Mungkin hal ini penting bagi
sahabatku yang menjadi guru buat mencobanya dalam kegiatan pembelajaran.
Model Examples Non Examples
Contoh dapat dari
Kasus/Gambar yang Relevan dengan Kompetensi Dasar
Langkah-langkah
:
1.Guru mempersiapkan gambar-gambar
sesuai dengan tujuan pembelajaran
2.
Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan
melalui OHP/In Focus
3.
Guru memberi petunjuk dan memberi
kesempatan pada siswa untuk memperhatikan/menganalisa gambar
4. Melalui diskusi kelompok 2-3 orang
siswa, hasil diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat pada kertas
5.
Tiap kelompok diberi kesempatan
membacakan hasil diskusinya
6.
Mulai dari komentar/hasil diskusi
siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai
7.
Kesimpulan
Picture and Picture
Langkah-langkah:
1.
Guru menyampaikan kompetensi yang ingin
dicapai
2.
Menyajikan materi sebagai pengantar
3. Guru menunjukkan/memperlihatkan
gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi
4.
Guru menunjuk/memanggil siswa secara
bergantian memasang / menyusun gambar-gambar menjadi urutan yang logis
5.
Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran
urutan gambar tersebut
6. Dari alasan/urutan gambar tersebut
guru memulai menanamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin
dicapai
7.
Kesimpulan/rangkuman
Numbered
Heads Together
Langkah-langkah :
1.
Siswa dibagi dalam kelompok, setiap
siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor
2. Guru memberikan tugas dan
masing-masing kelompok mengerjakannya
3.
Kelompok mendiskusikan jawaban yang
benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya/mengetahui
jawabannya
4. Guru memanggil salah satu nomor siswa
dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka
5.
Tanggapan dari teman yang lain,
kemudian guru menunjuk nomor yang lain
6.
Kesimpulan
Cooperative Script
Metode belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan bergantian
secara lisan mengikhtisarkan, bagian- bagian dari materi yang dipelajari
Langkah-langkah
:
1.
Guru membagi siswa untuk berpasangan
2. Guru membagikan wacana/materi tiap
siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan
3.
Guru dan siswa menetapkan siapa yang
pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar
4.
Pembicara membacakan ringkasannya
selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya. Sementara
pendengar : (a) Menyimak/mengoreksi/menunjukkan ide-ide pokok yang kurang
lengkap; (b) Membantu mengingat/menghafal ide-ide pokok dengan menghubungkan
materi sebelumnya atau dengan materi lainnya
5. Bertukar peran, semula sebagai
pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya. Serta lakukan seperti
diatas.
6.
Kesimpulan Siswa bersama-sama dengan
guru
7.
Penutup
Kepala Bernomor Struktur
Langkah-langkah :
1. Siswa dibagi dalam kelompok, setiap
siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor
2. Penugasan diberikan kepada setiap
siswa berdasarkan nomor terhadap tugas yang berangkai. Misalnya: siswa nomor
satu bertugas mencatat soal. Siswa nomor dua mengerjakan soal dan siswa nomor
tiga melaporkan hasil pekerjaan dan seterusnya
3. Jika perlu, guru bisa menyuruh kerja
sama antar kelompok. Siswa disuruh keluar dari kelompoknya dan bergabung
bersama beberapa siswa bernomor sama dari kelompok lain. Dalam kesempatan ini
siswa dengan tugas yang sama bisa saling membantu atau mencocokkan hasil kerja
sama mereka Laporkan hasil dan tanggapan dari kelompok yang lain
4.
Kesimpulan
Student Teams-Achievement Divisions (Stad)/Tim Siswa Kelompok Prestasi (Slavin, 1995)
Langkah-langkah :
1. Membentuk kelompok yang anggotanya = 4
orang secara heterogen (campuran menurut prestasi, jenis kelamin, suku, dll)
2.
Guru menyajikan pelajaran
3. Guru memberi tugas kepada kelompok
untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok. Anggotanya tahu menjelaskan pada
anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti.
4. Guru memberi kuis/pertanyaan kepada
seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu
5.
Memberi evaluasi
6.
Kesimpulan
Jigsaw (Model Tim Ahli) / (Aronson, Blaney, Stephen, Sikes, And Snapp, 1978)
Langkah-langkah :
1.
Siswa dikelompokkan ke dalam 4 anggota
tim
2.
Tiap orang dalam tim diberi bagian
materi yang berbeda
3.
Tiap orang dalam tim diberi bagian
materi yang ditugaskan
4.
Anggota dari tim yang berbeda yang
telah mempelajari bagian/sub bab yang sama bertemu dalam kelompok baru
(kelompok ahli) untuk mendiskusikan sub bab mereka
5. Setelah selesai diskusi sebagai tim
ahli tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu
tim mereka tentang sub bab yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya
mendengarkan dengan sungguh-sungguh
6.
Tiap tim ahli mempresentasikan hasil
diskusi
7.
Guru memberi evaluasi
8.
Penutup
H. Problem
Based Introductuon (PBI) / (Pembelajaran Berdasarkan Masalah)
Langkah-langkah
:
1.
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
Menjelaskan logistik yang dibutuhkan. Memotivasi siswa terlibat dalam aktivitas
pemecahan masalah yang dipilih.
2.
Guru membantu siswa mendefinisikan dan
mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut
(menetapkan topik, tugas, jadwal, dll.)
3.
Guru mendorong siswa untuk
mengumpulkan informasi yang sesuai, eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan
pemecahan masalah, pengumpulan data, hipotesis, pemecahan masalah.
4. Guru membantu siswa dalam merencanakan
menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan dan membantu mereka berbagi tugas
dengan temannya
5. Guru membantu siswa untuk melakukan
refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka dan proses-proses yang
mereka gunakan
6.
Penutup/ Kesimpulan
Artikulasi
Langkah-langkah :
1.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai
2. Guru menyajikan materi sebagaimana
biasa Untuk mengetahui daya serap siswa, bentuklah kelompok berpasangan dua
orang
3.
Suruhlan seorang dari pasangan itu
menceritakan materi yang baru diterima dari guru dan pasangannya mendengar
sambil membuat catatan-catatan kecil, kemudian berganti peran. Begitu juga
kelompok lainnya
4. Suruh siswa secara bergiliran/diacak
menyampaikan hasil wawancaranya dengan teman pasangannya. Sampai sebagian siswa
sudah menyampaikan hasil wawancaranya
5. Guru mengulangi/menjelaskan kembali
materi yang sekiranya belum dipahami siswa
6.
Kesimpulan/penutup
Mind Mapping
Sangat baik digunakan untuk pengetahuan awal siswa atau
untuk menemukan alternatif jawaban
Langkah-langkah :
1.
Guru menyampaikan kompetensi yang
ingin dicapai
2.
Guru mengemukakan konsep/permasalahan
yang akan ditanggapi oleh siswa/sebaiknya permasalahan yang mempunyai
alternatif jawaban
3.
Membentuk kelompok yang anggotanya 2-3
orang
4.
Tiap kelompok
menginventarisasi/mencatat alternatif jawaban hasil diskusi
5. Tiap kelompok (atau diacak kelompok
tertentu) membaca hasil diskusinya dan guru mencatat di papan dan
mengelompokkan sesuai kebutuhan guru
6.
Dari data-data di papan siswa diminta
membuat kesimpulan atau guru memberi bandingan sesuai konsep yang disediakan
guru
Make – A Match (Mencari Pasangan) (Lorna Curran, 1994)
Langkah-langkah :
1. Guru menyiapkan beberapa kartu yang
berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, sebaliknya satu
bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban
2.
Setiap siswa mendapat satu buah kartu
3.
Tiap siswa memikirkan jawaban/soal
dari kartu yang dipegang
4.
Setiap siswa mencari pasangan yang
mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (soal jawaban)
5. Setiap siswa yang dapat mencocokkan
kartunya sebelum batas waktu diberi poin
6. Setelah satu babak kartu dikocok lagi
agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya
7.
Demikian seterusnya
8.
Kesimpulan/penutup
Think Pair And Share (Frank Lyman, 1985)
Langkah-langkah :
1.
Guru menyampaikan inti materi dan
kompetensi yang ingin dicapai
2. Siswa diminta untuk berfikir tentang
materi/permasalahan yang disampaikan guru
3.
Siswa diminta berpasangan dengan teman
sebelahnya (kelompok 2 orang) dan mengutarakan hasil pemikiran masing-masing
4. Guru memimpin pleno kecil diskusi,
tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya
5.
Berawal dari kegiatan tersebut
mengarahkan pembicaraan pada pokok permasalahan dan menambah materi yang belum
diuangkapkan para siswa
6.
Guru memberi kesimpulan
7.
Penutup
Debat
Langkah-langkah:
1. Guru membagi 2 kelompok peserta debat
yang satu pro dan yg lainnya kontra
2. Guru memberikan tugas untuk membaca
materi yang akan didebatkan oleh kedua kelompok diatas
3. Setelah selesai membaca materi. Guru
menunjuk salah satu anggotanya kelompok pro untuk berbicara saat itu ditanggapi
atau dibalas oleh kelompok kontra demikian seterusnya sampai sebagian besar
siswa bisa mengemukakan pendapatnya.
4. Sementara siswa menyampaikan
gagasannya guru menulis guru menulis inti/ide-ide dari setiap pembicaraan di
papan tulis. Sampai sejumlah ide yang diharapkan guru terpenuhi
5.
Guru menambahkan konsep/ide yang belum
terungkap
6.
Dari data-data di papan tersebut, guru
mengajak siswa membuat kesimpulan/rangkuman yang mengacu pada topik yang ingin
dicapai.
"Selamat
Mencobanya semoga bermanfaat "
Posted by : Opar Suparma, M.Si