Search here

17 Mar 2016

Contoh Proposal Tesis BAB 1 Implementasi Pendekatan Kooperatif Learning Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) dan Konsep Globalisasi Terhadap Hasil Belajar PKn




BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah


Sekolah sebagai lembaga pendidikan selalu berusaha terus menerus dan terprogram mengadakan pembenahan di berbagai bidang, termasuk salah satunya adalah proses belajar mengajar. Dalam pembelajaran, guru memiliki strategi agar siswa dapat belajar secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Seorang guru tidak akan mampu mengantarkan siswanya untuk mencapai sebuah tujuan pendidikan tanpa memiliki metode yang baik, dengan  kata lain mempunyai keterampilan dalam menyampaikan materi.





Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada BAB III pasal 4 menyatakan bahwa “Pendidikan diselenggarakan dengan memberi keteladanan, membangun kemauan, dan mengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran”.[1] Oleh karena itu dalam sebuah pembelajaran tidak hanya ketuntasan materi saja yang diperhatikan, tapi bagaimana sebuah pembelajaran bisa memberikan keteladanan dan motivasi serta mengembangkan kreativitas siswa sehubungan dengan keberhasilan pembelajaran.
Sejauh ini model pembelajaran yang diterapkan di sekolah-sekolah pada umumnya masih bersifat tradisional atau monoton. Salah satu penyebabnya adalah minmnya pengetahuan guru akan metode. Hal ini dapat diketahui berdasarkan observasi yang dilakukan di SD Negeri Mekarjaya. 



Dari observasi yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa pada dasarnya permasalahan yang dihadapi sangat beragam, baik yang muncul dari siswa maupun dari guru sendiri. Salah satu permasalahannya yaitu penguasaan metode atau strategi yang dimiliki guru masih sangat minim sehingga proses pembelajaran berlangsung monoton. Akibatnya tentu berpengaruh pada siswa yang merasa bosan, ngantuk, bahkan tidak adanya ketertarikan terhadap materi.
Tidak sedikit siswa yang merasa bosan dan kurang berminat dalam mengikuti pembelajaran PKn di kelas. Hal tersebut tentunya menjadi kendala dalam proses pembelajaran, akibatnya proses pebelajaran yang berlangsung sangat membosankan dan kurang efektif sehingga tujuan pembelajaran belum sepenuhnya tercapai. Oleh karena itu pendidik harus mempunyai metode yang tepat agar bisa menarik perhatian siswa serta memberikan pemahaman bagi mereka.

Banyak kendala yang dihadapi untuk mewujudkan siswa yang benar-benar berkompeten, artinya siswa yang mampu memahami dan mengamalkan apa yang telah disampaikan guru. Hal ini banyak dirasakan oleh guru dalam mengarahkan dan membimbing siswanya, terutama dalam sebuah proses pembelajaran di kelas. Guru di SD Negeri Mekarjaya 11 juga mengalami hal yang sama.

Setelah diadakan wawancara dengan beberapa guru serta observasi pra penelitian ternyata terdapat beberapa kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran yaitu sebagai Penerapan metode yang masih monoton disebabkan minimnya penguasaan guru terhadap metode itu sendiri, guru masih menerapkan ceramah serta tanya jawab, belum mengajak siswa untuk berpartisipasi aktif, kurangnya minat siswa dalam pembelajaran dapat diidentifikasi yaitu tampak raut muka siswa terlihat jenuh, mengantuk, dan tidak bersemangat pada saat pembelajaran berlangsung. 



Hal ini tentunya menghambat guru dalam penyampaian materi, tidak adanya ketertarikan siswa dalam proses pembelajaran berlangsung siswa kurang bergairah (mengantuk, lemas, lesu), beberapa siswa putra membuat gaduh, berbicara sendiri serta tidak memperhatikan penjelasan guru, siswa kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran, sehingga suasana kelas terasa membosankan, berpusat pada guru dan tidak adanya umpan balik (feedback) dari siswa ketika guru menyampaikan materi.



Dari beberapa poin di atas sangat jelas bahwa permasalahan pembelajaran PKn di SD Negeri Mekarjaya 11 khususnya kelas VI adalah kurangnya minat dan partisipasi siswa dalam mengikuti pembelajaran yang salah satu penyebabnya adalah penggunaan metode yang masih monoton.



Kendala-kendala tersebut menjadi masalah dalam penelitian yang berjudul “Implementasi Pendekatan Kooperatif Learning Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD)  dan Konsep Globalisasi  Terhadap Hasil Belajar  PKn Pada Siswa Kelas VI di SDN Mekarjaya 11 Depok”.


Metode STAD dipilih karena di dalamnya mengandung kegiatan-kegiatan yang menarik serta mengarahkan siswa untuk lebih aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran dan mendorong krativitas siswa untuk berkompetisi dengan teman sebayanya, melatih bekerjasama dalam sebuah tim serta mengembangkan sikap siswa.

Dengan penggunaan metode STAD tersebut diharapkan mampu memberikan kesempatan kepada siswa untuk berkomunikasi, kerjasama, bertukar pikiran, menjawab bahkan memberikan pertanyaan. Di samping itu juga telah dilakukan diskusi dengan guru mata pelajaran PKn terkait dengan penerapan metode cooperative learning tipe STAD dan konsep globalisasi.

B.  Fokus Penelitian
Berdasarkan latar belakang dan identifikasi masalah di SD Negeri Mekarjaya 11 Kota Depok, maka fokus penelitian menekankan pada penerapan metode pembelajaran Pendekatan Kooperatif Learning Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD)  dan Konsep Globalisasi sebagai variabel experimental (main effect), pada hasil belajar sebagai variabel terikat (dependent variable).sehingga dapat dirinci sebagai berikut:
X1 difokuskan pada implementasi pendekatan Kooperatif Learning Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD).
X2 difokuskan pada konsep globalisasi dan
Y   difokuskan pada hasil belajar  siswa.

C.  Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan, maka permasalahan penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut:
1.  Bagaimana implementasi pendekatan kooperatif learning tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar  PKn pada siswa kelas VI di SDN Mekarjaya 11 Depok?
2.    Bagaimana implementasi konsep globalisasi terhadap hasil belajar  PKn pada siswa kelas VI di SDN Mekarjaya 11 Depok?
3.  Bagaimana implementasi pendekatan kooperatif learning tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) dan konsep globalisasi terhadap hasil belajar  PKn pada siswa kelas VI di SDN Mekarjaya 11 Depok?

D.  Tujuan Penelitian
Sebagaimana perumusan masalah di atas, maka yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
1 Untuk mengetahuai strategi pembelajaran dengan  implementasi pendekatan Kooperatif Learning Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar  PKn merupakan inovatif dan bermutu di SDN Mekarjaya 11 Depok.
2   Untuk mengetahuai efektifitas dan efisiensi dari konsep globalisasi terhadap hasil belajar  PKn pada siswa kelas VI di SDN Mekarjaya 11 Depok.
3  Untuk mengetahuai solusi pemecahan masalah pembelajaran bahwa dengan implementasi pendekatan kooperatif learning tipe STAD dengan konsep globalisasi dapat meningkatkan hasil belajar  PKn pada siswa kelas VI di SDN Mekarjaya 11 Depok.

E.  Kegunaan Penelitian
Dari awal mulainya penelitan ini, diharapkan akan memberikan manfaat dan kegunaan yaitu :


1.  Bagi siswa agar mampu meningkatkan hasil belajar melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan  konsep globalisasi.
2.  Bagi sekolah merupakan bahan referensi untuk meningkatkan pelaksanaan model-model pembelajaran yang efektif dan efisien.

3.   Bagi Dinas Pendidikan sebagai bahan banding dan referensi untuk mengambil langkah yang strategis guna meningkatkan pelaksanaan pembelajaran yang lebih inovatif dan bermutu.
4. Bagi Mahasiswa merupakan bahan referensi belajar untuk terus meningkatkan inovasi pembelajaran yang berguna bagi dunia pendidikan di masa mendatang.
5. Bagi orang tua agar dapat memberikan peranan yang penting bagi anak-anak dalam meningkatkan hasil belajar melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD.


[1] Undang-Undang RI No. 14 Th. 2005 tentang Guru dan Dosen serta Undang-Undang RI No. 20 Th. 2003 tentang Sisdiknas, (Bandung: Citra Umbara, 2006), hal. 76.

    Posted by : Opar Suparma, M.Si


Related Post :


Pageviews Artcle

Rekomendasi Unuk Anda Baca

9 Prinsip Aqidah Ahlus Sunnah Wal-Jama'ah

Education and Knowledge Update   Apa Saja Yang Termasuk 9 Prinsip Aqidah Ahlus Sunnah Wal-Jama'ah itu ? Sahabatku beriku...

Comments
Comments