Pendidikan Agama dan akhlak mulia
a. Tujuan
Pendidikan Agama di SD Negeri bertujuan
untuk mewujudkan manusia Indonesia yang taat beragama dan berakhlak mulia,
yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur,
adil, etis, berdisiplin, bertoleransi, menjaga keharmonisan secara personal dan
sosial serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.
b. Ruang Lingkup
Ruang lingkup Pendidikan Agama meliputi
aspek-aspek sebagai berikut.
1. Tata cara peribadatan (Fiqih)
2. Penanaman Ketuhanan (Tauhid)
3. Pemahaman Hukum dan aturan peribadatan (Hadits) dan baca tulis
Al-Quran bagi pemeluk Agama Islam
4. Pemahaman bertingkah laku sesuai dengan ajaran agama (Muamalah)
5. Menghafal surah pendek pilihan dalam Alquran
bagi pemeluk Agama slam.
6. Tarekh / sejarah yang berhubungan dengan
penyebaran agama (islam dan budaya islami)
c. Standar
Isi
Standar Isi SD Negeri Cikumpa melalui lima tahap yang dilalui oleh
peserta didik untuk menguasai suatu pengetahuan, yaitu tahah pre-struktural,
uni-struktural, multi-struktural, relasional dan abstrak yang diperluas dimana Tahap surface
knowledge diperoleh pada Tingkat Pendidikan Dasar untuk Sekolah Dasar
Cikumpa. Kemudian kompetensi yang bersifat generik terdiri atas 4
(empat) dimensi yang merepresentasikan sikap spiritual, sikap sosial,
pengetahuan, dan keterampilan, yang selanjutnya disebut Kompetensi Inti (KI) di
rancang sesuai dengan kurikulum Nasional berdasarkan Kompelasi terhadap
kompetensi yang sebagai acuan.
Tingkat Kompetensi dan ruang lingkup materi diterapkan untuk
setiap muatan sebagaimana diatur dalam Pasal 77I ayat (1), Pasal 77C ayat (1),
dan Pasal 77K ayat (2), ayat (4) dan ayat (5) Peraturan Pemerintah Nomor 32
Tahun 2013. Kelengkapan
Standar isi dapat dilihat dalam Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 yang
telah dikodifikasikan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Sekolah Dasar Negeri Cikumpa yang merupakan satu kesatuan ide masing-masing mata pelajaran
dimuat dalam tabel-tabel berikut ini.
Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
dan Akhlak Mulia
Kelas 1
KOMPETENSI INTI | KOMPETENSI DASAR |
---|---|
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya | 1.1 Terbiasa berdoa sebelum dan sesudah belajar sebagai bentuk pemahaman terhadap Q.S. Al- Fatihah |
1.2 Meyakini adanya Allah SWT yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. | |
1.3 Mensyukuri karunia dan pemberian sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas | |
1.4 Terbiasa bersuci sebelum beribadah | |
1.5 Terbiasa membaca Basmalah setiap memulai aktivitas | |
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru | 2.1 Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman sifat “shiddiq” Rasulullah SAW |
2.2 Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Luqman (31): 14 | |
2.3 Memiliki perilaku hormat kepada sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nisa (4): 36 | |
2.4 Memiliki sikap pemaaf sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW | |
2.5 Memiliki sikap percaya diri sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Ikhlas | |
2.6 Memiliki sikap yang baik ketika berbicara sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al- Baqarah (2): 83 | |
2.7 Memiliki perilaku rajin belajar sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-’Alaq (96): 1-5 | |
2.8 Memiliki perilaku bersih badan, pakaian, barang-barang, dan tempat sebagai implementasi pemahaman makna bersuci | |
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah | 3.1 Mengenal pesan-pesan yang terkandung di dalam Q.S Al Fatihah, Al Ikhlas dan Al ’Alaq (96): 1-5 |
3.2 Mengenal keesaan Allah SWT berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah | |
3.3 Mengenal makna Asmaul Husna: Ar-Rahman, Ar-Rahim, Al-Malik | |
3.4 Mengenal makna dua kalimat syahadat sebagai bagian dari rukun Islam yang pertama | |
3.5 Mengenal makna do’a sebelum dan sesudah belajar | |
3.6 Mengenal tata cara bersuci | |
3.7 Mengenal shalat dan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya melalui pengamatan | |
3.8 Mengenal kisah keteladanan Nabi Adam a.s. | |
3.9 Mengenal kisah keteladanan Nabi Idris a.s. | |
3.10 Mengenal kisah keteladanan Nabi Nuh a.s. | |
3.11 Mengenal kisah keteladanan Nabi Hud a.s | |
3.12 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW | |
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia | 4.1 Melafalkan huruf-huruf hij aiyyah dan harakatnya secara lengkap |
4.2 Melafalkan Asmaul Husna: Ar-Rahman, Ar- Rahim, Al-Malik | |
4.3 Melafalkan dua kalimat syahadat dengan benar dan jelas | |
4.4 Melafalkan Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas dengan benar dan jelas | |
4.5 Melafalkan doa sebelum dan sesudah belajar dengan benar dan jelas. | |
4.6 Menunjukkan hafalan Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas dengan benar dan jelas | |
4.7 Mencontohkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru | |
4.8 Mencontohkan perilaku saling menghormati antar sesama anggota keluarga | |
4.9 Mempraktikkan tata cara bersuci | |
4.10 Mencontohkan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya | |
4.11 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Adam a.s. | |
4.12 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Idris a.s. | |
4.13 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Nuh a.s. | |
4.14 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Hud a.s | |
4.15 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW | |
Kelas II | |
KOMPETENSI INTI | KOMPETENSI DASAR |
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya | 1.1 Terbiasa berwudhu sebelum shalat |
1.2 Menunaikan shalat sebagai wujud dari pemahaman rukun Islam | |
1.3 Terbiasa berdoa sebelum dan sesudah makan | |
1.4 Meyakini adanya Allah SWT Yang Maha Mencipta segala yang ada di alam. | |
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru | 2.1 Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 119 |
2.2 Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, dan guru dan sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nisa (4): 36 | |
2.3 Memiliki perilaku kasih sayang kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al- Fatihah | |
2.4 Memiliki sikap kerja sama dan tolong- menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah ayat 2 | |
2.5 Memiliki sikap berani bertanya sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nahl ayat 43 | |
2.6 Memiliki sikap berlindung diri kepada Allah SWT sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nas | |
2.7 Memiliki perilaku disiplin sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-’Ashr | |
2.8 Memiliki perilaku hidup sehat dan peduli lingkungan sebagai implementasi dari pemahaman makna berwudhu | |
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah | 3.1 Mengetahui keesaan Allah SWT Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, dan Maha Suci berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah |
3.2 Mengenal makna Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq | |
3.3 Mengenal hadits yang terkait dengan anjuran menuntut ilmu | |
3.4 Mengenal hadits yang terkait dengan perilaku hidup bersih dan sehat | |
3.5 Mengenal makna Q.S. An-Nas dan Q.S. Al- „Ashr | |
3.6 Mengenal tata cara shalat dan bacaannya | |
3.7 Mengenal doa sebelum dan sesudah wudhu | |
3.8 Mengenal makna doa sebelum dan sesudah makan | |
3.9 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Shaleh a.s. | |
3.10 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Luth a.s. | |
3.11 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ishaq a.s. | |
3.12 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ya„qub a.s. | |
3.13 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW | |
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia | 4.1 Melafalkan huruf hij aiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf. |
4.2 Melafalkan Q.S. An-Nas dan Al „Ashr dengan benar dan jelas | |
4.3 Menunjukkan hafalan Q.S. An-Nas dan Al „Ashr dengan benar dan jelas | |
4.4 Mencontohkan perilaku kasih sayang kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah | |
4.5 Mencontohkan sikap kerja sama dan saling tolong menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah ayat 2 | |
4.6 Mencontohkan perilaku hidup bersih dan sehat sebagai implementasi dari pemahaman makna hadits tentang kebersihan dan kesehatan | |
4.7 Mempraktikkan wudhu dan doanya dengan tertib dan benar | |
4.8 Memperaktikkan shalat dengan tata cara dan bacaan yang benar | |
4.9 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Shaleh a.s. | |
4.10 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Luth a.s. | |
4.11Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ishaq a.s. | |
4.12Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s. | |
4.13Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW | |
KOMPETENSI INTI Kelas III | KOMPETENSI DASAR |
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya | 1.1 Menunaikan shalat secara tertib sebagai wujud dari pemahaman Q.S. Al-Baqarah (2): 3 |
1.2 Terbiasa berzikir dan berdoa setelah selesai shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. Al- Kautsar | |
1.3 Meyakini adanya Allah SWT Maha Mengetahui, Maha Melihat dan Maha Mendengar. | |
2.1 Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nisa ayat 135 | |
2.2 Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, dan guru dan sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 23 | |
2.3 Memiliki perilaku peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al Kautsar. | |
2.4 Memiliki sikap bersyukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7 | |
2.5 Memiliki sikap disiplin dan tertib sebagai implementasi pemahaman makna ibadah shalat. | |
2.6 Memiliki perilaku tawadlu, Ihlas, dan tanggungjawab sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah dan Iradah | |
2.7 Memiliki sikap rasa ingin tahu, sabar, dan rela berkorban sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s. | |
2.8 Memiliki sikap kerja keras sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-An„am ayat 132 | |
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah | 3.1 Mengetahui keesaan Allah Yang Maha Pencipta berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaanNya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah. |
3.2 Mengetahui makna Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami„ | |
3.3 Mengetahui hadits yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab | |
3.4 Mengerti makna shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kautsar | |
3.5 Mengerti makna zikir dan doa setelah shalat | |
3.6 Mengetahui hikmah ibadah shalat melalui pengamatan dan pengalaman di rumah dan sekolah | |
3.7 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s. | |
3.8 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Syu„aib a.s. | |
3.9 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s. (rasa ingin tahu, sabar, dan rela berkorban, hormat dan patuh kepada orangtua) | |
3.10 Mengetahui sikap percaya diri dan kemandirian sebagai wujud dari keteladanan nabi | |
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia | 4.1 Membaca kalimat-kalimat dalam Al-Quran dengan benar |
4.2 Menulis huruf hijaiyyah dalam Al-Quran dengan benar | |
4.3 Menunjukkan hafalan Q.S. An-Nashr dan Al- Kautsar dengan lancar | |
4.4 Mencontohkan perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah | |
4.5 Mencontohkan perilaku peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al- Kautsar. | |
4.6 Mencontohkan sikap bersyukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7 | |
4.7 Mempraktikkan tata cara shalat, zikir, dan doa setelah shalat secara benar | |
4.8 Menceritakan pelaksanaan ibadah shalat di sekitar rumah dan sekolah | |
4.9 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s. | |
4.10 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Syu’aib a.s. | |
4.11 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s. | |
4.12 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW | |
KOMPETENSI INTI Kelas IV | KOMPETENSI DASAR |
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya | 1.1 Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam bersuci dari hadats kecil dan hadats besar |
1.2 Menunaikan shalat secara tertib sebagai wujud dari penghambaan diri kepada Allah SWT. | |
1.3 Menerapkan kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman ibadah shalat | |
1.4 Menghindari perilaku tercela sebagai implementasi dari pemahaman ibadah shalat | |
1.5 Meyakini keberadaan malaikat-malaikat Allah SWT | |
1.6 Meyakini adanya Rasul-Rasul Allah SWT | |
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya | 2.1 Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S At-Taubah (9): 119 |
2.2 Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, dan guru dan sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Lukman (31): 14 | |
2.3 Memiliki sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Hadiid (57):9 | |
2.4 Memiliki sikap yang dipengaruhi oleh keimanan kepada para malaikat Allah SWT yang tercermin dari perilaku kehidupan sehari-hari. | |
2.5 Memiliki sikap gemar membaca sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-„Alaq (96): 1-5 | |
2.6 Memiliki sikap amanah sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad SAW | |
2.7 Memiliki sikap pantang menyerah sebagai implementasi dari kisah keteladanan Nabi Musa a.s. | |
2.8 Memiliki sikap rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra (17): 37 | |
2.9 Memiliki perilaku hemat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra (17): 27 | |
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain | 3.1 Mengetahui Allah itu ada melalui pengamatan terhadap makhluk ciptaan-Nya di sekitar rumah dan sekolah. |
3.2 Mengerti makna iman kepada malaikat-malaikat Allah berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan alam sekitar. | |
3.3 Mengerti makna Asmaul Husna: Al-Bashir, Al- „Adil, Al-„Azhim | |
3.4 Memahami tata cara bersuci dari hadats kecil dan hadats besar sesuai ketentuan syariat Islam | |
3.5 Memahami makna bacaan sholat | |
3.6 Mengetahui kisah keteladan Nabi Ayyub a.s. | |
3.7 Mengetahui kisah keteladan Nabi Dzulkifi a.s. | |
3.8 Mengetahui kisah keteladan Nabi Harun a.s. | |
3.9 Mengetahui kisah keteladan Nabi Musa a.s. | |
3.10 Mengetahui kisah keteladan pahlawan dan wali- wali Allah | |
3.11 Mengetahui sikap santun dan menghargai sesama dari Nabi Muhammad SAW | |
4. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain | 4.1 Membaca Q.S. Al Falaq, Al-Ma„un dan Al-Fil dengan tartil |
4.2 Menulis kalimat-kalimat dalam Al Falaq, Al- Ma„un dan Al-Fil dengan benar | |
4.3 Menunjukkan hafalan Q.S. Al Falaq, Al Ma„un dan Al-Fil dengan lancar. | |
4.4 Mencontohkan sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar | |
4.5 Mencontohkan sikap rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 37 | |
4.6 Mencontohkan perilaku hemat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 27 | |
4.7 Memperaktikkan tata cara bersuci dari hadats kecil dan hadats besar sesuai ketentuan syariat Islam | |
4.8 Menceritakan pengalaman melaksanakan shalat di rumah, atau di masjid lingkungan sekitar rumah. | |
4.9 Menceritakan kisah keteladan Nabi Ayyub a.s. | |
4.10 Menceritakan kisah keteladan Nabi Dzulkifli a.s. | |
4.11 Menceritakan kisah keteladan Nabi Harun a.s. | |
4.12 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Musa a.s. | |
4.13 Menceritakan kisah keteladanan pahlawan muslim dan wali-wali Allah | |
Standar Kompetensi KLS V | Kompetensi Dasar |
Al Qur’an1. Mengartikan Al Qur’an surat pendek pilihan | |
1.1 Membaca QS Al-Lahab dan Al-Kafirun | |
1.2 Mengartikan QS Al-Lahab dan Al-Kafirun | |
Aqidah2. Mengenal kitab-kitab Allah SWT | |
2.1 Menyebutkan nama-nama kitab Allah SWT | |
2.2 Menyebutkan nama-nama Rasul yang menerima kitab-kitab Allah SWT | |
2.3 Menjelaskan Al-Qur’an sebagai kitab suci terakhir | |
Tarikh3. Menceritakan kisah Nabi | |
3.1 Menceritakan kisah Nabi Ayyub AS | |
3.2 Menceritakan kisah Nabi Musa AS | |
3.3 Menceritakan kisah Nabi Isa AS | |
Akhlak4. Membiasakan perilaku terpuji | |
4.1 Meneladani perilaku Nabi Ayyub AS | |
4.2 Meneladani perilaku Nabi Musa AS | |
4.3 Meneladani perilaku Nabi Isa AS | |
Fiqih5. Mengumandangkan adzan dan iqamah | 5.1 Melafalkan lafal adzan dan iqamah |
5.2 Mengumandangkan adzan dan iqamah | |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Al Qur’an6. Mengartikan Al Quran Surat pendek pilihan | |
6.1 Membaca QS Al-Maun dan Al-Fiil | |
6.2 Mengartikan QS Al-Maun dan Al-Fiil | |
Aqidah7. Mengenal Rasul- Rasul Allah SWT | |
7.1 Menyebutkan nama-nama Rasul Allah SWT | |
7.2 Menyebutkan nama-nama Rasul Ulul Azmi dari para Rasul | |
7.3 Membedakan Nabi dan Rasul | |
Tarikh8. Menceritakan kisah Sahabat Nabi | |
8.1 Menceritakan kisah Khalifah Abubakar RA | |
8.2 Menceritakan kisah Umar bin Khattab RA | |
Akhlak9. Membiasakan perilaku terpuji | |
9.1 Meneladani perilaku Khalifah Abubakar RA | |
9.2 Meneladani perilaku Umar bin Khattab RA | |
Fiqih10. Mengenal puasa wajib | 10.1 Menyebutkan ketentuan-ketentuan puasa Ramadhan |
10.2 Menyebutkan hikmah puasa | |
Standar Kompetensi KLS VI | Kompetensi Dasar |
Al Qur’an1. Mengartikan Al Qur’an Surat pendek pilihan | |
1.1 Membaca QS Al-Qadr dan QS Al-‘Alaq ayat 1-5 | |
1.2 Mengartikan QS Al-Qadr dan QS Al-‘Alaq ayat 1-5 | |
Aqidah2. Meyakini adanya Hari Akhir | |
2.1 Menyebutkan nama-nama Hari Akhir | |
2.2 Menjelaskan tanda-tanda Hari Akhir | |
Tarikh3. Menceritakan kisah Abu Lahab, Abu Jahal, dan | |
3.1 Menceritakan perilaku Abu Lahab dan Abu Jahal | |
3.2 Menceritakan perilaku Musailamah Al Kadzab | |
Akhlak4. Menghindari perilaku tercela | |
4.1 Menghindari perilaku dengki seperti Abu Lahab dan Abu Jahal | |
4.2 Menghindari perilaku bohong seperti Musailamah Al Kadzab | |
Fiqih5. Mengenal ibadah pada bulan Ramadhan | |
5.1 Melaksanakan tarawih di bulan Ramadhan | |
5.2 Melaksanakan tadarrus Al-Qur’an | |
Standar Kompetensi SMSTR II | Kompetensi Dasar |
Al Qur’an6. MengartikanAl Quran Ayat-ayat pilihan | |
6.1 Membaca QS Al-Maidah ayat 3 dan Al-Hujurat ayat 13 | |
6.2 Mengartikan QS Al-Maidah ayat 3 dan Al-Hujurat ayat 13 | |
Aqidah7. Meyakini adanya Qadha dan Qadar | |
7.1 Menunjukkan contoh-contoh Qadha dan Qadar | |
7.2 Menunjukkan keyakinan terhadap Qadha dan Qadar | |
Tarikh8. Menceritakan kisah kaum Muhajirin dan kaum Anshar | |
8.1 Menceritakan perjuangan kaum Muhajirin | |
8.2 Menceritakan perjuangan kaum Anshar | |
Akhlak9. Membiasakan perilaku terpuji | |
9.1 Meneladani perilaku kegigihan perjuangan kaum Muhajirin dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan peserta didik | |
9.2 Meneladani perilaku tolong-menolong kaum Anshar dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan peserta didik | |
Fiqih10. Mengetahui kewajiban zakat | |
10.1 Menyebutkan macam-macam zakat | |
10.2 Menyebutkan ketentuan zakat fitrah |
Baca juga: Layanan Bimbingan Psiko-Edukatif di Sekolah
Selanjutnya silahkan Klik Kembali <Back> untuk menuju Label Curriculum (Kurikulum) dan “Klik Sitemap” pada bilah atas yang sudah disediakan semoga menemukan apa yang anda cari dari situs Abah Opar and terima kasih sudah berkunjung "good luck"