Search here

27 Jun 2017

Pengertian Paham Positif

Abah Opar : Pengertian Paham Positif

Apakah yang dimaksud dengan Paham Positif ?


Untuk memahami pengertian paham positif sangat mudah dengan mengikuti Comte sebagai orang yang mempopulerkan penggunaannya. Comte, seorang filsuf dan sosiolog Perancis, mengatakan paham positif adalah pemikiran manusia yang telah melewati beberapa tahapan untuk mencapai masa depan.

Comte menggambarkan beberapa tahapan tesebut:
1. Tahapan Theologi /Ketuhanan
2. Tahapan metafisik
3. Paham positif 


Arti dari Hukum Positif

Istilah ini pertamakali digunakan di German Literature. Sebelumnya istilah ini tidak dikenal sampai pada akhir Abad ke-19. Teori positif digunakan untuk menghubungkan suatu hal yang penting dalam hukum jika mereka tidak menemukan faktor penentu yang bernilai.

Analisis Yurisprudensi

Hukum dan moralitas tetap merupakan suatu satuan terpisah. Olivrecrona mengatakan bahwa hukum legal mengkonotasikan bahwa semua hukum adalah positif berdasarakan pemahaman otoritas tertinggi. Beberapa karakteristik dari paham positif adalah :

1.   Mereka tetap menjaga hukum dan moralitas sebagai satu satuan terpisah
2.   Mereka berlawanan dengan teori hukum alam
3.   Paham positif dapat dipergunakan sepanjang kondisi sosial masyarakat stabil tanpa gejolak
4.   Mereka bersandar pada bentuk hukum formal
5.   Mereka berkeyakinan bahawa keputusan dapat dideduksi secara rasional
6.   Paham positif bertumpu pada suatu mekanisme analisa, ketepatan dan pembelajaran yang sistematis dari hukum tersebut
7.   Mereka mengakui adanya pengaruh etika dan moralitas dalam pengembangan hukum, tapi mereka tetap menjadikan sebagai bagian terpisah


Jeremy Bentham (1748-1832)

Jeremy Bentham merupakan seorang penganut paham Unitilisaris, yaitu suatu paham filosofi yang berkembang di Inggris. Paham ini beranggapan bahwa segala sesuatu harus memperhatikan dari kegunaan dari apa yang akan ditawarakan sesuatu. Secara etis kebaikan dan keburukan dari suatu tindakan tergantung pada total kebaikan dan keburukan yang mungkin akan timbul sebagai konsekuensi dari tindakan tersebut.
Bentham membagi yurisprudensi dalam dua bagian:
1.   Yurisprudensi terbuka
2.   Yurisprudensi tertutup

Hukum Alam

Bentham menolak seluruh hal menganai teori hukum alam, tetapi ia percaya akan kesetaraan, kemerdekaan dan kepemilikan.

Definisi Hukum

Bentham mendefinisikan hukum sebagai pendeklarasian akan kekuasaan, diadopsi oleh para penguasa dalam sebuah Negara atau secara umum dipergunakan oleh subject yang dekat dengan kekuasaan.

John Austin ( 1790-1859)

John Austin memiliki pandangan yang sangat bertolak belakang dengan Benham, Austin membuat perbedaan yang sangat menyolok antara yurisprudensi dan ilmu etika. Menurutnya ilmu yurisprudensi berhubungan dengan hukum positif secara tegas berhubungan dengan hukum tanpa mempertimbangkan akan kebaikan dan keburukan mereka.

Definisi Hukum

Austin membuat dua kategori hukum:
1.   Hukum properly
2.   Hukum improperly

Ia membagi kategori pertama menjadi 2:
1.   Hukum spiritual , atau hukum Tuhan yang dapat dijelaskan sebagai hukum yang dibuat oleh Tuhan bagi ciptaannya
2.   Hukum manusia

Hukum manusia juga kemudian dibagi menjadi 2 bagian:
1.   Hukum yang disusun oleh penguasa politik, ni disebut sebagai hukum positif atau ditegaskan sebagai suatu bentuk hukum
2.   Hukum yang dibuat oleh manusia, bukan oleh penguasa politik maupun yang berhak secara legal. Sebagai contoh, hukum yang dibuat oleh majikan kepada pelayannya.

Hukum sebagai Perintah

Hukum berfungsi sebagai regulasi tau aturan yang mengatur kehidupan kedepan dengan standar yang telah ditentukan untuk mencegah terjadinya penyimpangan.

Baca juga :  Teori Hukum Yang Bersih

Sanksi

Hukum didukung dengan sanksi merupakan pemahaman yang sangat sederhana . Pelaksanaan tekanan dan acaman secara fisik telah dilakukan oleh sejak jaman penjajahan untuk mengatur jauh melewati atas samudra serta kehadiran polisi, penjara dan aparatur Negara lainnya mengindikasikan secara jelas peran dari sanksi tersebut.

Paham Positif sebagai Ideologi

Dengan mempertimbangkan hal etika dan moralitas dibawah jauh dari wilayah yurisprudensi dan ditinggalkan bagi kaum moralis dan theologies, suatu saat ketika pembuat hukum memiliki kekuasaan yang tak terbatas untuk membuat produk hukum, supremasi dari parlemen adalah konsekuensinya.


Dengan teori Austin yang memisahkan wilayah hukum dan etika serta moralitas, para pelaksana hukum ini menjaga para penguasa dari serangan rakyat terhadap hukum mereka dengan pandangan bahwa hukum secara moral sangat buruk. Dengan kata lain hukum tersebut tidak akan dipertanyakan secara moral karena berada di wilayah yang terpisah , walaupun hukum tersebut secara moral buruk., sehingga keputusan hukum yang tidak bermoral harus tetap dilaksanakan dan dipatuhi oleh hakim, pengacara dan masyarakat. Dengan demikian kepercayaan akan teori Austin dalah untuk mendukung ketetapan hasil hukum dan untuk mengklaim ketidakpatuhan yang tidak tersebutkan terhadap hukum oleh masyarakat.


Paham positif merupaka tahapan lanjutan manusia dalam menggapai masa depan antara lain melalui tahapan Theologi /Ketuhanan, Tahapan metafisik hingga akhirnya menemukan yang namanya Paham positif. Kemudian untuk mewujudkan masa depan tersebut diperlukan sebuah aturan yang di sebut dengan hokum dimana  hukum berfungsi sebagai regulasi  atau aturan yang mengatur kehidupan kedepan dengan standar yang telah ditentukan untuk mencegah terjadinya penyimpangan, arah hasil melegalkan cara dan tindakan demi mencapai tujuan masa depan tersebut. Selanjutnya postingan Abah Opar kali ini semoga menjadikan knowledge untuk kita minimal mengenal wawasan sehingga dalam kehidupan mampu berpikir dan menentukan kebijakan dengan perspektif yang berbeda.

Saudaraku tentunya bisa kita simpulkan sendiri apa itu paham positif dan untuk lebih mendalam lagi penting juga kita memahami terhadap bagaimana Pengertian Paham Positif   sebagai knowledge kita dalam meretas kehidupan namun Sebelumnya perlu juga kita tahu terhadap apa itu  Pengertian Hukum Alam. Silahkan bisa kita baca pada link yang sudah Abah Opar cantumkan dan terima kasih sudah mampir di situs kami semoga bermanfaat.

Pageviews Artcle

Rekomendasi Unuk Anda Baca

9 Prinsip Aqidah Ahlus Sunnah Wal-Jama'ah

Education and Knowledge Update   Apa Saja Yang Termasuk 9 Prinsip Aqidah Ahlus Sunnah Wal-Jama'ah itu ? Sahabatku beriku...

Comments
Comments