Search here

22 Des 2017

Introspection (Muhasabah)


Waktu Yang Menyertai Hidup Kita Adalah Puncak Dari Usaha Sebelumnya dan Pasti Selalu Baru
Apa yang dipikirkan ketika melihat diri kita lebih dalam?
"Waktu yang menyertai hidup kita adalah puncak dari usaha sebelumnya dan pasti selalu baru. Komunikasi antar sesama hanya detik ini yang baru selain itu usang, hanya hikmah yang membuat kita berubah dan karena kita yang mau mengubahnya. Lantas ... sejujurnya. !"
Dengan siapa kita harus mengadu ketika perbuatan dan perilaku yang salah membuat masalah?
Dengan siapa kita berbagi ketika sukses digapai dalam hidup ?
Kepada siapa kita memuji ketika cita-cita terlaksana?
Perbuatan apa yang akan dilakukan ketika jiwa dan raga dalam keadaan sehat pun sebaliknya ?
yang jelas untuk apa kita hidup dan mau kemana tujuan hidup kita ?
Sudahkah kita coba mulai dari yang termudah ... atau ... sungguh-sungguh sampai pada limits kemampuan ?

Semua jawabannya ada dalam kejujuran yang haqiqi pada qholbu .... disini.......!!! 
https://juraganopar.blogspot.com


Mari kita simak apa  Introspection atau muhasabah itu?
IntrospectionIntrospeksi berarti proses pengamatan terhadap diri sendiri dan pengungkapan pemikiran dalam yang disadari keinginan, dan Sensasi. 

Proses tersebut berupa proses mental yang disadari dan biasanya dengan maksud tertentu dengan berlandaskan pada pikiran dan perasaannya.


Bisa juga disebut sebagai kontempelasi pribadi, dan berlawanan dengan ekstropesi yang berupa pengamatan terhadap objek-objek di luar diri. Introspeksi mepunyai arti yang sama dengan refleksi diri.
Penganut behaviorisme berpendapat bahwa introspeksi tidak bisa diandalkan karena beranggapan bahwa permasalahan ilmiah dalam psikologis harus dalam bentuk sesuatu yang dapat diukur secara objektif. Hal ini membuat aliran tersebut lebih memperhatikan perilaku yang dapat diukur dibanding kesadaran atau sensasipsikologis kognitif menerima penggunaan metode ilmiah tetapi menolak introspeksi sebagai metode yang valid untuk penelitian berdasar alasan tersebut.
Di sisi lain, introspeksi dapat dianggap sebagai alat yang valid untuk mengembangkan hipotesis ilmiah dan model teoretis, khususnya dalam ilmu dan rekayasa kognitif.

Introspeksi digunakan oleh Wilhelm Wundt  dalam laboratorium psikologi eksperimental yang ia dirikan di Leivjing tahun 1879 Wundt beranggapan bahwa penggunaan introspeksi dalam penelitian akan menghasilkan informasi tentang bagaimana pikiran seseorang bekerja, sehingga ia ingin memeriksa pikiran tersebut sampai elemennya yang paling dasar. 

Wundt bukan sebagai penemu dari proses yang disebut introspeksi ini, melainkan sudah ada sejak zaman Sokrates Kontribusi Wundt adalah memasukkan metode ini ke dalam eksperimen ilmiah yang menjadi lapangan baru pada psikologi pada saat itu.
Disisi lain kata Introspeksi diri adalah waktu untuk menilai diri kita sendiri. memasang cermin untuk melihat seberapa baik atau buruk untuk kita sendiri ataupun untuk orang lain.
Proses menjadi lebih baik adalah proses dimana kita sudah mengetahui akan kesalahan dan ingin memperbaikinya dan tidak akan pernah mengulanginya.
Kegunaan introspeksi antara lain:
1.   Instropeksi diri adalah melihat ke dalam diri sendiri, Nah pada waktu melihat diri sendiri inilah kita harus benar-benar jujur untuk menghasilkan introspeksi diri yang tepat. Dan setelah itu mulailah hidup baru perbaiki kesalahan lalu, berpikirkan ke depan dengan segala sesuatu yang baik. Maka jadikan hari ini sebagai momentum diri menjadi pribadi yang sukses dan benar dengan introspeksi diri. Metode untuk mengatasi kekuasaan nafsu ammarah atas hati seorang adalah dengan selalu mengintrospeksi dan menyelisihinya.
2.     Memahami kelemahan pribadi. Introspeksi diri diawali dengan sikap rendah hati. Menyadari bahwa kita tidak luput dari kekeliruan atau kesalahan. Orang yang sombong tidak mau melakukan evaluasi diri karena selalu merasa benar. Akibatnya tidak ada pertumbuhan pribadi, karena hanya bersikap menyalahkan orang lain, situasi atau bahkan Tuhan. Memahami titik kritis berarti memiliki sikap waspada dan antisipasi. Kemampuan untuk menjaga diri dan mewaspadai situasi sebelum terjadi hal-hal yang fatal.
3.    Proses menuju pribadi yang lebih baik. Introspeksi diri bukan berarti bersikap menghakimi atau menyalahkan diri sendiri. Tetapi bentuk kebesaran hati untuk memperbaiki dan mengembangkan diri sendiri. Orang yang sulit melakukan introspeksi diri cenderung bersikap kekanak-kanakan. Karena kedewasaan dan kematangan pribadi lahir dari keterbukaan untuk mengevaluasi dan mengembangkan diri sendiri.
4.      Agenda introspeksi. Kapan dan apa saja dalam diri kita yang perlu dievaluasi?
a.  Pertama, sebelum melakukan sesuatu. Ada pepatah mengatakan bahwa orang yang mau membangun menara pasti akan memperhitungkan anggaran biayanya. Introspeksi dalam hal langkah awal yang harus dilakukan, bagaimana rencana dan kesanggupan atau sumber-sumber yang kita miliki.
b.   ketika sedang melakukan sesuatu. Introspeksi diperlukan untuk mencegah agar tidak terlanjur lebih jauh lagi jika ternyata ada kekeliruan. Hal-hal yang perlu dievaluasi adalah metode dan cara, asumsi dan pandangan, pengetahuan dan keahlian yang digunakan. Proses antisipasi titik kritis dan langkahlangkah perbaikan jika diperlukan.
c.    setelah melakukan sesuatu. Pengalaman selalu merupakan guru yang terbaik. Introspeksi diri berguna untuk tindakan perbaikan atau recovery jika terjadi kekeliruan. Atau menjadi pembelajaran agar kelak kita tidak mengulang kesalahan yang sama.
5.  Metode untuk mengatasi kekuasaan nafsu ammarah atas hati seseorang adalah dengan selalu mengintrospeksi dan menyelisihinya. Imam Ahmad meriwayatkan, Umar bin Khattahab berkata, “Hisablah dirimu sebelum dihisab! Timbanglah diri kalian sebelum kalian ditimbang! Sesungguhnya berintrospeksi bagi kalian pada hari ini lebih ringan daripada hisab di kemudian hari. Begitu juga dengan hari ‘aradl (penampakan amal) yang agung.”


Hasan al-Bashri berkata, “Seorang mukmin itu pemimpin bagi dirinya sendiri. Ia mengintrospeksi dirinya karena Allah. Sesungguhnya hisab pada hari kiamat nanti akan ringan bagi mereka yang telah mengadakannya di dunia. Dan sebaliknya hisab akan berat bagi kaum yang menempuh urusan ini tanpa pernah berintrospeksi. Seorang mukmin itu bisa saja dikejutkan oleh sesuatu dan ia takjub kepadanya. Lalu berkatalah ia, ‘Demi Allah, aku benar-benar menginginkanmu. Begitupun kamu adalah bagian dari kebutuhanku. Tetapi, Allah tidak memberi alasan bagiku untuk mencapaimu. Duhai, ada jurang diantara kau dan aku!’ Maka sesuatu itu pun lenyap dari hadapannya. Kemudian si mukmin akan kembali kepada dirinya dan berkata, ‘aku tidak menginginkan hal ini! Apa peduliku dengan semua ini! 


Demi Allah aku tidak akan mengulanginya selama-lamanya!’ Orang-orang yang beriman adalah orang-orang yang ditopang oleh Al-Qur’an. Al-Qur’an menghalangi kehancurannya. Seorang mukmin adalah tawanan di dunia yang berusaha membebaskan diri (menuju negerinya: akhirat). Dia tidak merasa aman sampai berjumpa dengan Allah. Dia tahu bahwa pendengaran, penglihatan, lisan, dan anggota badan, semuanya akan dimintai pertanggungjawaban.”

Sudah menjadi keharusan bagi setiap orang –yang beriman kepada Allah ‘Azza wa Jalla dan hari akhir –untuk tidak lupa mengintrospeksi nafsu; menyempitkan ruang geraknya, dan menahan gejolaknya. Sehingga, setiap hembusan nafas adalah mutiara bernilai tinggi, dapat ditukar dengan perbendaharaan yang kenikmatannya tak akan pernah sirna sepanjang masa.  Menyia-nyiakan nafas ini, atau menukarnya dengan sesuatu yang mendatangkan kecelakaan adalah kerugian yang sangat besar. Hanya saja, hakikat kerugian ini baru benar-benar tampak nanti di hari kiamat.”(Q.S Ali Imran: 30)


يَوۡمَ تَجِدُ كُلُّ نَفۡسٖ مَّا عَمِلَتۡ مِنۡ خَيۡرٖ مُّحۡضَرٗا وَمَا عَمِلَتۡ مِن سُوٓءٖ تَوَدُّ لَوۡ أَنَّ بَيۡنَهَا وَبَيۡنَهُۥٓ أَمَدَۢا بَعِيدٗاۗ وَيُحَذِّرُكُمُ ٱللَّهُ نَفۡسَهُۥۗ وَٱللَّهُ رَءُوفُۢ بِٱلۡعِبَادِ ٣٠
30. Pada hari ketika tiap-tiap diri mendapati segala kebajikan dihadapkan (dimukanya), begitu (juga) kejahatan yang telah dikerjakannya; ia ingin kalau kiranya antara ia dengan hari itu ada masa yang jauh; dan Allah memperingatkan kamu terhadap siksa-Nya. Dan Allah sangat Penyayang kepada hamba-hamba-Nya
Muhasabah (mengintrospeksi diri) itu ada dua macam; sebelum dan sesudah beramal. Muhasabah sebelum beramal yaitu hendaknya seseorang berhenti sejenak, merenungkan di saat pertama munculnya keinginan untuk melakukan sesuatu. Tidak bersegera kepadanya sampai benar-benar jelas baginya bahwa melakukannya lebih baik daripada meninggalkannya.
Hasan Al-Bashri berkata,” Semoga Allah merahmati seorang hamba yang berpikir di saat pertama ia ingin melakukan sesuatu. Jika itu karena Allah, ia lanjutkan, dan jika bukan karenaNya, ia menangguhkannya.
Muhasabah sesudah beramal itu ada tiga:
1.          Introspeksi diri atas berbagai ketaatan yang telah dilalaikan, yang itu adalah hak Allah ‘Azza wa Jalla. Bahwa ia telah melaksanakannya dengan serampangan, tidak semestinya. Padahal hak Allah ‘Azza wa Jalla berkaitan dengan satu bentuk ketaatan itu ada enam, yaitu, ikhlas dan setia kepada Allah di dalamnya; mengikuti Rasulullah Shallallaahu ‘alayhi wasallam; menyaksikannya dengan persaksian ihsan; menyaksikannya sebagai anugerah Allah ‘Azza wa Jalla baginya; dan menyaksikan kelalaian dirinya di dalam mengamalkannya. Demikianlah, ia harus melihat apakah dirinya telah memenuhi keseluruhannya, atau belum.
2.          Introspeksi diri atas setiap amalan yang lebih baik ditinggalkan daripada dikerjakan.
3.          Introspeksi diri atas perkara yang mubah, atas dasar apa ia melakukannya. Apakah dalam rangka mengharap Allah ‘Azza wa Jalla dan akhirat, sehingga dia beruntung? Ataukah untuk mengharapkan dunia dan keserbabinasaannya, sehingga ia merugi?

Akhir dari perkara yang dilalaikan, tidak disertai dengan muhasabah, dibiarkan begitu saja, dianggap mudah dan disepelekan adalah kehancuran. Ini adalah keadaan orang yang tertipu. Ia pejamkan matanya dari berbagai akibat kebejatannya sambil berharap Allah ‘Azza wa Jalla mengampuninya. Ia tidak pernah peduli kepada muhasabah dan akibat kejahatannya. Pun, jika ia melakukannya, dengan segera ia akan berbuat dosa, menekuninya dan ia akan sangat kesulitan meninggalkannya.

Maka hendaknya seseorang mengintrospeksi diri lebih dahulu pada hal-hal yang fardhu (wajib). Bila ia melihat ada kekurangan padanya, ia akan melengkapinya dengan qadla’ (penggantian) atau ishlah (perbaikan).

Kemudian kepada hal-hal yang diharamkan. Bila ia merasa pernah melakukannya, ia pun bersegera untuk bertaubat, beristighfar, dan mengamalkan perbuatan-perbuatan baik yang dapat menghapuskan dosa.

Kemudian kepada kealpaan, bila ia mendapati dirinya telah alpa berkenaan dengan tujuan penciptaannya, maka ia segera memperbanyak dzikir dan menghadap Allah. Lalu kepada ucapan-ucapannya, atau ke mana saja kakinya pernah berjalan, atau apa saja yang tangannya pernah memegang, atau telinganya pernah mendengar.  Apa yang diinginkan dari semua ini? Mengapa ia melakukannya? Untuk siapa? Dan sesuaikah dengan petunjuk?
Sesungguhnya setiap gerakan atau ucapan itu akan dihadapkan pada dua pertanyaan; untuk siapa dikerjakan? dan bagaimana cara mengerjakannya?

Pertanyaan pertama tentang ikhlas dan yang kedua tentang mutaba’ah (kesesuaian dengan sunnah). Allah berfirman, “Supaya (Allah) memintai pertanggungjawaban orang-orang yang benar tentang kebenaran mereka.” (Q.S Al -Ahzab: 8)
لِّيَسۡ‍َٔلَ ٱلصَّٰدِقِينَ عَن صِدۡقِهِمۡۚ وَأَعَدَّ لِلۡكَٰفِرِينَ عَذَابًا أَلِيمٗا ٨

8. agar Dia menanyakan kepada orang-orang yang benar tentang kebenaran mereka dan Dia menyediakan bagi orang-orang kafir siksa yang pedih
Apabila orang-orang yang benar saja dimintai pertanggungjawaban atas kebenarannya, dan dihisab atasnya, lalu bagaimana dengan orang-orang yang dusta ?

Dalam menjalani kehidupan ini, setiap manusia pasti menemukan lika-liku yang membuatnya merasakan kebahagian dan kesedihan secara bergantian. Ketika jalan hidup membawa kita ke puncak kesuksesan, maka hanya kebahagiaan yang memenuhi diri kita. Seakan-akan semua hal yang ada di semesta ini mendukung semua rencana dan mengabulkan semua keinginan kita. Tapi akan ada masanya jalan hidup membawa kita jatuh jauh ke bawah. Pada saat itulah, semua kebahagiaan akan lenyap dan diri kita pun merasa jika semua yang terjadi di dunia ini tampak selalu buruk. Semua rencana kita seakan digagalkan, semua mimpi kita seakan sirna. 

Perubahan hidup yang sedemikian dinamis ini seharusnya bisa kita tanggapi dengan bijak. Tidak dengan menyepelekan, namun tidak juga dengan berlebihan. Salah satu cara untuk bisa terus tegar menjalani kehidupan dengan segala dinamika yang ada di dalamnya adalah dengan melakukan introspeksi diri. Introspeksi diri merupakan sebuah proses di mana seseorang melakukan pengamatan terhadap dirinya sendiri. Melalui introspeksi diri, seseorang akan mampu mengungkap segala pemikiran yang ia sadari secara penuh. Introspeksi diri juga membantu manusia mengungkap keinginan, hingga kelemahan dan kelebihan yang dimilikinya.  

Introspeksi diri dapat membantu seseorang untuk bercermin tentang diri dan kehidupannya selama ini. Hal apa yang telah dilakukannya selama ini yang ternyata mampu membawanya ke puncak kesuksesan. Serta hal apa yang selama ini telah dilakukan yang baik secara langsung atau pun tidak langsung membuatnya jatuh ke dalam lubang kegagalan. 

Melalui introspeksi diri, kita akan lebih mudah menentukan tujuan hidup ke depan. Tentunya, tujuan hidup yang kita dapatkan melalui introspeksi diri ini akan mampu membawa kita sebagai manusia untuk mencapai kehidupan yang lebih baik lagi. 

Introspeksi merupakan proses pengamatan terhadap diri sendiri. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, introspeksi diri merupakan peninjauan atau koreksi terhadap perbuatan, sikap, kelemahan, serta kesalahan dari diri sendiri.  

Intropeksi diri biasa disebut pula dengan istilah kontemplasi atau refleksi diri. Ketiganya memiliki pengertian yang sama, yaitu melihat diri sendiri dan melakukan pengungkapan pikiran dalam pemikiran yang disadari. Intropeksi diri merupakan lawan dari ekstropeksi. Jika intropeksi merupakan proses dalam melihat diri sendiri, maka ekstropeksi merupakan proses pengamatan yang dilakukan terhadap objek-objek di luar diri. 

Intropeksi diri merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk memecahkan permasalahan dalam kondisi psikis seseorang. Meskipun begitu, introspeksi diri diragukan dalam pemecahan permasalahan ilmiah dalam psikologi. Sifat introspeksi yang subjektif dan tidak bisa diukur membuat beberapa kalangan meragukan kemampuan introspeksi sebagai tolak ukur dalam permasalahan psikologi. 

Hendaklah kita senantiasa bertaqwa kepada Allah Azza wa Jalla dan hendaklah kita khawatir dengan suatu hari dimana tidak ada seorangpun yang bisa menolong orang lain selain amalannya. Kala itu amallah yang menjadi penentu kebahagian dan kesengsaran seseorang, jika dia beruntung maka kebahagiaan abadi akan menjadi miliknya sebaliknya jika merugi maka kesengsaraan tak terperikan akan menimpa.

Allah Azza wa Jalla telah mengutus rasulNya yaitu Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada kita, sebagai pembawa kabar gembira, pemberi peringatan, menyeru ke jalan Allah dan sebagai pelita penerang jalan. Allah Azza wa Jalla juga sudah menurunkan Al Qur’an kepadanya Shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai cahaya penerang, tidak ada kebaikan dan keutamaan yang tersisa kecuali telah ditunjukkan serta tidak ada keburukan yang terlupakan melainkan semuanya telah diperingatkan. Allah berfirman :
[Al An’am/6 : 38]


وَمَا مِن دَآبَّةٖ فِي ٱلۡأَرۡضِ وَلَا طَٰٓئِرٖ يَطِيرُ بِجَنَاحَيۡهِ إِلَّآ أُمَمٌ أَمۡثَالُكُمۚ مَّا فَرَّطۡنَا فِي ٱلۡكِتَٰبِ مِن شَيۡءٖۚ ثُمَّ إِلَىٰ رَبِّهِمۡ يُحۡشَرُونَ ٣٨

38. Dan tiadalah binatang-binatang yang ada di bumi dan burung-burung yang terbang dengan kedua sayapnya, melainkan umat (juga) seperti kamu. Tiadalah Kami alpakan sesuatupun dalam Al-Kitab, kemudian kepada Tuhanlah mereka dihimpunkan
[An Nahl/16: 89]
وَيَوۡمَ نَبۡعَثُ فِي كُلِّ أُمَّةٖ شَهِيدًا عَلَيۡهِم مِّنۡ أَنفُسِهِمۡۖ وَجِئۡنَا بِكَ شَهِيدًا عَلَىٰ هَٰٓؤُلَآءِۚ وَنَزَّلۡنَا عَلَيۡكَ ٱلۡكِتَٰبَ تِبۡيَٰنٗا لِّكُلِّ شَيۡءٖ وَهُدٗى وَرَحۡمَةٗ وَبُشۡرَىٰ لِلۡمُسۡلِمِينَ ٨٩
89. (Dan ingatlah) akan hari (ketika) Kami bangkitkan pada tiap-tiap umat seorang saksi atas mereka dari mereka sendiri dan Kami datangkan kamu (Muhammad) menjadi saksi atas seluruh umat manusia. Dan Kami turunkan kepadamu Al Kitab (Al Quran) untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda : Sesungguhnya yang halal itu jelas, yang haram itu juga jelas. Dan diantara keduanya terdapat perkara-perkara syubhat (belum jelas) yang tidak diketahui (hukumnya) oleh banyak orang. Maka barangsiapa yang menghindari syubhat berarti dia telah membebaskan dirinya demi agama dan kehormatannya. Barangsiapa yang terjerumus dalam masalah syubhat berarti dia (hampir) terjerumus dalam perkara haram. Ibarat seorang penggembala yang bergembala di sekitar daerah terlarang hampir saja dia bergembala pada daerah itu. Ingatlah masing-masing penguasa memiliki daerah terlarang dan daerah larangan Allah Azza wa Jalla adalah hal-hal yang diharamkan. Ingatlah sesungguhnya didalam jasad itu ada segumpal daging, jika dia baik maka seluruh tubuh akan menjadi baik; jika dia rusak maka akan rusaklah seluruh jasad, ingatlah itulah hati. [Diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dari hadits Nu’man bin Basyir].

Dalam hadits lain : Sesungguhnya Allah Azza wa Jalla telah mewajibkan perkara-perkara fardhu, maka janganlah kalian sia-siakan ! dan telah membuat batas-batas, maka janganlah kalian langgar ! Allah telah mengharamkan beberapa hal, maka janganlah kalian langgar ! Dan Allah diam tentang hukum beberapa hal sebagai bentuk kasih sayang, maka janganlah kalian bertanya tentangnya.”
Jika kita sudah mengetahui hak-hak Allah Azza wa Jalla yang wajib kita tunaikan begitu juga hak-hak lainnya, maka wajiblah bagi kita untuk ekstra dalam menginterospeksi diri kita terus-menerus.

Dengan harapan hisab pada hari kiamat akan menjadi ringan. Orang yang senantiasa merasa dalam pengawasan Allah Azza wa Jalla dan merasa takut pada adzabNya dalam semua perbuatan yang dia lakukan ataupun yang ditinggalkan, maka dia jarang sekali berbuat salah saat menunaikan kewajiban dan dia akan menahan diri dari hal-hal yang diharamkan serta berusaha menunaikan kewajibannya kepada orang lain. Allah berfirman : [Al Mukminun 57-61]


 إِنَّ ٱلَّذِينَ هُم مِّنۡ خَشۡيَةِ رَبِّهِم مُّشۡفِقُونَ ٥٧ وَٱلَّذِينَ هُم بِ‍َٔايَٰتِ رَبِّهِمۡ يُؤۡمِنُونَ ٥٨  وَٱلَّذِينَ هُم بِرَبِّهِمۡ لَا يُشۡرِكُونَ ٥٩ وَٱلَّذِينَ يُؤۡتُونَ مَآ ءَاتَواْ وَّقُلُوبُهُمۡ وَجِلَةٌ أَنَّهُمۡ إِلَىٰ رَبِّهِمۡ رَٰجِعُونَ ٦٠ أُوْلَٰٓئِكَ يُسَٰرِعُونَ فِي ٱلۡخَيۡرَٰتِ وَهُمۡ لَهَا سَٰبِقُونَ ٦١
57. Sesungguhnya orang-orang yang berhati-hati karena takut akan (azab) Tuhan mereka
58. Dan orang-orang yang beriman dengan ayat-ayat Tuhan mereka
59. Dan orang-orang yang tidak mempersekutukan dengan Tuhan mereka (sesuatu apapun)
60. Dan orang-orang yang memberikan apa yang telah mereka berikan, dengan hati yang takut, (karena mereka tahu bahwa) sesungguhnya mereka akan kembali kepada Tuhan mereka
61. mereka itu bersegera untuk mendapat kebaikan-kebaikan, dan merekalah orang-orang yang segera memperolehnya
 [Al Mukminun 57-61]

Orang yang senantiasa menghadirkan Allah Azza wa Jalla dalam dirinya, mengintrospeksi diri dan menekan nafsu agar melaksanakan amalan-amalan yang bisa mendekatkan diri kepada Allah Azza wa Jalla dan meghindari dosa, maka hatinya akan baik serta baik pula hasil akhirnya. Allah Azza wa Jalla berfirman : [An Nazi’at/79 : 40-41]


وَأَمَّا مَنۡ خَافَ مَقَامَ رَبِّهِۦ وَنَهَى ٱلنَّفۡسَ عَنِ ٱلۡهَوَىٰ ٤٠ فَإِنَّ ٱلۡجَنَّةَ هِيَ ٱلۡمَأۡوَىٰ ٤١

40. Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya
41. maka sesungguhnya surgalah tempat tinggal(nya)

Dia juga akan senantiasa bersabar dalam beribadah kepada Allah, sebagai wujud ketaatan kepada firman Allah Azza wa Jalla : [Maryam/19 : 65]



رَّبُّ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلۡأَرۡضِ وَمَا بَيۡنَهُمَا فَٱعۡبُدۡهُ وَٱصۡطَبِرۡ لِعِبَٰدَتِهِۦۚ هَلۡ تَعۡلَمُ لَهُۥ سَمِيّٗا ٦٥


65. Tuhan (yang menguasai) langit dan bumi dan apa-apa yang ada di antara keduanya, maka sembahlah Dia dan berteguh hatilah dalam beribadat kepada-Nya. Apakah kamu mengetahui ada seorang yang sama dengan Dia (yang patut disembah)
Dan firman Allah Azza wa Jalla : [Thaha/20 : 132]

وَأۡمُرۡ أَهۡلَكَ بِٱلصَّلَوٰةِ وَٱصۡطَبِرۡ عَلَيۡهَاۖ لَا نَسۡ‍َٔلُكَ رِزۡقٗاۖ نَّحۡنُ نَرۡزُقُكَۗ وَٱلۡعَٰقِبَةُ لِلتَّقۡوَىٰ ١٣٢

132. Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rezeki kepadamu, Kamilah yang memberi rezeki kepadamu. Dan akibat (yang baik) itu adalah bagi orang yang bertakwa

Dan juga dalam rangka meniru para salafusshalih yang senantiasa menjaga ibadahnya kepada Allah Azza wa Jalla . Orang yang senantiasa memuhasabah dirinya, dia akan memiliki banyak kebaikan dan sedikit keburukan. Dia akan datang menemui Rabbnya dalam keadaan ridha dan diridhai, dia akan dimasukkan ke surga bersama para nabi, shiddiqien, para syuhada’, orang-orang shalih dan mereka itulah sebaik-baik teman. Oleh karena itu, wahai saudara-saudaraku, hendaklah kita memuhasabah (mengintrospeksi) diri dalam segala ucapan yang kita ucapkan. Karena Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman : [Qaaf/50 :18]


 مَّا يَلۡفِظُ مِن قَوۡلٍ إِلَّا لَدَيۡهِ رَقِيبٌ عَتِيدٞ ١٨
18. Tiada suatu ucapanpun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir

Hendaklah kita selalu memuhasabah diri kita dalam segala tindakan kita. Karena Allah Azza wa Jalla berfirman : [Az –Zalzalah/99 : 7-8]


فَمَن يَعۡمَلۡ مِثۡقَالَ ذَرَّةٍ خَيۡرٗا يَرَهُۥ ٧  وَمَن يَعۡمَلۡ مِثۡقَالَ ذَرَّةٖ شَرّٗا يَرَهُۥ ٨

7. Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya
8. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula

Dan hendaklah kita memuhasabah diri kita pada setiap niatan dan hal-hal yang berkecamuk dalam dada kita. Karena Allah berfirman : Baqarah : 235]



وَلَا جُنَاحَ عَلَيۡكُمۡ فِيمَا عَرَّضۡتُم بِهِۦ مِنۡ خِطۡبَةِ ٱلنِّسَآءِ أَوۡ أَكۡنَنتُمۡ فِيٓ أَنفُسِكُمۡۚ عَلِمَ ٱللَّهُ أَنَّكُمۡ سَتَذۡكُرُونَهُنَّ وَلَٰكِن لَّا تُوَاعِدُوهُنَّ سِرًّا إِلَّآ أَن تَقُولُواْ قَوۡلٗا مَّعۡرُوفٗاۚ وَلَا تَعۡزِمُواْ عُقۡدَةَ ٱلنِّكَاحِ حَتَّىٰ يَبۡلُغَ ٱلۡكِتَٰبُ أَجَلَهُۥۚ وَٱعۡلَمُوٓاْ أَنَّ ٱللَّهَ يَعۡلَمُ مَا فِيٓ أَنفُسِكُمۡ فَٱحۡذَرُوهُۚ وَٱعۡلَمُوٓاْ أَنَّ ٱللَّهَ غَفُورٌ حَلِيمٞ ٢٣٥
235. Dan tidak ada dosa bagi kamu meminang wanita-wanita itu dengan sindiran atau kamu menyembunyikan (keinginan mengawini mereka) dalam hatimu. Allah mengetahui bahwa kamu akan menyebut-nyebut mereka, dalam pada itu janganlah kamu mengadakan janji kawin dengan mereka secara rahasia, kecuali sekedar mengucapkan (kepada mereka) perkataan yang ma´ruf. Dan janganlah kamu berazam (bertetap hati) untuk beraqad nikah, sebelum habis ´iddahnya. Dan ketahuilah bahwasanya Allah mengetahui apa yang ada dalam hatimu; maka takutlah kepada-Nya, dan ketahuilah bahwa Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyantun.

Jika kita belum mengetahui hukum sesuatu, maka janganlah kita lancang, hendaklah kita bertanya kepada para ulama tentang hukumnya baru kemudian kita tindak lanjuti. Allah Azza wa Jalla mengingatkan: Nahl /16 : 43]


وَمَآ أَرۡسَلۡنَا مِن قَبۡلِكَ إِلَّا رِجَالٗا نُّوحِيٓ إِلَيۡهِمۡۖ فَسۡ‍َٔلُوٓاْ أَهۡلَ ٱلذِّكۡرِ إِن كُنتُمۡ لَا تَعۡلَمُونَ ٤٣
43. Dan Kami tidak mengutus sebelum kamu, kecuali orang-orang lelaki yang Kami beri wahyu kepada mereka; maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahui

Jika setiap muslim saat mendapatkan sesuatu yang belum jelas hukumnya, lalu dia menanyakan kepada diri dan ternayata dia tetap tidak tahu, maka hendaklah dia meninggalkannya. Berdasarkan hadits Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam:

Kebaikan itu yaitu sesuatu disenangi jiwa dan hati sedangkan dosa yaitu sesuatu yang bergolak dalam jiwa, ragu-ragu serta engkau tidak suka dilihat oleh orang (saat melakukannya).
Yang dimaksud dengan kata nafsu (jiwa) dalam hadits diatas adalah jiwa yang muthmainnah. Jiwa yang cinta kepada yang dicintai Allah serta benci kepada yang dibenci Allah Subhanahu wa Ta’ala. jiwa yang percaya penuh kepada Allah dan bertawakkal kepadaNya dalam segala urusan.

Sedangkan hati yang dimaksudkan disini adalah hati yang selamat dari hal-hal syubhat dan syahwat. Inilah hati yang dapat mengidentifikasi kebaikan dan keburukan saat terjadi kesamaran. Adapun jiwa yang sakit, yang terinfeksi penyakit syubhat dan syahwat, maka tidak ada lagi perkara syubhat baginya. Dia tidak mencintai apa yang dicintai Allah Azza wa Jalla serta tidak membenci yang dibenci Allah Azza wa Jalla dan tidak ada lagi yang bisa membendung dia dari perbuatan haram. Allah Azza wa Jalla berfirman : [Ali Imran/3 : 7]


هُوَ ٱلَّذِيٓ أَنزَلَ عَلَيۡكَ ٱلۡكِتَٰبَ مِنۡهُ ءَايَٰتٞ مُّحۡكَمَٰتٌ هُنَّ أُمُّ ٱلۡكِتَٰبِ وَأُخَرُ مُتَشَٰبِهَٰتٞۖ فَأَمَّا ٱلَّذِينَ فِي قُلُوبِهِمۡ زَيۡغٞ فَيَتَّبِعُونَ مَا تَشَٰبَهَ مِنۡهُ ٱبۡتِغَآءَ ٱلۡفِتۡنَةِ وَٱبۡتِغَآءَ تَأۡوِيلِهِۦۖ وَمَا يَعۡلَمُ تَأۡوِيلَهُۥٓ إِلَّا ٱللَّهُۗ وَٱلرَّٰسِخُونَ فِي ٱلۡعِلۡمِ يَقُولُونَ ءَامَنَّا بِهِۦ كُلّٞ مِّنۡ عِندِ رَبِّنَاۗ وَمَا يَذَّكَّرُ إِلَّآ أُوْلُواْ ٱلۡأَلۡبَٰبِ ٧
7. Dialah yang menurunkan Al Kitab (Al Quran) kepada kamu. Di antara (isi)nya ada ayat-ayat yang muhkamaat, itulah pokok-pokok isi Al qur´an dan yang lain (ayat-ayat) mutasyaabihaat. Adapun orang-orang yang dalam hatinya condong kepada kesesatan, maka mereka mengikuti sebahagian ayat-ayat yang mutasyaabihaat daripadanya untuk menimbulkan fitnah untuk mencari-cari ta´wilnya, padahal tidak ada yang mengetahui ta´wilnya melainkan Allah. Dan orang-orang yang mendalam ilmunya berkata: "Kami beriman kepada ayat-ayat yang mutasyaabihaat, semuanya itu dari sisi Tuhan kami". Dan tidak dapat mengambil pelajaran (daripadanya) melainkan orang-orang yang berakal

Memuhasabah diri serta berpegang teguh dengan sunnah merupakan jalan selamat. Adapun orang yang mengekor kepada hawa nafsunya dan melepaskannya tanpa kendali, maka sungguh buruk akibat yang akan menimpanya. Allah Azza wa Jalla berfirman : [An Nazi’at/79 : 37-39]


 فَأَمَّا مَن طَغَىٰ ٣٧ وَءَاثَرَ ٱلۡحَيَوٰةَ ٱلدُّنۡيَا ٣٨  فَإِنَّ ٱلۡجَحِيمَ هِيَ ٱلۡمَأۡوَىٰ ٣٩

37. Adapun orang yang melampaui batas
38. dan lebih mengutamakan kehidupan dunia
39. maka sesungguhnya nerakalah tempat tinggal(nya)

Semoga Allah memberikan kita kekuatan untuk senantiasa memuhasab diri kita.
Kondisi kaum muslimin saat ini menuntut kita untuk berpikir dan terus berpikir. Saat musuh-musuh Allah memporak-porandakan barisan kaum muslimin, pada saat yang sama mereka dalam susah dan sengsara. Kitapun sudah tahu faktor utamanya yaitu karena meninggalkan syari’at Allah. Maka, langkah pertama untuk memperbaiki kondisi kaum muslimin secara umum adalah dengan memperbaiki individu. 

Dengan cara senantiasa memuhasabah diri sebelum tiba saat dihisab oleh Allah Azza wa Jalla Yang Maha Adil. Hendaklah kita memuhasabah diri kita, kita bertanya kepada diri masing-masing; Amalan shalih apa yang telah kita perbuat untuk Islam ? sudahkah kita ini termasuk orang-orang yang senantiasa menghormati dan mengagungkan syari’at Allah Subhanahu wa Ta’ala? Apakah kita ini termasuk orang-orang yang senantiasa menjauhi larangan-larangan serta hal yang mendatangkan murka Allah Azza wa Jalla ? mengenai mengagungkan syari’at Allah, Allah berfirman : [Al Hajj/22: 30]


ذَٰلِكَۖ وَمَن يُعَظِّمۡ حُرُمَٰتِ ٱللَّهِ فَهُوَ خَيۡرٞ لَّهُۥ عِندَ رَبِّهِۦۗ وَأُحِلَّتۡ لَكُمُ ٱلۡأَنۡعَٰمُ إِلَّا مَا يُتۡلَىٰ عَلَيۡكُمۡۖ فَٱجۡتَنِبُواْ ٱلرِّجۡسَ مِنَ ٱلۡأَوۡثَٰنِ وَٱجۡتَنِبُواْ قَوۡلَ ٱلزُّورِ ٣٠

30. Demikianlah (perintah Allah). Dan barangsiapa mengagungkan apa-apa yang terhormat di sisi Allah maka itu adalah lebih baik baginya di sisi Tuhannya. Dan telah dihalalkan bagi kamu semua binatang ternak, terkecuali yang diterangkan kepadamu keharamannya, maka jauhilah olehmu berhala-berhala yang najis itu dan jauhilah perkataan-perkataan dusta

Kemudian juga, sudahkah kita termasuk orang-orang yang senantiasa mengagung sunnah dengan cara mengajarkannya serta mengikutinya ? Apakah hak-hak kedua orang tua kita sudah kita tunaikan atau bagaimana ? Adakah kita ini masuk kedalam golongan orang-orang yang senantiasa bertaubat ? sudah kita senantiasa berusaha menambah ilmu kita dengan terus belajar dan belajar ?
Sesungguhnya Allah Azza wa Jalla telah mewajibkan kita untuk menjumpainya di akhirat dengan amal perbuatan, bukan hanya sekedar pengakuan yang hampa dari bukti. Allah Azza wa Jalla mewajibkan kita untuk bertaqarrub kepadaNya dengan ikhlas serta penuh ketundukan. Dan sesungguhnya akan memuliakan orang-orag yang memuliakanNya dan menghinakan orang yang menghinakanNya.

Sungguh introspeksi (muhasabah) diri yang dilakukan oleh seseorang, baik dalam perbuatan yang kecil ataupun yag besar sambil terus berpegang dengan sunnah merupakan jalan selamat yang akan menghantarkan kepada keridhaan Allah Azza wa Jalla . Allah Azza wa Jalla berfirman :
[Al Hasyr/59 : 18]


يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ ٱتَّقُواْ ٱللَّهَ وَلۡتَنظُرۡ نَفۡسٞ مَّا قَدَّمَتۡ لِغَدٖۖ وَٱتَّقُواْ ٱللَّهَۚ إِنَّ ٱللَّهَ خَبِيرُۢ بِمَا تَعۡمَلُونَ ١٨
18. Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan

Dalam hadits Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
“Barangsiapa yang merasa senang dengan kebaikannya serta merasa susah dengan keburukannya maka dia seorang mukmin.”
Semoga Allah menjadikan kita semua termasuk orang-orang beriman yang benar-benar beriman kepada Allah dan hari akhir.



Kembali keMENU MOTIVATION


Posted byOpar Suparma, M.Si.
Sumber :
  1.       Al-Qura'an
  2.        Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah.Tazkiyatun Nafs, Bab Muhasabah, Penerbit Pustaka Arafah. Solo.
  3.        https://almanhaj.or.id
  4.        https://id.wikipedia.or,id



<Back> or <Menu>


Pageviews Artcle

Rekomendasi Unuk Anda Baca

9 Prinsip Aqidah Ahlus Sunnah Wal-Jama'ah

Education and Knowledge Update   Apa Saja Yang Termasuk 9 Prinsip Aqidah Ahlus Sunnah Wal-Jama'ah itu ? Sahabatku beriku...

Comments
Comments