Kata
Pengantar
Puji
syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat hidayah
Nya, sehingga buku Rencana Kerja Tahunan Sekolah (RKTS) SD Jempolan Kecamatan Sukmajaya Tahun pelajaran 2018-2019
dapat terselesaikan.
Tujuan
penyusunan Rencana Kerja Tahunan Sekolah ini adalah sebagai acuan dalam penyelenggaraan
pelaksanaan berbagai program yang telah dirancang sehingga pelaksanaan kegiatan
dapat berjalan secara efektip dan evisisen dalam penggunaan sarana prasarana,
pendanaan dan sumber-sumber lainnya.
Dapat
kita pahami bahwa keberhasilan pelaksanaan Rencana Kerja Tahunan Sekolah (RKTS)
ini sepenuhnya tergantung kepada semua eleman yang ada di Sekolah seprti Kepala
Sekolah, tenaga pendidik, tenaga kependidikan, orangtua siswa dan
masyarakat dimana SD Jempolan itu berada.
Penyusun menyadari bahwa apa yang dapat disajikan
dalam buku Rencana Kerja Tahunan Sekolah ini masih banyak
kekurangan-kekurangannya seperti pepatah mengatakan “tiada gading yang tak retak”
oleh karena itu, kritik dan saran dari pembaca selalu diharapkan demi perbaikan
buku ini.
Akhir
kata, penyusun menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu
tersusunnya buku Rencana Kerja Tahunan Sekolah (RKTS) ini, khususnya kepada Ibu
pengawas gugus 212 yang memberikan arahan dan masukkan dalam
penyusunan RKTS, semoga Allah SWT membalas semua usaha yang kita lakukan dengan
kebaikan, Aamiin.
Depok,
Juli 2018
Penyusun
Program
Kerja Tahunan Sekolah (RKTS)
Sd Jempolan
Tahun
Pelajaran 2018-2019
A. PROGRAM/
KEGIATAN STRATEGIS
|
||||
SASARAN
|
PROGRAM
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN
|
PENANGGUNG JAWAB
|
I.
KESISWAAN
|
||||
1.
Bertambahnya kualitas siswa yang mendaftar dari tahun ke
tahun
|
Kualitas
peserta didik
|
Adanya
peningkatan kualitas siswa dari tahun ke tahun
|
Sosialisasi
dengan masyarakat tentang perlunya pendidikan bagi anak
|
Kepala
sekolah
|
2.
Adanya
penambahan jumlah siswa penerima bantuan dari 30 orang menjadi 112 orang
|
Penambahan
jumlah siswa penerima bantuan yang kurang mampu secara ekonomi
|
Terbantunya
112 orang siswa yang kurang mampu secara ekonomi
|
1.
Membuat
usulan ke Dinas Pendidikan penambahan siswa yang menerima bantuan
2.
Mencari
donatur yang mau membantu siswa yang kurang mampu secara ekonomi
|
Kepala
Sekolah
Komite
Sekolah
|
3.
Terdatanya
anak usia sekolah (AUS) 7-15 tahun yang ada di kelurahan Kali Lama
|
Pendataan
anak usia sekolah 7-15 tahun yang terdapat di kelurahan
|
Terhindarnya
semua anak usia sekolah 7-15 tahun yang tidak bersekolah
|
- Pendataan anak usia
sekolah dari rumah ke rumah
- Mengambil data dari
kelurahan Kali Lama tentang jumlah anak usia sekolah yang belum masuk
sekolah
|
Kepala
sekolah
Guru
|
4.
Timbulnya
persamaan antara anak yang kurang mampu dengan anak yang mampu
|
Bantuan
terhadap siswa yang kurang siap dalam pembelajaran
|
Terbantunya
anak yang kurang siap dalam pembelajaran
|
Bimbingan
secara khusus diberikan oleh guru kelasnya masing-masing
|
Kepala
sekolah
Guru
|
II.
KURIKULUM DAN KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
||||
Semua guru
waktu melaksanakan kegiatan pembelajaran punya pedoman
|
Pembuatan
silabus dan rencana pembelajaran
|
Termilikinya
silanus dan rencana pembelajaran untuk lima mata pelajaran
|
Menyiapkan
bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat silabus dan rencana pembelajaran
|
Kepala
sekolah
Guru
|
Terlaksananya
penilaian sesuai yang diharapkan
|
Pelatihan
guru di gugus tentang sistem penilaian kelas
|
Terlaksananya
pelatihan guru di tingkat gugus
|
Mengikuti
pelatihan yang ada di gugus
|
Kepala
sekolah
Guru
|
Mampunya
guru menyesuaikan isi silabus dengan rencana pembelajaran
|
Pelatihan
guru tentang cara penyesuaian isi silabus dengan rencana pembelajaran
|
Terlatihnya
guru menyesuaikan isi silabus dengan pembelajaran
|
Mengirim
guru ke tempat pelatihan baik di tingkat gugus, kecamatan, dan Kota
|
Kepala
sekolah
Guru
|
Meningkatnya
kinerja kepala sekolah dalam melaksanakan kegiatannya sehari-hari
|
Peningkatan
wawasan kepala sekolah
|
Mampunya
kepala mengikuti perkembangan dunia pendidikan
|
- Banyak membaca
- Sering mengikuti seminar,
lokakarya, dll
|
Kepala
sekolah
|
III.
PENDIDIK DAN TENAGA
KEPENDIDIKAN
|
||||
32 orang
guru memiliki izajah S1, sisanya sedang melanjutkan jenjang S1
|
Peningkatan
kualifikasi pendidikan guru
|
Terlaksananya
8 orang guru mengikuti pendidikan S1
|
Mengikuti
perkuliahan di perguruan tinggi
|
Guru
|
Semua guru
mampu menguasai pembelajaran
|
Pelatihan guru
untuk menguasai materi pembelajaran
|
Terlaksananya
pelatihan penguasaan materi pembelajaran
|
Mengikuti
pelatihan guru di tingkat gugus
|
Kepala
Sekolah
|
IV.
MANAJEMEN
|
||||
Terbukanya
segala hal yang menyangkut tentang kegiatan kependidikan
|
Sosialisasi
tentang pendidikan dengan semua anggota komite
|
Terlibatnya
semua unsur terutama komite sekolah dalam perencanaan, pengelolaan kegiatan
pendidikan
|
- Sosialisasi dengan komite
sekolah
- Melibatkan komite dalam
kegiatan sekolah
|
Kepala
sekolah
Komite
sekolah
|
V.
SARANA DAN PRASARANA
|
||||
Terawatnya
semua ruangan gedung sekolah
|
Perbaikan
saluran air
|
Terawatnya
fasilitas Kebersihan
|
- Penjaga Sekolah dan Pihak
ke tiga
|
Kepala
sekolah
Komite
sekolah
|
Terawatnya
semua ruangan gedung sekolah
|
Perbaikan
Keramik
|
Fasilitas
ekskul pramuka terpenuhi
|
- Penjaga Sekolah dan Pihak
ke tiga
|
Kepala
sekolah
Komite
sekolah
|
Terawatnya
semua ruangan gedung sekolah
|
Perbaikan
atap ruang komputer
|
Terawatnya
fasilitas olahraga dan sarana bermain anak
|
- Penjaga Sekolah
|
Kepala
sekolah
|
Terawatnya
semua fasilitas sekolah
|
Pengecatan
Gedung
|
Terawatnya
fasilitas olahraga dan tempat bermain anak
|
- Petugas Kebersihan dan
Penjaga Sekolah
|
Kepala
sekolah
Komite
sekolah
|
Terpenuhinya
sarana kebersihan
|
Penambahan
Penampungan air
|
Terawatnya
fasilitas Kebersihan
|
- Penjaga Sekolah dan Pihak
ke tiga
|
Kepala
sekolah
Komite
sekolah
|
Terpenuhinya
sarana kebersihan
|
Pengadaan
tempat sampah
|
Membiasakan
pola hidup bersih dan sehat
|
- Petugas Kebersihan dan Pihak
ke tiga
|
Kepala
sekolah
Komite
sekolah
|
Terpenuhinya
sarana kebersihan
|
Pengadaan
alat alat kebersihan kelas
|
Terpenuhinya
kebutuhan alat / sarana kebersihan
|
- Petugas Sarpras
|
Kepala
sekolah
Komite
sekolah
|
Terpenuhinya
sarana kesehatan anak
|
Perawatan
sarana CTPS dan gosok gigi
|
Tumbuhnya
kebiasaan pola hidup bersih
|
- Petugas Kebersihan dan Pihak
ke tiga
|
Kepala
sekolah
Komite
sekolah
|
Terawatnya
fasilitas sekolah
|
Pengecatan
sekolah
|
Terlaksananya
pengecetan sekolah bersama masyarakat
|
- Penjaga Sekolah dan Pihak
ke tiga
|
Kepala
sekolah
Komite
sekolah
|
Terawatnya
fasilitas sekolah
|
Perbaikan
Unit Komputer Untuk Pembelajaran Siswa
|
Terawatnya
fasilitas Pembelajaran Komputer
|
- Pihak ke tiga
|
Kepala
sekolah
|
Terpenuhinya
kebutuhan ruang penyimpanan
|
Pengadaan
lemari tempat piala
|
Tersedianya
ruang penyimpanan dokumen sekolah yang memadai
|
- Petugas Sarpras
|
Kepala
sekolah
|
Terpenuhinya
sarana pengembangan Kegiatan belajar mengajar
|
Pengadaan rak
buku di kelas
|
Terpenuhinya
kebutuhan fasilitas peserta didik
|
- Petugas Sarpras
|
Kepala
sekolah
|
Terpenuhinya
sarana pengembangan ekstrakurikuler
|
Pengadaan
alat olahraga
|
Menunjang kegiatan
olah raga
|
- Petugas Sarpras dan guru
olahraga
|
Kepala
sekolah
Komite
sekolah
|
Terpenuhinya
semua fasilitas sekolah
|
Pengadaan
Sound System Baru
|
Menunjang
kegiatan di sekolah
|
- Petugas Sarpras
|
Kepala
sekolah
|
Terawatnya
semua ruang sekolah
|
Perbaikan
pintu kelas
|
Terlaksananya
perawatan fasilitas sekolah
|
- Penjaga Sekolah
|
Kepala
sekolah
Komite
sekolah
|
Terawatnya
semua ruangan gedung sekolah
|
Perawatan
sekolah
|
Terawatnya
gedung sekolah
|
- Petugas Kebersihan dan
pihak ke tiga
|
Kepala
sekolah
Komite
sekolah
|
Terawatnya
semua fasilitas sekolah
|
Perawatan
WC
|
Terlaksananya
perawatan beberapa fasilitas umum sekolah
|
- Petugas Kebersihan
|
Kepala
sekolah
Komite
sekolah
|
Termilikinya
semua buku pegangan guru untuk seluruh mata pelajaran
|
Pengadaan
buku Kurikulum 2013
|
Terlaksananya
pengadaan buku pegangan guru
|
- Pembelian buku pegangan
guru dari beberapa penerbit.
|
Kepala
sekolah
|
Memudahkan
pengerjaan administrasi sekolah
|
Pembelian
Laptop dan printer
|
Pengadaan
alat TIK dan kelengkapannya
|
- Pengadaan alat TIK dan
kelengkapannya
|
Kepala sekolah
|
Terawatnya
semua ruangan gedung sekolah
|
Perbaikan
Rolling Door
|
Terawatnya
gedung sekolah
|
- Petugas Kebersihan dan
pihak ke tiga
|
Kepala
sekolah
|
Terpenuhinya
Lingkungan yang indah dan nyaman
|
Pengadaan
Garden dan tanaman Hidroponik
|
Pengadaan
tanaman hidroponik dan tanaman Gardening
|
- Penjaga Sekolah dan Pihak
ke tiga
|
Kepala
sekolah
|
Terpenuhinya
sarana prasarana sekolah
|
Pengadaan
Ruang Kelas Baru
|
Pengadaan
Ruang Kelas Baru
|
- Kepala Sekolah dan Pihak
ke tiga
|
Kepala
sekolah
Komite
sekolah
|
VI.
KEUANGAN DAN PEMBIAYAAN
|
||||
Bertambahnya
anggaran sekolah yang berasal dari pemerintah
|
Penambahan
dana anggaran sekolah
|
Adanya
tambahan dana untuk anggaran sekolah
|
Rapat
dengan komite dan seluruh wali murid
|
Kepala
sekolah
Komite
|
VII.
BUDAYA DAN LINGKUNGAN
SEKOLAH
|
||||
Terjaganya
lingkungan sekolah yang bersih
|
Peningkatan
kebersihan lingkungan sekolah
|
Terpeliharanya
lingkungan yang bersih, rapih dan nyaman
|
Mengadakan
kegiatan jumat bersih untuk semua warga sekolah
|
Kepala
sekolah
Komite
|
VIII.
PERAN SERTA MASYARAKAT
DAN KEMITRAAN
|
||||
Adanya kepedulian
masyarakat terhadap sekolah
|
Pelatihan
komite sekolah tentang manajemen sekolah
|
Timbulnya
rasa tanggung jawab masyarakat khususnya komite sekolah terhadap sekolah
|
Mengadakan
kerjasama yang baik
|
Kepala
sekolah
Komite
|
Program
Kerja Tahunan
Kepala
Sekolah SD Jempolan
Tahun
Pelajaran 2018-2019
I.
UMUM
1.
Menyusun rencana kerja
tahunan
1.1. Disusun
pada awal tahun pelajaran oleh kepala sekolah bersama para guru
1.2. Rencana
kerja tahunan ini berfungsi sebagai :
1.2.1. Pegangan
dalam melaksanakan kegiatan sekolah untuk mengukur mana yang telah dilaksanakan
dan mana yang harus memerlukan penyempurnaan
1.2.2. Dimudahkan
pengawasan dan pembinaan serta penilaian dari pengawas TK/SD Kecamatan Sukmajaya
.
2.
Menyelenggarakan
rapat-rapat
2.1. Rapat
dimaksudkan sebagai kegiatan umum karena hasil rapat bisa mengangkat
permasalahan yang umum dan luas
2.2. Rapat
di sekolah berfungsi sebagai forum komunikasi resmi antara kepala sekolah
dengan guru guna sebagai perwujudan azaz demokrasi yaitu musyawarah untuk
mufakat
2.3. Selama
tahun pelajaran ini direncanakan menyelenggarakan rapat-rapat
2.3.1. Penyusunan
rencana kerja tahunan dan pembagian tugas guru dilaksanakan pada tahun ajaran
(juli)
2.3.2. Hasil
supervisi kelas pada hari sabtu dan setiap minggu
2.3.3. Persiapan
tes sumatif/ulangan semester
2.3.4. Persiapan
menghadapi UTS tahun pelajaran 2018-2019
2.3.5. Verifikasi
UAS/UASBN untuk menentukan hasil tidaknya siswa-siswi kelas VI (enam)
2.3.6. Persiapan
penerimaan siswa baru
2.3.7. Kenaikan
kelas dilaksanakan menjelang pembagian rapot
3.
Berperan serta dalam
rapat-rapat yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kota Depok .
4.
Menyusun tata tertib
sekolah, perpustakaan, penggunaan alat perlengkapan sekolah, dan alat
pendidikan jasmani.
5.
Melengkapi tertib
administrasi sekolah (ATK) antara lain :
5.1. Buku
tamu dinas
5.2. Buku
tamu gabungan
5.3. Buku
keuangan gabungan
5.4. Buku
peserta uas
5.5. Buku
ekspedisi
5.6. Buku
jadwal pelajaran
5.7. Buku
hasil ulangan umum/ujian semester
5.8. Buku
program pengajaran kepala sekolah
5.9. Buku
rencana program evaluasi
5.10.Buku
program supervisi
6.
Menyusun dan mengirimkan
:
6.1. Laporan
bulanan
6.2. Laporan
semester
6.3. Laporan
tahunan
6.4. Laporan
taraf serap kurikulum tiap semester
6.5. Laporan
pelaksanaan UAS
6.6. Laporan
lain yang diminta oleh kepala Dinas Pendidikan Kota Depok .
7.
Memeriksa dan menertibkan
arsip-arsip
8.
Mengatur dan melaksanakan
hari-hari libur sesuai kalender pendidikan
8.1. Liburan
umum
8.2. Liburan
akhir semester
8.3. Libur
khusus
8.4. Libur
besar akhir tahun pelajaran
II.
PENGAJARAN
1.
Menyusun jadwal
pelaksanaan tiap-tiap kelas dengan mempertimbangkan kepada :
1.1. Alokasi
waktu setiap mata pelajaran sesuai dengan kurikulum
1.2. penempatan
mata pelajaran sesuai dengan kondisi waktu
1.3. menempatkan
guru agama islam dan guru pendidikan jasmani
2.
Mengkoordinir penyusunan
dan pemeriksaan program pengajaran dan langkah-langkah sebagai berikut :
2.1. Menyediakan
format yang diperlukan
2.2. Memberi
petunjuk pengisian/pembuatan program tersebut
2.3. Memeriksa
program yang telah disusun oleh guru-guru
2.4. Membuat
program pengajaran kepala sekolah format PK 1
3.
Mengkoordinir penyusunan
silabus dan RPP
3.1. Memberikan
petunjuk tentang cara pembuatan RPP
3.2. Memeriksa
RPP yang telah dibuat oleh guru
3.3. Menginstruksikan
kepada guru-guru agar membuat/dikerjakan secara rutin, setiap pelaksanaan KBM
berpedoman pada persiapan mengajar
4.
Rencana mengatur
pelaksanaan evaluasi
4.1. Evaluasi
administrasi kelas setiap minggu
4.2. Evaluasi
hasil KBM di setiap kelas
4.3. Memeriksa
program evaluasi
4.4. Memantau
pelaksanaan evaluasi (ulangan semester)
4.5. Menginstruksikan
kepada guru-guru menganalisis hasil evaluasi
4.6. Memberi
petunjuk cara pengisian analisis hasil evaluasi
4.7. Menginstrusikan
guru memberi tindak lanjut hasil analisis evaluasi
4.8. Kepala
sekolah membuat program evaluasi
4.9. Kepala
Sekolah melaksanakan evaluasi kepada siswa berdasarkan tingkatan kelas
5.
Persiapan Pelaksanaan dan
Pelaporan Hasil Ulangan Akhir Semester
5.1. Menyusun
rencana menjelang Ulangan Akhir Semester dengan guru-guru
5.2. Mengawasi
pelaksanaan penyelenggaraan hasil ulangan akhir semester
5.3. Mengawasi,
pemeriksa pelaksanaan hasil ulangan
akhir semester
5.4. Menyusun
dan menyampaikan laporan ulangan akhir semester
6.
Melaksanakan kunjungan
kelas/observasi kelas
6.1. Sasaran
observasi kelas
6.1.1. Membina/membantu
para guru agar dapat meningkatkan KBM sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan
6.1.2. Mengetahui
sejauhmana kesenian atau pelaksanaan KBM dengan program pengajaran dan
persiapan mengajar.
6.2. Kunjungan
kelas dilaksanakan dengan cara :
6.2.1. Memberitahu
terlebih dahulu
6.2.2. Tanpa
pemberitahuan
6.2.3. Atas
undangan / pemetaan guru
7.
Pembagian Raport
7.1. Mengusahakan
penyediaan raport untuk kelas I (satu)
7.2. Mengusahakan
penyampaian raport tepat pada waktunya sesuai dengan kalender pendidikan
7.3. Menyediakan
buku "Daftar Penyerahan Raport"
7.4. Memeriksa
buku daftar penyerahan raport dari tiap kelas
7.5. Membuat
buku kenaikan kelas
8.
Persiapan dan Pelaksanaan
US
8.1 Menyediakan
kelengkapan yang diperlukan dalam ujian-ujian akhir semester US dan US/M
8.2 Membuat
daftar calon peserta US dan US/M untuk disampaikan kepada Dinas Pendidikan Kota
Depok
8.3 Membuat
peserta US dan US/M
8.4 Menugaskan
guru untuk mengawas dan memeriksa Ujian Akhir Sekolah
8.5 Memberitahukan
ketentuan US dan US/M
8.6 Menyelenggarakan US dan US/M
8.7 Mengawasi
pelaksanaan US dan US/M
8.8 Mengumpulkan
hasil US dan US/M
8.9 Mengatur
penulisan STTB
8.10Menyerahkan
STTB kepada peserta US dan US/M yang berhasil
8.11Menyusun
dan melaporkan penyelenggaraan US dan US/M
III. KEMURIDAN
1.
Penerimaan Siswa Baru
1.1. Menyampaikan
informasi kepada siswa-siswi dan masyarakat
1.2. Membentuk
panitia pelaksanaan murid baru
1.3. Menyediakan
format yang perlu di isi orang tua siswa
1.4. Mengadakan
pertemuan dengan sekolah yang berada dengan sekolah yang berada pada kelompok,
cara pelaksanaan penerimaan murid baru.
2.
Pengisian buku induk,
klaper dan buku mutasi murid
2.1. Pengisian
data murid pada buku induk, klaper dan mutasi murid
2.2. Mengisi
buku administrasi kemuridan
2.3. Pemeriksaan
dan pemeriksaan administrasi
3.
Menyusun, mengatur, dan
memeriksa data keadaan murid
3.1. Penyusunan
dan pengaturan murid pada awal tahun murid
3.2. Setiap
akhir bulan mencocokkan keadaan murid sesuai dengan mutasi murid
3.3. Menyampaikan
laporan keadaan murid sesuai dengan mutasi murid.
4.
Mengamati prestasi dan
absensi murid
4.1. Memeriksa
papan absent setiap kelas, buku daftar kelas
4.2. Mengisi
buku gabungan
4.3. Bersama
guru mencari jalan keluar untuk murid yang sangat sering meninggalkan
kelas/jam-jam pelajaran
5.
Monitoring pelaksanaan
evaluasi murid
5.1. Memeriksa
buku penilaian murid dan tiap kelas secara berkala
5.2. Mengusahakan
agar nilai itu benar-benar hasil belajar siswa
5.3. Menghimbau
kepada para guru untuk selalu meningkatkan hasil belajar siswa
6.
Program bimbingan dan
penyuluhan
6.1. Bersama
guru menyusun program BP
6.2. Melengkapii
sarana untuk pelaksanaan program BP
6.3. Buku
catatan pribadi siswa agar ditelaah sebagai umpan balik dalam mengatasi
kesulitan belajar siswa
6.4. Membimbing
guru dalam mengisi BP seperti :
6.4.1. Mengisi
buku pribadi siswa
6.4.2. Cara
mengatasi siswa yang mempunyai masalah
6.5. Agar
hasil bimbingan dan penyuluhan itu dilaporkan
7.
Mutasi murid
7.1. Mengusahakan
agar setiap terjadi mutasi siswa segera dilaksanakan, pencatatan pada buku
format yang telah ada
8.
Pengembangan kegiatan
ekstrakulikuler
8.1. Berusaha
meningkatkan kegiatan kepramukaan di sekolah
8.2. Berusaha
ikut serta dalam segala kegiatan yang diselenggarakan yang berhubungan dengan
hari-hari bersejarah
8.3. Menyenggarakan
karya wisata yang menunjang KBM
8.4. Memotivasi
siswa agar menggunakan hari-hari dengan kegiatan yang positif
8.5. Berpartisipasi
dalam memperingati hari-hari besar bersejarah nasional
9.
Mengatur dan mengawasi
pendaftaran ke SLTP
9.1. Melayani
pendaftaran secara kolektif dan atau yang mengurus sendiri ke SLTP / sekolah
yang sederajat
9.2. Mengumpulkan
orang tua siswa kelas VI untuk diberi pengarahan tentang pendaftaran ke SLTP
9.3. Mencatat
siswa yang melanjutkan ke SLTP Negeri maupun ke swasta
IV. PERSONALIA
1.
Mengentarisir personal
sekolah
1.1. Menyusun
data kepengawasan pada awal tahun ajaran
1.2. Melengkapi
data personal yang kurang
1.3. Melengkapi
data personal
2.
Merencanakan pembagian
tugas mengajar guru
2.1. Tugas
mengajar guru di tiap tingkatan kelas
2.2. Membagi
tugas guru untuk membantu administrasi kepada sekolah
2.3. Memperhatikan
kesejahteraan guru
2.4. Memotivasi
guru untuk meningkatkan KBM agar mutu pendidikan meningkat
2.5. Menghimbau
guru siap menambah pengetahuan dengan membaca buku yang berhubungan dengan
pendidikan
2.6. Menugaskan
guru dalam kegiatan US / US/M
2.7. Mengikut sertakan pada kegiatan
penataran, seminar dan kuliah S3
2.8. Mengurus
permohonan haji bagi guru yang akan menunaikan haji.
V. ADMINISTRASI,
ALAT PELAJARAN DAN ALAT KELENGKAPAN LAINNYA
1.
Mengatur dan
menginventariskan buku-buku pelajaran
1.1. Bersama
guru mengevaluasi buku yang dapat menunjang KBM
1.2. Menyusun
dan menginvertarisir buku-buku perpustakaan
1.3. Mengusahakan
alat-alat pelajaran/alat peraga
2.
Mengatur dan
memperhatikan kebersihan di dalam maupun di luar kelas
3.
Mengatur dan mengawasi
pemakaian alat pelajaran
4.
Memelihara dan
mengusahakan pengadaan dan pemeliharaan perabot sekolah
4.1. Membeli
kursi tamu
4.2. Membeli
kursi guru dan meja guru serta kepala sekolah
4.3. Memelihara
bangku dan tempat duduk siswa
4.4. Membeli
beberapa buah lemari kelas, kantor
4.5. Mengatur
dan menyusun serta memelihara catatan inventaris gedung, tanah dan perabotan
lainnya.
VI. KEUANGAN
1.
Menyusun rencana anggaran
dan belanja sekolah (RAPBS) berdasarkan musyawarah dengan komite sekolah dengan
perincian sebagai berikut :
1.1. Pengembangan
standar kompetensi kelulusan Rp. 75.757.720
1.2. Pengembangan
kurikulum / KTSP Rp.
28.272.080
1.3. Pengembangan
Proses Pembelajaran Rp.
281.114.000
1.4. Pengembangan
Sistem Penilaian Rp.
109.994.200
1.5. Pengembangan
Pendidik dan Tenaga Kependidikan Rp.
93.312.000
1.6. Pengembangan
Sarana dan Prasarana Sekolah Rp.
209.961.500
1.7. Pengembangan
Managemen Sekolah Rp.
15.952.000
1.8. Pengembangan
Standar Pembiayaan Rp. 188.938.500
JUMLAH Rp.
999.999.000
2.
Menertibkan dan
melengkapi buku-buku
3.
Pelaporan keuangan
3.1. Melaporkan
SPJ BOS ke kabupaten/dinas pendidikan.
VII.
HUBUNGAN
SEKOLAH DENGAN MASYARAKAT
1.
Meningkatkan hubungan
dengan orang tua siswa.
2.
Meningkatkan hubungan
dengan masyarakat sekeliling sekolah.
3.
Berperan serta dalam
kegiatan yang diselenggarakan pemerintah setempat.
VIII. PENUTUP
Demikian
program kerja ini kami susun sebagai bahan acuan dalam penyelenggaraan
pendidikan tahun pelajaran 2018-2019. semoga berhasil dengan lancar. Amiin.
Depok, Juli 2018
Kepala SD Jempolan
- RW. 09 Kalibaru Rintisan RW Layak Anak
- Sejarah RW. 09 Layak Anak
- Penduduk RW.09 Layak Anak
- Sarana & Prasarana RW.09 Layak Anak
- Video RW.09 Layak Anak
- Visi dan Misi RW.09 Layak Anak
- Program RW.09 Layak Anak
- Struktur Organisasi RW.09 Layak Anak
- Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli