahan ke bentuk desimal |
5.3 Menentukan nilai pecahan dari suatu bilangan atau kuantitas tertentu | |
5.4 Melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan | |
5.5 Memecahkan masalah perbandingan dan skala | |
Geometri dan Pengukuran | 6.1 Membuat denah letak benda |
6. Menggunakan sistem koordinat dalam pemecahan masalah | 6.2 Mengenal koordinat posisi sebuah benda |
6.3 Menentukan posisi titik dalam sistem koordinat Kartesius | |
Pengolahan Data | 7.1 Menyajikan data ke bentuk tabel dan diagram gambar, batang dan lingkaran |
7. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data | 7.2 Menentukan rata-rata hitung dan modus sekumpulan data |
7.3 Mengurutkan data termasuk menentukan nilai tertinggi dan terendah | |
7.4 Menafsirkan hasil pengolahan data |
Muatan
Kurikulum Pelajaran IPA
a. Tujuan
1)
Tujuan mata pelajaran IPA adalah agar
peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
2)
Memperoleh keyakinan pada kebesaran Tuhan
Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan, dan keteraturan alam
ciptaan-Nya.
3)
Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman
konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan
sehari-hari
4)
Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap
positif dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling memengaruhi
antara IPA, lingkungan, teknologi dan masyarakat
5)
Mengembangkan keterampilan proses untuk
menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah, dan membuat keputusan
6)
Meningkatkan kesadaran untuk berperan
aktif dalam memelihara, menjaga, dan melestarikan lingkungan alam
7)
Meningkatkan kesadaran untuk menghargai
alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan
8)
Memperoleh bekal pengetahuan, konsep, dan
keterampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan
selanjutnya
b. Ruang
Lingkup
Mata
pelajaran IPA meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1)
Makhluk hidup dan proses kehidupan,
yaitu manusia, hewan, tumbuhan, dan interaksinya dengan lingkungan serta
kesehatan
2)
Benda/materi, sifat-sifat dan kegunaanya
meliputi cair, padat dan gas
3)
Energi dan perubahannya meliputi gaya,
bunyi, panas, magnet, listrik, cahaya, dan pesawat sederhana
4)
Bumi dan alam semesta meliputi tanah, tata
surya, dan benda langit lainnya
c.
Standar Isi
Standar Isi SD Negeri
Depok melalui lima tahap yang dilalui oleh peserta didik untuk menguasai
suatu pengetahuan, yaitu tahah pre-struktural, uni-struktural,
multi-struktural, relasional dan abstrak yang
diperluas dimana Tahap surface knowledge diperoleh
pada Tingkat Pendidikan Dasar untuk Sekolah Dasar Depok
Kemudian kompetensi
yang bersifat generik terdiri atas 4 (empat) dimensi yang merepresentasikan
sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan, yang selanjutnya
disebut Kompetensi Inti (KI) di rancang sesuai dengan kurikulum Nasional
berdasarkan Kompelasi terhadap kompetensi yang sebagai acuan.
Tingkat Kompetensi dan
ruang lingkup materi diterapkan untuk setiap muatan sebagaimana diatur dalam
Pasal 77I ayat (1), Pasal 77C ayat (1), dan Pasal 77K ayat (2), ayat (4) dan
ayat (5) Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013. Kelengkapan Standar isi
dapat dilihat dalam Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 yang telah
dikodifikasikan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Sekolah Dasar Negeri
Depok yang merupakan satu kesatuan ide masing-masing mata pelajaran
dimuat dalam tabel-tabel berikut :
Mata Pelajaran IPA | |
---|---|
Kelas IV (Empat) | |
KOMPETENSI INTI | KOMPETENSI DASAR |
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya | 1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya |
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya | 2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi |
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok | |
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain | 3.1 Menjelaskan bentuk luar tubuh hewan dan tumbuhan dan fungsinya |
3.2 Mendeskripsikan daur hidup beberapa jenis mahluk hidup | |
3.3 Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi melalui pengamatan, serta mendeskripsikan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari | |
3.4 Membedakan berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari | |
3.5 Memahami sifat-sifat bunyi melalui pengamatan dan keterkaitannya dengan indera pendengaran | |
3.6 Memahami sifat-sifat cahaya melalui pengamatan dan mendeskripsikan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari | |
3.7 Mendeskrisikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat | |
4. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain | 4.1 Menuliskan hasil pengamatan tentang bentuk luar (morfologi) tubuh hewan dan tumbuhan serta fungsinya |
4.2 Menyajikan secara tertulis hasil pengamatan daur hidup beberapa jenis mahluk hidup. | |
4.3 Menyajikan laporan hasil percobaan gaya dan gerak menggunakan table dan grafik | |
4.4 Menyajikan hasil percobaan atau observasi tentang bunyi | |
4.5 Membuat sebuah karya/model yang memanfaatkan sifat-sifat cahaya | |
4.6 Menyajikan laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat | |
4.7 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang teknologi yang digunakan di kehidupan sehari- hari serta kemudahan yang diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tersebut | |
Mata Pelajaran IPA | |
Kelas V (Lima) | |
Semester 1 | |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan | |
1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan | 1.1 Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia |
1.2 Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah | |
1.3 Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan | |
1.4 Mengidentifikasi organ peredaran darah manusia | |
1.5 Mengidentifikasi gangguan pada organ peredaran darah manusia | |
2. Memahami cara tumbuhan hijau membuat makanan | 2.1 Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan |
2.2 Mendeskripsikan ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan | |
3. Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan | 3.1 Mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup |
3.2 Mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup | |
Benda dan Sifatnya | 4.1 Mendeskripsikan hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyusunnya, misalnya benang, kain, dan kertas |
4. Memahami hubungan antara sifat bahan dengan penyusunnya dan perubahan sifat benda sebagai hasil suatu proses | 4.2 Menyimpulkan hasil penyelidikan tentang perubahan sifat benda, baik sementara maupun tetap |
Semester 2 | |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Energi dan Perubahannya | 5.1 Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet) |
5. Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya | 5.2 Menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat |
6. Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya/model | 6.1 Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya |
6.2 Membuat suatu karya/model, misalnya periskop atau lensa dari bahan sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya | |
Bumi dan Alam Semesta | 7.1 Mendeskripsikan proses pembentukan tanah karena pelapukan |
7. Memahami perubahan yang terjadi di alam dan hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam | 7.2 Mengidentifikasi jenis-jenis tanah |
7.3 Mendeskripsikan struktur bumi | |
7.4 Mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya | |
7.5 Mendeskripsikan perlunya penghematan air | |
7.6 Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan | |
7.7 Mengidentifikasi beberapa kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian, perkotaan, dsb) |
|
Kelas VI (Enam)
|
|
Semester 1
|
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan | |
1. Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya | 1.1 Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya |
1.2 Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya | |
2. Memahami cara perkembangbiakan makhluk hidup | 2.1 Mendeskripsikan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut usia |
2.2 Mendeskripsikan ciri-ciri perkembangan fisik anak laki-laki dan perempuan | |
2.3 Mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan | |
2.4 Mengidentifikasi cara perkembangbiakan manusia | |
3. Memahami pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan | 3.1 Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam (ekosistem) |
3.2 Mengidentifikasi bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan | |
3.3 Mengidentifikasi bagian tubuh hewan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan | |
4. Memahami pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk mencegah kepunahan | 4.1 Mengidentifikasi jenis hewan dan tumbuhan yang mendekati kepunahan |
4.2 Mendeskripsikan pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam dan kehidupan masyarakat | |
Benda dan Sifatnya | 5.1 Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda |
5. Memahami saling hubungan antara suhu, sifat hantaran dan kegunaan benda | 5.2 Menjelaskan alasan pemilihan benda dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan kemampuan menghantarkan panas |
6. Memahami faktor penyebab perubahan benda | 6.1 Menjelaskan faktor-faktor penyebab perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan) melalui pengamatan |
6.2 Mengidentifikasi faktor-faktor yang menentukan pemilihan benda/bahan untuk tujuan tertentu (karet, logam, kayu, plastik) dalam kehidupan sehari-hari
|
|
Semester 2
|
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Energi dan Perubahannya | |
7. Mempraktikkan pola penggunaan dan perpindahan energi | 7.1 Melakukan percobaan untuk menyelidiki hubungan antara gaya dan gerak (model jungkat jungkit, katapel/model traktor sederhana energi pegas) |
7.2 Menyajikan informasi tentang perpindahan dan perubahan energi listrik | |
8. Memahami pentingnya penghematan energi | 8.1 Mengidentifikasi kegunaan energi listrik dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari |
8.2 Membuat suatu karya/model yang menggunakan energi listrik (bel listrik/alarm/model lampu lalu lintas/ kapal terbang/mobil-mobilan/model penerangan rumah | |
Bumi dan Alam Semesta | |
9. Memahami matahari sebagai pusat tata surya dan interaksi bumi dalam tata surya | 9.1 Mendeskripsikan sistem tata surya dan posisi penyusun tata surya |
9.2 Mendeskripsikan peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi dan revolusi bulan | |
9.3 Menjelaskan terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari | |
9.4 Menjelaskan perhitungan kalender Masehi dan kalender Hijriah |
Mata Pelajaran IPS
a.
Tujuan
Mata pelajaran IPS
bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
1) Mengenal
konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya.
2) Memiliki
kemampuan dasar untuk berpikir logis dan keritis, rasa ingin tahu, inkuiri,
memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial
3) Memiliki
komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan
4) Memiliki
kemampuan berkomunikasi, bekerja sama, dan berkompetisi dalam masyakarakat yang
majemuk di tingkat lokal, nasional, dan global
b.
Ruang Lingkup
Mata pelajaran IPS
meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1)
manusia, tempat, dan lingkungan
2)
waktu, keberlanjutan, dan perubahan
3)
sistem sosial dan budaya
4)
perilaku ekonomi dan kesejahteraan
c.
Standar Isi
Standar Isi SD Negeri Depok
melalui lima tahap yang dilalui oleh
peserta didik untuk menguasai suatu pengetahuan, yaitu tahah pre-struktural,
uni-struktural, multi-struktural, relasional dan abstrak yang
diperluas dimana Tahap surface knowledge diperoleh
pada Tingkat Pendidikan Dasar untuk Sekolah Dasar Depok . Kemudian kompetensi
yang bersifat generik terdiri atas 4 (empat) dimensi yang merepresentasikan
sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan, yang selanjutnya
disebut Kompetensi Inti (KI) di rancang sesuai dengan kurikulum Nasional
berdasarkan Kompelasi terhadap kompetensi yang sebagai acuan.
Tingkat Kompetensi dan
ruang lingkup materi diterapkan untuk setiap muatan sebagaimana diatur dalam
Pasal 77I ayat (1), Pasal 77C ayat (1), dan Pasal 77K ayat (2), ayat (4) dan
ayat (5) Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013. Kelengkapan Standar isi
dapat dilihat dalam Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 yang telah
dikodifikasikan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Sekolah Dasar Negeri
Depok yang merupakan satu kesatuan ide masing-masing mata pelajaran
dimuat dalam tabel-tabel berikut :
Mata Pelajaran IPS | |
---|---|
Kelas IV (Empat) | |
KOMPETENSI INTI | KOMPETENSI DASAR |
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya | 1.1 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya |
1.2 Menjalankan aj aran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat | |
1.3 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya | |
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya | 2.1. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin bertanggung jawab, peduli, santun dan percaya diri sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pada masa Hindu Buddha dan Islam dalam kehidupannya sekarang |
2.2. Menunjukkan perilaku rasa ingin tahu, peduli, menghargai, dan bertanggungjawab terhadap kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik | |
2.3. Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya | |
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain | 3.1 Mengenal manusia, aspek keruangan, konektivitas antar ruang, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan |
3.2 Memahami manusia, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu pada masa praaksara, Hindu Budha, Islam dalam aspek pemerintah, sosial, ekonomi, dan pendidikan | |
3.3 Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di sekitarnya | |
3.4 Memahami kehidupan manusia dalam kelembagaan sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya di masyarakat sekitar | |
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi | |
4. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain | 4.1 Menceriterakan tentang hasil bacaan mengenai pengertian ruang, konektivitas antar ruang, perubahan, dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan dalam lingkup masyarakat di sekitarnya |
4.2 Merangkum hasil pengamatan dan menceritakan manusia, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu pada masa praaksara, Hindu Budha, Islam dalam aspek pemerintah, sosial, ekonomi, dan pendidikan | |
4.3 Menceritakan manusia dalam hubungannya dengan lingkungan geografis tempat tinggalnya | |
4.4 Mendeskripsikan kehidupan manusia dalam kelembagaan sosial, pendidikan, ekonomi, dan budaya di masyarakat sekitar | |
4.5 Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi | |
Mata Pelajaran IPS | |
Kelas V (Lima) | |
Semester I | |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
1. Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia | 1.1 Mengenal makna peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia |
1.2 Menceriterakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia | |
1.3 Mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya | |
1.4 Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia | |
1.5 Mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia | |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
2. Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankaan kemerdekaan Indonesia | 2.1 Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang |
2.2 Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia | |
2.3 Menghargai jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan | |
2.4 Menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan | |
Kelas V, Semester 2 | |
Mata Pelajaran IPS | |
Kelas VI (Enam) | |
Semester I | |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
1. Memahami perkembangan wilayah Indonesia, kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara di Asia Tenggara, serta benua-benua | 1.1 Mendeskripsikan perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia |
1.2 Membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga | |
1.3 Mengidentifikasi benua-benua | |
Semester 2 | |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
2. Memahami gejala alam yang terjadi di Indonesia dan sekitarnya | 2.1 Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga |
2.2 Mengenal cara-cara menghadapi bencana alam | |
3. Memahami peranan bangsa Indonesia di era global | 3.1 Menjelaskan peranan Indonesia pada era global dan dampak positif serta negatifnya terhadap kehidupan bangsa Indonesia |
3.2 Mengenal manfaat ekspor dan impor di Indonesia sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa |
Seni Budaya dan Prakarya
a. Tujuan
Mata
pelajaran seni budaya dan keterampilan bertujuan agar peserta didik memiliki
kemampuan sebagai berikut:
1) Memahami
konsep dan pentingnya seni budaya dan ketrampilan.
2) Menampilkan
sikap apresiasi terhadap seni budaya dan keterampilan.
3) Menampilkan
kreativitas melalui seni budaya, dan keterampilan.
4) Menampilkan
peranserta dalam seni budaya dan keterampilan dalam tingkat lokal, regional,
maupun global.
5) Menampilkan
sikap nasionalisme yang tinggi melalui lagu nasional dan daerah
b. Ruang Lingkup
Mata
pelajaran seni budaya dan keterampilan meliputi aspek-aspek sebagai berikut
1) Seni
musik, mencakup kemampuan untuk menguasai olah vokal, memainkan alat musik,
apresiasi karya musik
2) Seni
tari mencakup keterampilan gerak berdasarkan olah tubuh tanpa rangsangan
bunyi, apresiasi terhadap gerak tari
3) Seni
rupa, mencakup pengetahuan, keterampilan, dan nilai dalam menghasilkan karya
seni berupa lukisan, patung, ukiran, cetak- mencetak, dan sebagainya
4) Seni
drama mencakup keterampilan pementasan dengan memadukan seni musik, seni tari,
dan seni peran
5) Keterampilan,
mencakup segala aspek kecakapan hidup (life skills) yang meliputi keterampilan
personal, keterampilan sosial, keterampilan vokasional, dan keterampilan
akademik.
c. Standar Isi
Standar
Isi SD Negeri Cikumpa melalui lima tahap yang dilalui oleh peserta didik untuk
menguasai suatu pengetahuan, yaitu tahah pre-struktural, uni-struktural,
multi-struktural, relasional dan abstrak yang
diperluas dimana Tahap surface knowledge diperoleh
pada Tingkat Pendidikan Dasar untuk Sekolah Dasar
Cikumpa. Kemudian kompetensi yang bersifat generik terdiri atas 4 (empat)
dimensi yang merepresentasikan sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan
keterampilan, yang selanjutnya disebut Kompetensi Inti (KI) di rancang sesuai
dengan kurikulum Nasional berdasarkan Kompelasi terhadap kompetensi yang
sebagai acuan.
Tingkat
Kompetensi dan ruang lingkup materi diterapkan untuk setiap muatan sebagaimana
diatur dalam Pasal 77I ayat (1), Pasal 77C ayat (1), dan Pasal 77K ayat (2),
ayat (4) dan ayat (5) Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013. Kelengkapan
Standar isi dapat dilihat dalam Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 yang
telah dikodifikasikan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Sekolah Dasar Negeri
Cikumpa yang merupakan satu kesatuan ide masing-masing mata pelajaran
dimuat dalam tabel-tabel berikut :
Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya | |
---|---|
Kelas I (Satu) | |
KOMPETENSI INTI | KOMPETENSI DASAR |
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya | 1.1 Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan |
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru | 2.1 Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni |
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni | |
2.3 Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni | |
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah | 3.1 Mengenal cara dan hasil gambar ekspresi |
3.2 Mengenal pola irama lagu bervariasi menggunakan alat musik ritmis | |
3.3 Mengenal unsur-unsur gerak, bagian-bagian gerak anggota tubuh dan level gerak dalam menari | |
3.4 Mengamati berbagai bahan, alat serta fungsinya dalam membuat prakarya | |
3.5 Mengenal karya seni budaya benda dan bahasa daerah setempat | |
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia | 4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar |
4.2 Membuat karya seni rupa dengan memanfaatkan berbagai teknik cetak sederhana menggunakan bahan alam | |
4.3 Menggambar dengan memanfaatkan beragam media kering | |
4.4 Membentuk karya seni rupa dari bahan lunak | |
4.5 Menyanyikan lagu anak-anak dan memperagakan tepuk birama dengan gerak | |
4.6 Memainkan pola irama lagu bertanda birama dua dengan tepuk dan gerak | |
4.7 Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu | |
4.8 Memainkan pola irama lagu bertanda birama dua dan tiga dengan alat musik ritmis | |
4.9 Melakukan gerak kepala, tangan, kaki, dan badan berdasarkan pengamatan alam di lingkungan sekitar | |
4.10 Menirukan gerak alam di lingkungan sekitar melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan berdasarkan rangsangan bunyi | |
4.11 Menirukan gerak alam di lingkungan sekitar dengan menggunakan level tinggi, sedang, dan rendah | |
4.12 Melakukan gerak alam di lingkungan sekitar dengan menggunakan level tinggi, sedang, dan rendah dengan iringan | |
4.13 Membuat karya kreatif dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan melipat, menggunting dan menempel | |
4.14 Membuat karya kreatif dengan mengolah bahan alam melalui kegiatan melipat, menggunting, dan menempel bentuk pola dan alur sederhana | |
4.15 Membuat karya kreatif fungsional dari bahan lunak buatan | |
4.16 Menyajikan jenis bahan makanan umbi-umbian dengan olahan sederhana | |
4.17 Menceritakan karya seni budaya benda dan bahasa daerah setempat | |
Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya | |
Kelas II (Dua) | |
KOMPETENSI INTI | KOMPETENSI DASAR |
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya | 1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan |
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru | 2.1 Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni |
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni | |
2.3 Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni | |
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah | 3.1 Mengenal bahan dan alat serta fungsinya dalam membuat karya seni rupa |
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis | |
3.3 Memahami gerak sehari-hari dengan memperhatikan tempo gerak | |
3.4 Mengetahui cara mengolah bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif dan olahan makanan | |
3.5 Memahami budaya dan bahasa daerah di tempat tinggalnya | |
3.6 Mengenal karya seni budaya tak benda dan bahasa daerah setempat | |
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia | 4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, bentuk dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar |
4.2 Membuat karya seni mozaik sederhana dengan dengan menggunakan bahan alam | |
4.3 Menggambar imajinatif dengan memanfaatkan beragam media | |
4.4 Membentuk karya relif dari bahan lunak | |
4.5 Menyanyikan lagu anak-anak dengan pola irama yang bervariasi | |
4.6 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama empat | |
4.7 Menyanyikan lagu anak-anak sederhana dengan membuat kata-kata sendiri yang bermakna | |
4.8 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga | |
4.9 Menirukan gerak binatang dengan mengamati secara langsung atau dengan media rekam | |
4.10 Menirukan gerak binatang dengan mengamati secara langsung atau media rekam menggunakan tempo lambat, sedang, dan cepat | |
4.11 Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan dengan mengamati secara langsung atau dengan media rekam | |
4.12 Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan menggunakan tempo lambat, sedang, dan cepat sesuai dinamika gerak | |
4.13 Membuat karya kreatif sebagai penghias benda dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatah melipat, menggunting dan menempel | |
4.14 Membuat karya kreatif dengan mengolah bahan alam di lingkungan rumah melalui kegiatan melipat, menggunting, dan menempel | |
4.15 Membuat karya kreatif fungsional dari berbagai bahan dengan cara sederhana | |
4.16 Menyajikan olahan makanan dari buah dan sayuran di lingkungan sekitar | |
4.17 Menceritakan karya seni budaya tak benda dan bahasa daerah setempat | |
Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya | |
Kelas III (Tiga) | |
KOMPETENSI INTI | KOMPETENSI DASAR |
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya | 1.1 Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugrah Tuhan |
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tatangganya | 2.1 Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni. |
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan ide dalam berkarya seni | |
2.3 Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni | |
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah | 3.1 Mengenal gambar dekoratif dan montase |
3.2 Membedakan pola irama rata dan bervariasi lagu bertanda birama enam | |
3.3 Memahami gerak kuat dan lemah dalam tari dengan menggunakan musik sebagai iringan | |
3.4 Mengetahui cara mengolah bahan alam dan buatan untuk membuat prakarya | |
3.5 Memahami makna karya seni budaya dengan bahasa daerah setempat | |
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia | 4.1 Menggambar dekoratif dengan mengolah perpaduan garis, warna, bentuk dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar |
4.2 Membuat karya seni montase dari berbagai media | |
4.3 Menghias benda dengan gambar dekoratif | |
4.4 Membentuk karya imajinatif dari bahan lunak | |
4.5 Menyanyi lagu wajib dan lagu permainan dari daerah sesuai dengan isi lagu | |
4.6 Memainkan alat musik ritmis pola irama bervariasi sambil bernyanyi | |
4.7 Menyanyikan lagu anak-anak bertanda birama enam sesuai dengan isi lagu. | |
4.8 Memainkan pola irama bertanda birama 6 dengan perubahan tempo dan dinamika | |
4.9 Mengembangkan gerak berdasarkan hasil pengamatan alam sekitar ke dalam bentuk tari bertema | |
4.10 Mengembangkan gerak alam sekitar ke dalam bentuk tari bertema mengacu pada gaya tari daerah berdasarkan level, tempo dan dinamika gerak | |
4.11 Memperagakan gerak alam sekitar ke dalam bentuk tari bertema berdasarkan level, tempo dan dinamika | |
4.12 Menampilkan gerak ke dalam bentuk tari bertema berdasarkan level dan tempo gerak dengan iringan musik | |
4.13 Membuat karya kreatif anyaman dengan bahan alam atau buatan di lingkungan | |
4.14 Membuat karya kreatif dengan mengolah bahan buatan lingkungan rumah melalui kegiatan bermain melipat, menggunting, dan menempel | |
4.15 Membuat karya kreatif fungsional dari bahan limbah rumah tangga | |
4.16 Melakukan penanaman tanaman penghasil bahan pangan di lingkungan sekitar | |
4.17 Menceritakan makna karya seni budaya dengan bahasa daerah setempat | |
Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya | |
Kelas IV (Empat) | |
KOMPETENSI INTI | KOMPETENSI DASAR |
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya | 1.1 Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah tuhan |
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya | 2.1 Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni |
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan ide dalam berkarya seni | |
2.3 Menunjukkan perilaku Mengenal sikap disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni | |
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain | 3.1 Mengenal tempat- tempat industri, bersejarah, dan seni pertunjukan di daerah setempat |
3.2 Mengenal gambar alam benda, dan kolase | |
3.3 Membedakan panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada dengan gerak tangan | |
3.4 Mengenal tari-tari daerah dan keunikan geraknya | |
3.5 Mengetahui berbagai alur cara dan pengolahan media karya kreatif | |
3.6 Memahami cerita terkait situs-situs budaya baik benda maupun tak benda di Indonesia dengan menggunakan bahasa daerah | |
4. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain | 4.1 Menggambar alam berdasarkan pengamatan keindahan alam |
4.2 Membuat karya seni kolase dengan berbagai bahan | |
4.3 Menggambar model benda kesukaan berdasarkan pengamatan langsung | |
4.4 Membentuk karya seni tiga dimensi dari bahan alam | |
4.5 Menyanyikan lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada | |
4.6 Memainkan pola irama lagu bertanda birama empat dan menunjukkan perbedaan panjang pendek bunyi | |
4.7 Menyanyikan solmisasi lagu wajib dan lagu daerah yang harus dikenal | |
4.8 Memainkan alat musik melodis lagu yang telah dikenal sesuai dengan isi lagu | |
4.9 Menunjukkan makna gerak ke dalam bentuk tari bertema dengan mengacu pada gaya tari daerah | |
4.10Memperagakan makna gerak ke dalam bentuk tari bertema dengan mengacu pada gaya tari daerah berdasarkan ruang gerak | |
4.11Mengembangkan makna gerak ke dalam bentuk tari bertema dengan mengacu pada gaya tari daerah berdasarkan ruang gerak dan pola lantai | |
4.12Memperagakan makna gerak ke dalam bentuk tari bertema dengan mengacu pada gaya tari daerah berdasarkan ruang gerak dan pola lantai | |
4.13Membuat karya kreatif dengan cara meronce memanfaatkan bahan alam dan buatan dari lingkungan | |
4.14Membuat karya kreatif yang diperlukan untuk melengkapi proses pembelajaran dengan memanfaatkan bahan di lingkungan | |
4.15Membuat karya kreatif berupa benda aksesoris pelengkap busana dengan berbagai bahan dan cara pembuatan | |
4.16Membuat karya teknologi sederhana dengan memanfaatkan tali sebagai tenaga penggerak | |
4.17Menceritakan cerita terkait situs-situs budaya baik benda maupun tak benda di Indonesia dengan menggunakan bahasa daerah |
Kelas V (Lima) Semester I | |
---|---|
Standar Kompetensi : Seni Rupa | |
1. Mengapresiasi karya seni rupa | 1.1Menjelaskan makna motif hias |
1.2 Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah setempat | |
1.3. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa Nusantara daerah setempat | |
2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa | 2.1. Mengekspresikan diri melalui gambar dekoratif dengan motif hias Nusantara |
2.2. Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi dengan tema hewan dan kehidupannya | |
2.3. Membuat motif hias dasar jumputan pada kain | |
Standar Kompetensi | |
Seni Musik | |
3. Mengapresiasi karya seni musik | 3.1. Mengidentifikasi berbagai ragam lagu daerah Nusantara |
3.2. Menjelaskan makna ansambel sejenis | |
3.3. Menampilkan sikap apresiatif terhadap berbagai musik/lagu daerah Nusantara | |
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik | 4.1. Memainkan alat musik ritmis dan melodis sederhana dalam bentuk ansambel sejenis |
4.2. Mengadakan pementasan perpaduan musik, tari dan bahasa | |
Seni Tari | |
5. Mengapresiasi karya seni tari | 5.1. Mengidentifikasi gerak, busana, dan perlengkapan seni tari Nusantara daerah lain |
5.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gerak, busana, dan perlengkapan karya seni tari Nusantara daerah lain | |
6. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari | 6.1. Menyiapkan peragaan tari Nusantara daerah lain tanpa iringan |
6.2. Memeragakan tari Nusantara daerah lain tanpa iringan | |
Keterampilan | |
7.Mendeskripsi Karya Seni kerajinan | 7.1. Mendeskripsi kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan karya kerajinan meronce |
7.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya kerajinan meronce | |
8. Membuat karya kerajinan dan benda permainan | 8.1Merancang karya kerajinan meronce |
8.2. Membuat karya kerajinan meronce | |
8.3. Merancang benda permainan yang digerakkan dengan tali | |
8.4. Membuat benda permainan yang digerakkan dengan tali |
Kelas V, Semester 2 | |
---|---|
Standar Kompetensi | |
Seni Rupa | |
9. Mengapresiasi karya seni rupa | 9.1Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah setempat |
9.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa Nusantara daerah setempat | |
10. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa | 10.1 Membuat topeng secara kreatif dalam hal teknik dan bahan |
10.2. Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi manusia dan kehidupannya | |
10.3. Menyiapkan karya seni rupa yang diciptakan untuk pameran kelas | |
10.4. Menata karya seni rupa yang diciptakan dalam bentuk pameran kelas/sekolah | |
Seni Musik | |
11. Mengapresiasi karya seni musik | 11.1. Mengidentifikasi berbagai ragam lagu daerah Nusantara |
11.2. Menjelaskan makna ansambel gabungan | |
11.3. Menampilkan sikap apresiatif terhadap berbagai musik/lagu wajib dan daerah Nusantara | |
12. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik | 12.1. Memainkan alat musik ritmis dan melodis sederhana dalam bentuk ansambel gabungan |
12.2. Menyiapkan pertunjukan lagu daerah Nusantara dengan iringan sederhana untuk dipentaskan di kelas atau di sekolah | |
12.3. Mementaskan pertunjukan lagu daerah Nusantara dengan iringan sederhana di kelas atau di sekolah | |
Seni Tari | |
13. Mengapresiasi karya seni tari | 13.1. Mengidentifikasi gerak, busana, dan perlengkapan seni tari Nusantara daerah lain |
13.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gerak, busana, dan perlengkapan karya seni tari Nusantara daerah lain | |
13.3. Menampilkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah lain | |
14. Mengekspresikan diri melalui seni tari | 14.1. Menyiapkan penyajian tari Nusantara daerah lain dengan iringan |
14.2. Menyajikan tari Nusantara daerah lain dengan iringan | |
14.3. Mengadakan pementasan perpaduan seni musik dan seni tari | |
Keterampilan | |
15. Mengapresiasi karya kerajinan | 15.1. Mendeskripsikan kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan karya kerajinan makrame |
15.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya kerajinan makrame | |
16. Membuat karya kerajinan dan benda permainan | 16.1. Merancang karya kerajinan makrame |
16.2. Membuat karya kerajinan makrame | |
16.3. Merancang benda permainan yang digerakkan dengan tali | |
16.4. Membuat benda permainan yang digerakkan dengan tali |
Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya | ||
---|---|---|
Kelas V (Lima) | ||
Semester I | ||
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | |
Seni Rupa | ||
1.Mengapresiasi,karya seni rupa | 1.1 | Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain |
1.2 | Menjelaskan cara membatik | |
1.3 | Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa Nusantara daerah lain | |
2. Mengekspresikan diri melalui karya,seni rupa. | 2.1 | Membatik dengan teknik sederhana |
2.2 | Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi dengan tema suasana di sekitar sekolah | |
2.3 | Merancang boneka | |
2.4 | Membuat boneka berdasarkan rancangan | |
Seni Musik | ||
3. Mengapresiasi,seni musik | 3.1 | Mengidentifikasi berbagai ragam musik daerah Nusantara |
3.2 | Menampilkan sikap apresiatif terhadap berbagai ragam musik daerah Nusantara | |
4. Mengekspresikan diri melalui karya,seni musik | 4.1 | Memainkan alat musik ritmis dan melodis |
4.2 | Menyanyikan lagu wajib, daerah dan Nusantara dengan iringan sederhana | |
Seni Tari | ||
5. Mengapresiasi karya seni tari | 5.1 | Menjelaskan makna pola lantai pada tarian |
5.2 | Membandingkan pola lantai gerak tari Nusantara daerah setempat | |
5.3 | Menganalisis pola lantai gerak tari Nusantara daerah setempat | |
6. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari | 6.1 | Menyiapkan peragaan tari Nusantara daerah setempat dengan pola lantai secara perorangan dan berkelompok |
6.2 | Memeragakan tari Nusantara daerah setempat dengan pola lantai secara perorangan dan berkelompok | |
Keterampilan | ||
7. Mengapresiasi karya kerajinan | 7.1 | Mendeskripsikan kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan karya kerajinan anyaman |
7.2 | Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya kerajinan anyaman | |
8. Membuat karya kerajinan | 8.1 | Membuat kerajinan anyaman |
8.2 | Merancang benda pakai dari bahan anyaman | |
8.3 | Membuat benda pakai dari bahan anyaman |
Semester 2 | |||
---|---|---|---|
Standar Kompetensi | |||
Seni Rupa | |||
Kompetensi | Kompetensi Dasar | ||
9 | Mengapresiasi karya seni rupa | 9.1 | Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain |
9.2 | Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa Nusantara daerah lain | ||
10 | Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa | 10.1 | Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi suasana alam sekitar |
10.2 | Menyiapkan karya seni rupa yang dibuat untuk pameran kelas | ||
10.3 | Menata karya seni rupa yang dibuat untuk pameran kelas | ||
Seni Musik | |||
11 | Mengapresiasi karya seni musik | 11.1 | Membandingkan berbagai lagu dan musik Nusantara |
11.2 | Menampilkan sikap apresiatif terhadap berbagai lagu dan musik Nusantara | ||
12 | Mengekspresikan diri melalui karya seni musik | 12.1 | Memainkan alat musik ritmis dan melodis |
12.2 | Menyiapkan pertunjukan lagu daerah dan lagu Nusantara dengan iringan musik sederhana | ||
12.3 | Mementaskan pertunjukan nyanyian lagu daerah dan lagu Nusantara dengan iringan musik sederhana | ||
Seni Tari | |||
13 | Mengapresiasi karya seni tari | 13.1 | Membandingkan pola lantai gerak tari Nusantara |
13.2 | Menganalisis pola lantai gerak tari Nusantara berdasarkan pengamatan | ||
14 | Mengekspresikan diri melalui karya seni tari | 14.1 | Memeragakan tari Nusantara dengan pola lantai secara berkelompok |
14.2 | Menyiapkan pertunjukan tari Nusantara di sekolah | ||
14.3 | Menggelar pertunjukan tari Nusantara di sekolah | ||
Keterampilan | |||
15 | Mengapresiasi karya kerajinan | 15.1 | Mendeskripsikan kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan karya kerajinan benda mainan beroda |
15.2 | Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya kerajinan benda mainan beroda | ||
16 | Membuat benda mainan beroda | 16.1 | Mera ncang benda mainan beroda |
16.2 | Membuat benda mainan beroda |
Baca juga: Layanan Bimbingan Psiko-Edukatif di Sekolah
Selanjutnya silahkan Klik Kembali <Back> untuk menuju Label Curriculum (Kurikulum) dan “Klik Sitemap” pada bilah atas yang sudah disediakan semoga menemukan apa yang anda cari dari situs Abah Opar and terima kasih sudah berkunjung "good luck"
Selanjutnya silahkan Klik Kembali <Back> untuk menuju Label Curriculum (Kurikulum) dan “Klik Sitemap” pada bilah atas yang sudah disediakan semoga menemukan apa yang anda cari dari situs Abah Opar and terima kasih sudah berkunjung "good luck"