Tujuan pembelajaran bahasa dan sastra Sunda SD Negeri Wilayah Perbatasan Katagori C atau D secara umum agar peserta didik mencapai tujuan-tujuan berikut.
1.
Peserta
didik menyenangi pengalamannya berbahasa Sunda baik dalam bentuk lisan maupun
tulisan.
2.
Peserta
didik memahami dan mampu menggunakan bahasa Sunda dalam berbagai konteks
komunikasi untuk meningkatkan kemampuan intelektual, kematangan emosi, dan
kematangan sosial.
3.
Peserta
didik menghargai bahasa Sunda sebagai bagian dari warisan kebudayaan masyarakat
Sunda dan bagian dari kekayaan kebudayaan nasional.
Tabel:
Daftar Tema dan Alokasi Waktunya Pada
Kelas IV-V dan VI
KELAS IV | KELAS V | KELAS VI | |||
---|---|---|---|---|---|
TEMA | WAKTU | TEMA | WAKTU | TEMA | WAKTU |
1. Indahnya Kebersamaan | 4 Minggu | 1. Bermain dengan Benda-benda di sekitar | 4 Minggu | 1. Selamatkan makhluk hidup | 4 Minggu |
2. Selalu Berhemat Energi | 4 Minggu | 2. Peristiwa dalam Kehidupan | 8 Minggu | 2. Persatuan dalam perbedaan | 4 Minggu |
a. Perisitwa yang Menyenangkan, Menyedihkan, dan Berkesan. | |||||
b. Peristiwa Bencana Aalam | |||||
3. Peduli terhadap Makhluk Hidup | 4 Minggu | 3. Hidup Rukun | 4 Minggu | 3. Tokoh dan Penemu | 4 Minggu |
4. Berbagai Pekerjaan | 4 Minggu | 4. Sehat itu Penting | 4 Minggu | 4. Globalisasi | 4 Minggu |
5. Menghargai Jasa Pahlawan | 4 Minggu | 5. Bangga sebagai Bangsa Indonesia | 4 Minggu | 5. Wirausaha | 4 Minggu |
6. Indahnya Negeriku | 4 Minggu | 6. Menjaga Kelestarian Lingkungan | 4 Minggu | 6. Kesehatan masyarakat | 4 Minggu |
7. Cita-citaku | 4 Minggu | 7. Makanan Sehat dan Bergizi | 4 Minggu | ||
8. Daerah Tempat Tinggalku | 4 Minggu |
Tujuan kurikulum mencakup empat
kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3)
pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses
pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi
Keterampilan dirumuskan sebagai berikut:
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual,
yaitu "Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya”.
Adapun rumusan kompetensi sikap sosial, yaitu "Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air”. Kedua
kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching),
yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan
karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta
didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi
sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan
sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik
lebih lanjut.
Kompetensi Seni dan Sastra Sunda
Kelas IV
Tema Kelas IV | KI 3 | KI 4 |
---|---|---|
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpai di rumah, sekolah. | 4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. | |
TEMA | KOMPETENSI DASAR | KOMPETENSI DASAR |
1. Indahnya kebersamaan | 3.1 Mengidentifikasi isi percakapan tentang indahnya kebersamaan (Tema 1) | 4.1 Memeragakan percakapan tentang Indahnya kebersamaan (Tema1) |
2. Selalu Berhemat Energi | 3.2 Memahami teks argumentasi sederhana tentang selalu berhemat energi. (Tema 2) | 4.2 Menceritakan isi teks argumentasi sederhana tentang selalu berhemat energi. (Tema2) |
3. Peduli terhadap Makhluk Hidup | 3.3 Memahami teks percakapan tentang peduli terhadap sesama mahluk hidup. (Tema 3) | 4.3 Memeragakan percakapan tentang peduli terhadap sesame mahluk hidup dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang benar. (Tema 3) |
4. Berbagai Pekerjaan | 3.4 Memahami teks deskripsi sederhana tentang berbagai pekerjaan (gambar berbagai jenis pekerjaan). (Tema 4) | 4.4 Menyusun karangan pendek berdasarkan gambar tentang berbagai jenis pekerjaan dengan menggunakan ejaan yang tepat. (Tema 4) |
5. Menghargai Jasa Pahlawan | 3.5 Memahami teks narasi sederhana tentang menghargai jasa pahlawan dari daerah Sunda. (Tema 5) | 4.5 Menceritakan isi teks narasi sajak tentang menghargai jasa pahlawan dari Sunda secara lisan. (Tema 5) |
6. Indahnya Negeriku | 3.6 Memahami teks sajak tentang indahnya negeriku. (Tema 6) | 4.6 Membaca teks sajak tentang indahnya negeriku dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang benar. (Tema 6) |
7. Cita-citaku | 3.7 Memahami teks kawih tentang cita-citaku. (Tema 7) | 4.7 Melantunkan kawih |
tentang cita-citaku. (Tema 7) | ||
8. Daerah Tempat Tinggalku | 3.8 Memahami teks percakapan tentang daerah tempat tinggalku. (Tema 8) | 4.8 Memeragakan percakapan daerah tempat tinggalku dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang benar. (Tema 8) |
TEMA KELAS V | KI 3 | KI 4 |
3. Memahami pengetahuan faktualdan konseptualdengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda- benda yang dijumpai di rumah, di sekolah, dan tempat bermain. | 4. Menyajikan pengetahuan faktualdan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. | |
TEMA | KOMPETENSI DASAR | KOMPETENSI DASAR |
Bermain dengan Benda-benda di sekitar | 3.1 Memahamiteks deskripsi tentang kaulinan barudak yang menggunakan benda di sekitar. (Tema 1) | 4.1 Memeragakan kaulinan barudak yang menggunakan benda di sekitar. (Tema1) |
Peristiwa dalam Kehidupan | 3.2 Memahami teks narasi tentang peristiwa dalam kehidupan (peristiwa yang menyenangan, menyedihkan, berkesan). (Tema 2a) | 4.2 Membuat ringkasan dari teks narasi tentang peristiwa dalam kehidupan. (Tema 2a) |
3.2b Memahami teks carpon tentang peristiwa alam (bencana/ musibah) dengan membaca di dalam hati, mengidentifikasi kosa kata dan bertanya jawab. (Tema 2b) | 4.2b Menceritakan kembali isi carpon berdasarkan kata-kata sendiri dengan kalimat yang baik dan santun. (Tema 2b) | |
3. Hidup Rukun | 3.3 Memahami isi teks guguritan tentang hidup rukun. (Tema 3) | 4.3 Menembangkan dan menceritakan isi guguritan tantang hidup rukun. (Tema 3) |
4. Sehat itu Penting | 3.4 Memahami isi teks percakapan tentang sehat itu penting. (Tema 4) | 4.4 Memeragakan dan menceritakan isi percakapan tentang sehat itu penting. (Tema 4) |
5. Bangga sebagai Bangsa Indonesia | 3.5 Memahami teks kawih tentang bangga sebagai bangsa Indonesia. (Tema 5) | 4.5 Melantunkan dan menceritakan isi kawih tentang bangga sebagai bangsa Indonesia. (Tema 5) |
6. Menjaga Kelestarian Lingkungan | 3.6 Memahami teks sajak tentang menjaga kelestarian lingkungan melalui membaca nyaring dan membaca dalam hati. (Tema 6) | 4.6 Membacakan sajak tentang menjaga kelestarian lingkungan dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang benar. (Tema 6) |
Makanan Sehat dan Bergizi | 3.7 Memahami teks eksposisi sederhana tentang makanan sehat dan bergizi (makanan tradisional Sunda. (Tema 7) | 4.7 Menyajikan teks eksposisi sederhana tentang makanan sehat dan bergizi (makanan tradisional Sunda) baik secara lisan maupun tulis. (Tema 7) |
TEMA KELAS VI | KI 3 | KI 4 |
3. Memahami pengetahuan factual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda- benda yang dijumpai di rumah, di sekolah, dan tempat bermain. | 4. Menyajikan pengetahuan factual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. | |
TEMA | KD | KD Review |
1. Selamatkan Makhluk Hidup | 3.1 Memahami teks carita pondok tentang penyelamatan makhluk. (Tema 1) | 4.1 Menceritakan isi teks carpon tentang penyelamatan mahluk. (Tema 1) |
2. Persatuan dalam Perbedaan | 3.2 Memahami teks argumentasi tentang persatuan dalam perbedaan (melalui kegiatan mengamati gambar dan tayangan video). (Tema 2) | 4.2 Menyajikan isi teks argumentasi tentang persatuan dalam perbedaan. (Tema 2) |
3. Tokoh dan Penemu | 3.3 Memahami bagian teks biografi tokoh Sunda sebagai teladan dan kebanggaan (seperti Mochtar Kusumaatmaja, Ajip Rosidi, Prof. Ganjar Kurnia, jrre). (Tema 3) | 4.3 Menceritakan kembali isi bagian teks biografi tokohSunda. (Tema 3) |
4. Globalisasi | 3.4 Memahami teks deskripsi tentang globalisasi. (Tema 4) | 4.4 Menceritakan kembali isi teks tentang globalisasi. (Tema 4) |
5. Wirausaha | 3.5 Memahami teks wawancara tentang wirausaha. (Tema 5) | 4.5 Menyajikan teks laporan hasil wawancara tentang wirausaha. (Tema 5) |
6. Kesehatan Masyarakat | 3.6 Mengamati teks pidato tentang kesehatan masyarakat. (Tema 6) | 4.6 Membacakan teks pidato tentang kesehatan masyarakat dengan suara nyaring. (Tema 6) |
Bagi
saudaraku yang mau mengenal tentang pantun atau akan membuat pantun link
berikut ini bisa membantu silahkan kunjungi tentang Pengertian DanContoh Macam-Macam Pantun
Juga bagi rekan-rekan yang sedang membutuhkan model-model pembelajaran untuk perbendaharaan knowledge kita bisa lihat di sini salah satu contohnya Model Pembelajaran Round Club dan masih banyak lagi yang lainnya. Semoga bermanfaat.
Post by: Opar Suparma, M.Si.
Juga bagi rekan-rekan yang sedang membutuhkan model-model pembelajaran untuk perbendaharaan knowledge kita bisa lihat di sini salah satu contohnya Model Pembelajaran Round Club dan masih banyak lagi yang lainnya. Semoga bermanfaat.
Post by: Opar Suparma, M.Si.
<Back>